Kartu Tol Akan Dihapus pada Tahun 2024, Benarkah?

Sistem transaksi nontunai dan nirsentuh akan diterapkan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol

25 Mei 2022

Kartu Tol Akan Dihapus Tahun 2024, Benarkah
Pexels/Life-of-pix

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) akan menerapkan sistem transaksi nirsentuh pada 2024. 

Sistem transaksi nirsentuh adalah layanan yang menggunakan sistem multi lane free flow (MLFF) dan dijadikan pengganti kartu tol. 

“Kalau dari sisi perjanjian, implementasi secara penuh akan dilaksanakan pada 2024,” kata Kepala BPJT, Danang Parikesit. 

Bagi yang belum mengetahui sistem transaksi nirsentuh, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta secara detailnya. 

Editors' Picks

1. Gerbang tol akan dihapus bertahap

1. Gerbang tol akan dihapus bertahap
Pexels/Stas-tsibro-268729

Danang menjelaskan bahwa penerapan sistem transaksi nirsentuh akan berdampak pada keberadaan gerbang tol. Pasalnya, proses transisi akan menyebabkan pengurangan gerbang tol yang dilakukan secara bertahap. 

Penerapan sistem teknologi nontunai ini telah mengacu pada kesiapan teknologi, kesiapan dan respons konsumen, hingga kesiapan penegakan hukum. 

“Semua akan kita lakukan secara bertahap dengan kemampuan kita untuk beradaptasi dengan teknologi baru ini,” ujar Danang. 

2. Uji coba sistem transaksi nirsentuh

2. Uji coba sistem transaksi nirsentuh
Pexels/Stas-tsibro-268729

Sebelum resmi diterapkan, BPJT berencana melakukan serangkaian uji coba sistem transaksi nirsentuh tahun ini. Uji coba tersebut akan dilaksanakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol. 

“Secara timeline, kita mengharapkan akan memulai proses uji coba MLFF pada tahun ini. Harapan kita kalau tidak ada kendala teknis, sesuai kesepakatan akan dilakukan upaya implementasi secara bertahap yang tergantung pada hasil uji coba yang akan dilaksanakan oleh RITS sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol,” jelas Danang. 

3. Mulai diterapkan di beberapa ruas jalan tol

3. Mulai diterapkan beberapa ruas jalan tol
Pexels/Steven-arenas-14151

Danang juga mengatakan bahwa sistem transaksi nontunai dan nirsentuh akan diterapkan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun 2022. Implementasi awal dimulai dengan transisi di mana sebagian gardu tidak dapat menggunakan kartu tol elektronik. 

Sementara itu, ruas jalan tol yang tidak terdampak implementasi awal itu akan dibahas lebih lanjut sehingga proses transisinya lebih matang. 

Kita tunggu kelanjutan dari kabar ini, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk