Pentingnya Perbaikan Nutrisi untuk Turunkan Risiko Komplikasi

Nutrisi yang tepat bisa mengurangi lama waktu perawatan dan penggunaan obat-obatan pada pasien

27 Mei 2022

Penting Perbaikan Nutrisi Turunkan Risiko Komplikasi
Freepik.com

Malnutrisi jadi satu masalah yang sering ditemui, khususnya pada pasien rawat inap rumah sakit.

Malnutrisi adalah suatu kondisi nutrisi di dalam tubuh seseorang yang menunjukkan adanya kekurangan, kelebihan, atau bahkan ketidakseimbangan. Dimana kondisi ini akan berdampak buruk pada fungsi kerja sistem tubuh seseorang secara keseluruhan.

Penelitian menemukan bahwa komplikasi terkait malnutrisi dapat meningkatkan lama rawat inap dan frekuensi pasien perlu dirawat kembali di rumah sakit. Terburuknya, hal ini bahkan bisa meningkatkan risiko kematian.

Karena itu, menurut Dr. Nurhayat Usman, SpB-KBD, FINACS dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia, perbaikan nutrisi sangatlah penting untuk menurunkan risiko komplikasi kesehatan.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Fresenius Kabi Indonesia pada Selasa (24/5), mengenai ‘Perbaikan Nutrisi pada Pasien Rawat Inap Turunkan Risiko Komplikasi Kesehatan dan Biaya Pengobatan’. Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Malnutrisi masih banyak terjadi di rumah sakit di Asia

1. Malnutrisi masih banyak terjadi rumah sakit Asia
dok. PT Fresenius Kabi Indonesia

Menurut hasil riset yang dilakukan di Asia, yang didukung oleh Fresenius Kabi Deutschland GmbH, Germany, malnutrisi masih banyak terjadi di berbagai negara, khususnya di banyak rumah sakit di Asia.

Kondisi ini berdasarkan penelitian mengenai malnutrisi pada pasien rawat inap yang dilakukan di 7 negara yakni Indonesia, Korea Selatan, India, Taiwan, Vietnam, Filipina dan Thailand.

Di Indonesia khususnya, risiko malnutrisi sedang hingga tinggi bahkan terjadi pada 76% pasien. Artinya 3 dari 4 pasien berpotensi mengalami malnutrisi dalam kondisi sedang hingga tinggi.

Editors' Picks

2. Perbaikan nutrisi pada pasien perlu menjadi perhatian

2. Perbaikan nutrisi pasien perlu menjadi perhatian
Freepik/rawpixel.com

Karena alasan tersebutlah, dr. Nurhayat menegaskan bahwa perbaikan nutrisi pasa pasien perlu menjadi perhatian.

Ini bisa diawali dengan melakukan penialian status nutrisi pasien sebelum melakukan tindakan. Kemudian mengukur seberapa banyak kebutuhan nutrisi dari masing-masing pasien.

Sebab diketahui, kondisi tubuh seseorang berbeda-beda, begitu juga dengan kebutuhan nutrisinya.

“Malnutrisi akan berdampak pada hasil klinis perawatan dan biaya perawatan yang lebih lama akibat adanya komplikasi. Sehingga dalam hal ini akan meningkatkan dari pengeluaran biaya perawatan. Sehingga hal ini penting untuk dilakukan koreksi nutrisi terutama pasien-pasien yang akan menjalani operasi,” jelasnya.

3. Mengapa perbaikan nutrisi penting untuk dilakukan?

3. Mengapa perbaikan nutrisi penting dilakukan
Freepik/rawpixel.com

Menurut dr. Nurhayat, ada beberapa alasan mengapa perbaikan nutrisi pada pasien perlu dilakukan, diantaranya:

  • Nutrisi yang diberikan sebelum tindakan medis pada pasien, bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada pasien.
  • Perbaikan nutrisi bisa bantu mempersingkat waktu rawat inap dan perawatan di ruang ICU. Dimana ini berkontribusi terhadap penurunan biaya rumah sakit, terutama biaya rawat inap dan obat-obatan.
  • Nutrisi yang tepat akan membantu pasien memastikan penyembuhan luka yang optimal, serta meningkatkan proses pemulihan pasca operasi.
  • Faktor nutrisi penting untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh seseorang.

4. Lantas nutrisi apa saja yang penting untuk dikonsumsi seorang pasien?

4. Lantas nutrisi apa saja penting dikonsumsi seorang pasien
Freepik/jcomp

Pemenuhan asupan nutrisi yang tepat, nyatanya telah terbukti mendukung kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Hal ini juga berkontribusi terhadap penyembuhan penyakit dan lama perawatan medis.

Karena itu, dijelaskan oleh dr. Nurhayat bahwa pasien harus memenuhi tiga unsur utama dari nutrisi tubuh yaitu karbohidrat, lemak dan protein.

“Kebutuhan manusia terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Jadi, sumber kalori dari manusia itu tiga unsur yang paling utama,” jelas dr. Nurhayat.

Namun selain ketiga hal tersebut, kita juga bisa menambahkan unsur lain seperti vitamin. Ini berguna untuk mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya perbaikan nutrisi untuk turunkan risiko komplikasi kesehatan. Yuk mulai sekarang, pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat ya, agar kita terhindar dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk