5 Cara Mengonsumsi Madu untuk Turunkan Berat Badan

Mudah dan praktis dibuat di rumah

5 Januari 2022

5 Cara Mengonsumsi Madu Turunkan Berat Badan
Freepik.com

Madu telah digunakan sebagai obat maupun pemanis makanan selama berabad-abad tahun. Madu dinilai sebagai salah satu pemanis tertua dan alami, jauh sebelum gula populer dan bahkan sebelum gula tebu ditemukan.

Dikenal sebagai pengganti gula, madu kaya dengan beberapa nutrisi penting dan sangat baik untuk kesehatan. Bahkan madu juga dianggap sebagai salah satu bahan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan karena khasiatnya yang dapat membantu mengurangi dan membakar lemak tanpa efek samping.

Berdasarkan National Honey Board, madu bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium. Kandungan mineral dalam madu juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, hormon penting dalam madu membantu menekan nafsu makan dan menjadikannya makanan penurun berat badan yang cocok diaplikasikan dalam beberapa cara.

Meskipun digunakan sebagai alternatif gula, madu mengandung vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, untuk mengonsumsinya tetap harus dibatasi agar didapatkan manfaat yang optimal.

Nah, bagaimana cara mengonsumsi madu untuk menurunkan berat badan? Berikut ini Popmama.com sajikan informasinya yang sudah dilansir dari food.ndtv.com.

1. Madu dan air lemon hangat 

1. Madu air lemon hangat 
Freepik/meen_na

Cara paling umum mengonsumsi madu untuk menurunkan berat badan adalah air lemon hangat. 

Membuatnya pun mudah. Tambahkan satu sendok madu dan dua sendok makan air perasan lemon ke dalam segelas air hangat.

Minumlah ramuan ini dalam kondisi perut kosong di pagi hari untuk membantu penurunan berat badan yang cepat. Namun, jika memiliki masalah maag sebaiknya isi perut terlebih dahulu.

Editors' Picks

2. Teh lemon madu

2. Teh lemon madu
Freepik

Jika tidak suka dengan rasa asam lemon yang kuat, teh bisa jadi alternatif. Tambahkan perasan lemon dan 2-3 sendok makan atau sesuaikan dengan selera ke dalam teh.

Minum ramuan ini dua kali sehari untuk membantu membangun energi dalam proses penurunan berat badan.

3. Honey mustard salad dressing

3. Honey mustard salad dressing
Instagram/@thetoastykitchen

Sajian salad bisa dibuat dengan rasa yang sedikit berbeda dari salad biasanya, yakni dengan menambahkan saus madu sebagai salad dressing. Selain menambah rasa manis, madu juga kaya akan probiotik alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Campur madu dengan mustard, cuka apel, minyak zaitun, garam dan merica hitam sebagai penambah rasa kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Saus madu nan legit ini siap dihidangkan dengan salad sayur dan buah segar.

4. Madu dengan oatmeal atau granola

4. Madu oatmeal atau granola
myrepublica.nagariknetwork.com

Menambahkan madu ke dalam mangkuk oatmeal atau granola akan jauh lebih sehat daripada menambahkan gula sebagai campurannya.

Tuangkan madu pada oatmeal yang telah diseduh atau dimasak. Tambahkan buah seperti pisang, alpukat, stroberi, atau mangga sebagai topping.

Pada granola caranya sama. Jika tida suka rasa kering granola, campurkan yoghurt dan granola kemudian aduk rata.

Lalu, diamkan semalaman dalam kulkas dan esok paginya, tambahkan madu dan buah sebagai topping.

5. Oleskan madu ke roti

5. Oleskan madu ke roti
Pixabay/FotoshopTofs

Madu juga favorit digunakan sebagai pengganti selai cokelat sebagai teman roti. Gunakan roti gandum agar lebih sehat.

Ambil dua iris roti gandum dan oleskan madu di satu sisi. Nikmati makanan rendah kalori ini yang juga sangat baik dikonsumsi sebagai menu makan malam demi membantu menurunkan berat badan.

Itu dia beberapa cara mengonsumsi madu untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi madu untuk diet memang butuh cara khusus agar hasilnya optimal dalam menurunkan berat badan.

Sama seperti halnya gula, mengonsumsi madu secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan memicu terjadinya diabetes. Oleh karena itu, konsumsilah madu dengan takaran dan cara yang benar.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk