6 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik

Ada beragam pilihan makanan yang mengandung kolesterol baik.

2 Maret 2019

6 Makanan Mengandung Kolesterol Baik
Freepik/Senivpetro

Jika Mama selama ini menganggap bahwa kolesterol membahayakan tubuh, maka anggap Mama selama ini salah. Sebagai bahan dasar pembentukan hormon, nyatanya kolesterol sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh.

Hanya saja, Mama harus bijak dalam mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, termasuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat.

Mama dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik(HDL) karena cenderung lebih menyehatkan.

Ingin tahu apa saja makanan yang mengandung kolesterol baik? Dilansir dari Healthline, berikut beberapa diantaranya:

1. Minyak zaitun

1. Minyak zaitun
Freepik

Meski tidak dikonsumsi secara langsung, minyak zaitun menjadi salah satu makanan yang mengandung kolesterol baik. Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh karena mengandung lemak sehat.

Mama dapat memperoleh manfaat minyak zaitun dengan menjadikannya minyak untuk menumis, sebagai saus salad, atau sebagai bumbu untuk makanan tertentu.

2. Kacang kacangan

2. Kacang kacangan
Freepik/Wei Tang

Kacang kacangan merupakan sumber serat larut yang baik yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL Ma.

Ada beragam jenis kacang-kacangan yang bisa Mama konsumsi sebagai camilan mulai dari kacang polong, kacang merah, hingga lentil. Namun jangan konsumsi secara berlebih ya Ma karena Mama juga harus memerhatikan asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Editors' Picks

3. Buah yang tinggi serat

3. Buah tinggi serat
Freepik/Asier Romero

Sama halnya dengan kacang-kacangan buah-buahan yang mengandung serat tinggi seperti plum, apel dan pir mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Buah- buahan ini bahkan bisa menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh juga Ma. Mama dapat mengonsumsi buah sebagai camilan atau bisa pula sebagai topping sereal atau smoothie yang lezat.

4. Ikan berlemak

4. Ikan berlemak
Freepik/Natthapon Ngamnithiporn

Ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega 3 juga menjadi bagian dari makanan yang mengandung kolesterol baik Ma.

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, dan ikan sarden bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Biji chia

5. Biji chia
Freepik

Biji chia merupakan sumber asam lemak omega 3 nabati yang mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Mama bisa menambahkan biji chia ke dalam sereal, oatmeal, yogurt ataupun smoothie yang Mama konsumsi.

Karena biji chia memiliki tekstur yang berlendir saat dalam kondisi basah, Mama yang kurang menyukai tesktur ini dapat memperoleh manfaatnya dengan mencampurkan ke makanan yang dipanggang

6. Alpukat

6. Alpukat
Unsplash/Wesual Click

Sudah bukan rahasi umum lagi Ma jika alpukat merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol baik.

Buah yang kaya serat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, juga mengandung berbagai macam nutrisi sepertu folat dan lemak tak jenuh tunggal.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.