6 Nutrisi yang Berperan Penting dalam Pertumbuhan Tulang

Ternyata tidak hanya kalsium atau vitamin D saja yang berperan dalam pembentukan tulang

11 Maret 2021

6 Nutrisi Berperan Penting dalam Pertumbuhan Tulang
Freepik/tirachard

Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Tulang memiliki peran yang sangat besar untuk menopang manusia bisa beraktivitas normal. Apalagi bagi seorang perempuan, menjaga kesehatan sangat penting mengingat akan terjadi proses kehamilan yang akan mengambil banyak nutrisi terutama kalsium.

Selama ini yang banyak orang pahami bahwa untuk menjaga kesehatan tulang kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium.

Sebab, kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang. Hal tersebut tidaklah salah. Tetapi hal yang perlu kita ketahui, kalsium bukan satu-satunya kebutuhan nutrisi yang berperan dalam pembentukan dan menjaga kesehatan tulang.

Di kesempatan kali ini, Popmama.com telah merangkumkan beberapa informasi tentang nutrisi-nutrisi yang berperan dalam pertumbuhan tulang. Simak informasi berikut ini!

1. Kalsium banyak ditemukan di tulang dan gigi

1. Kalsium banyak ditemukan tulang gigi
Freepik/Racool_studio
Ilustrasi

Sekitar 99% kalsium di dalam tubuh ditemukan di tulang dan gigi. Nutrisi yang satu ini sangat berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Kebutuhan kalsium sangat tinggi di masa pertumbuhan hingga mencapai usia 25 tahun. Lalu, kebutuhan kalsium akan menurun seiring bertambahnya usia.

Seseorang yang kekurangan asupan kalsium sebelum usia 25 tahun akan lebih mudah terkena risiko osteoporosis.

Lalu, orang-orang yang menjalani diet vegan atau mengalami lactose intolerant sehingga tidak dapat mengonsumsi susu dan produk turunannya juga akan berisiko jika tidak dipenuhi kebutuhan kalsium dari sumber makanan lainnya.

2. Magnesium berperan penting untuk mengaktivasi mineral-mineral pertumbuhan

2. Magnesium berperan penting mengaktivasi mineral-mineral pertumbuhan
Pixabay/Taokinesis

Walaupun jarang disebut, magnesium juga merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Magnesium berperan dalam pembentukan struktur tulang dan memelihara kesehatan tulang.

Walaupun magnesium dapat dihasilkan oleh tubuh, tetapi mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium juga sangat diperlukan. Sebab, untuk menjaga kesehatan tulang tubuh membutuhkan jumlah magnesium yang cukup.

Magnesium berperan untuk membantu mengaktivasi vitamin D untuk mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat. Itulah mengapa kebutuhan magnesium harus tercukupi.

Editors' Picks

3. Kalium menjaga agar kalsium tidak terbuang bersama urin

3. Kalium menjaga agar kalsium tidak terbuang bersama urin
Freepik/jcomp

Peran kalium di dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalium akan membantu menjaga kadar kalsium di dalam tulang agar tidak terbuang bersama urin. Lalu, kalium juga yang akan membantu kalsium dapat terserap ke dalam tulang sehingga tetap terjaga kepadatannya. Inilah alasan mengapa kalium merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

4. Fosfor ternyata memiliki peran penting kedua setelah kalsium

4. Fosfor ternyata memiliki peran penting kedua setelah kalsium
Freepik/kjpargeter

Tak banyak yang tahu jika fosfor merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang kedua setelah kalsium. Memang nutrisi yang satu ini tak banyak orang yang membicarakannya sebagai sumber nutrisi yang perlu dipenuhi kebutuhannya. Padahal, bersama dengan kalsium, fosfor membangun tulang dan gigi yang kuat.

5. Vitamin D dapat dipenuhi kebutuhannya dari paparan sinar matahari

5. Vitamin D dapat dipenuhi kebutuhan dari paparan sinar matahari
unsplash.com

Di masa pandemi, banyak orang yang mulai peduli untuk mencukupi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Selain untuk menjaga imunitas tubuh, vitamin D juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dari dalam usus untuk bisa diserap oleh tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga akan menjaga kekuatan otot yang membantu menopang tulang.

Vitamin D tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Tetapi, kebutuhan vitamin D bisa dengan mudah didapatkan saat kulit terpapar sinar matahari. Beberapa jenis makanan juga mengandung vitamin D yang mampu memenuhi kebutuhan harian.

6. Vitamin K secara tidak langsung berperan dalam mengatur ukuran dan bentuk tulang

6. Vitamin K secara tidak langsung berperan dalam mengatur ukuran bentuk tulang
Freepik/cookie_studio

Vitamin K tidak sepopuler vitamin D yang dikenal dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin K lebih banyak dikenal untuk membantu pembekuan darah. Padahal vitamin ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya.

Vitamin K memiliki peran di dalam tubuh untuk menghasilkan protein yang disebut dengan osteokalsin. Protein ini akan berikatan dengan ion kalsium, fosfor, dan lainnya untuk mengatur ukuran dan bentuk tulang. Sehingga, apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin K maka akan mudah mengalami pengeroposan tulang.

Jangan dikira bahwa dalam pertumbuhan hanya dibutuhkan satu jenis nutrisi saja. Ada banyak nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatannya. Sebab, tubuh memiliki sistematika yang kompleks dalam bekerja untuk menjaga setiap organ berfungsi dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.