TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bedah Buku ‘Guidance Book for Pandemic Generation’ oleh Popmama.com

Buku berjudul Guidance Book for Pandemic Generation berisi panduan pengasuhan generasi pandemi

25 Maret 2022

Bedah Buku ‘Guidance Book for Pandemic Generation’ oleh Popmama.com
Freepik/prostooleh

Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dalam aspek kehidupan masyarakat, salah satunya adalah kehidupan anak-anak. Anak yang lahir dan besar di masa pandemi melewati banyak hal berbeda dibanding anak dari generasi sebelumnya.

Hal tersebut dapat memengaruhi tumbuh kembang sang anak dari berbagai aspek di kehidupan mereka. Segala dampak, baik positif maupun negatif membawa pengaruh untuk anak Mama ke depannya.

Melihat kondisi ini, Popmama.com hadir memberikan sejumlah tips dan trik dalam sebuah buku berjudul Guidance Book for Pandemic Generation. Buku panduan pengasuhan generasi pandemi ini bagian dari rangkaian program Popmama.com Parenting Academy 2021 dengan tema Parents Support Parents.

Dalam salah satu topik yang dibawakan, membahas tentang e-book yang akan di publish dengan narasumber Sandra Ratnasari selaku Pemimpin Redaksi Popmama.com yang juga menjadi salah satu penulis di buku ini.

Yuk simak informasi selengkapnya!

1. Proses pembuatan buku ikut melibatkan para Mama di komunitas Popmama.com

1. Proses pembuatan buku ikut melibatkan para Mama komunitas Popmama.com
Popmama.com/Fx Dimas

Ide pembuatan buku ini berawal dari obrolan di komunitas Popmama.com di WhatsApp. Banyak para Mama mengeluhkan jika masa pandemi berdampak pada banyak perubahan di kehidupan anak-anak mereka. Generasi pandemi yang hanya melakukan pembelajaran secara online membuat orangtua khawatir dengan efeknya ke anak.

“Belum lagi anak anak itu kan harusnya aktif main di luar. Mereka membutuhkan banyak interaksi tapi karena pandemi, mereka cenderung main di dalam rumah saja. Jadi dari obrolan itu tercetuslah ide Popmama.com membuat panduan dalam mengatasi generasi pandemi,” kata Sandra.

Kemudian, Popmama.com juga mengadakan focus group discussion dengan mengundang semua Mama untuk memberikan pendapat. Dari pendapat yang ada, disaring kira-kira pendapat mana saja yang mewakili semua situasi para Mama tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Setelah disaring, didiskusikan lagi secara mendalam terkait masalah yang ada, sekaligus membahas sisi positif apa saja yang didapatkan anak-anak selama menghadapi pandemi.

“Kita mengundang para ahli untuk mengatasi masalah ini. Mereka memberikan banyak insight atau masukan bagaimana orangtua bisa menghapus hal-hal negatif sehingga masa depan anak tidak berdampak pada kondisi tersebut. Jika kita merasa ada hal yang salah pada anak, kita harus segera memperbaikinya sejak dini,” ujar Sandra.

Editors' Picks

2. Melibatkan narasumber yang ahli di bidangnya dalam pembuatan buku

2. Melibatkan narasumber ahli bidang dalam pembuatan buku
Popmama.com/Fx Dimas

Untuk memberi panduan terpercaya dan mudah diterapkan semua orangtua, Popmama.com turut melibatkan pakar-pakar ternama dan ahli dibidangnya dalam pembuatan buku ini.

Mereka adalah psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi dari Tiga Generasi dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia Ni Luh Putu Maitra Agastya, dokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, dan penasihat keuangan dari Finansialku Rista Zwestika S.Sos AWP CFP.

Mereka memberikan ilmunya dalam bahasan empat pilar di dalam buku yaitu: pendidikan anak, kesehatan anak, keuangan keluarga, dan pencegahan kekerasan pada anak.

“Semua narasumber ini ahli dibidangya untuk empat pilar ini. Selain dari para ahli, kita juga mendapatkan informasi dari sumber terpercaya, seperti UNICEF, WHO, dan Kemenkes. Lalu kita juga melakukan penelitian secara internal dibantu IDN Media Research Institute,” tutur Sandra.

3. Segala permasalahan yang dialami orangtua dan anak di masa pandemi dibahas dalam buku

3. Segala permasalahan dialami orangtua anak masa pandemi dibahas dalam buku
Popmama.com/Fx Dimas

Buku ini memuat empat pilar penting yang tentunya akan dibahas secara mendalam satu-persatu.

“Contohnya seperti dalam pilar pendidikan anak, banyak orang tua memutuskan untuk menunda sekolah anak karena masa pandemi. Tapi di sisi lain pendidikan itu kan luas banget, tidak hanya sekolah tapi juga di rumah. Orangtua yang terkendala secara mental untuk mendidik anaknya, misalnya nggak bisa ngajarin anak, kendala mental pada orangtua itu ternyata memengaruhi anak lho. Anaknya juga merasa tidak disayang, merasa tidak mampu, ini tak hanya memengaruhi fisik sang anak tapi juga mental mereka,” jelas Sandra.

Dalam segi pendidikan, buku ini memberi panduan bagaimana cara orangtua bisa menjadi guru yang baik untuk anak. Tips ini tidak hanya berguna di masa pandemi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk masa mendatang.

Sebab, sudah selayaknya sebagai orangtua memenuhi tanggung jawab untuk membimbing anak-anak mereka dalam hal apapun. Segala permasalahan yang dialami orangtua hingga anak semasa pandemi dibahas di buku ini.

4. Hal yang ingin disampaikan Popmama.com melalui buku ini

4. Hal ingin disampaikan Popmama.com melalui buku ini
Popmama.com/Fx Dimas

Sedari dulu, Popmama.com berkeinginan untuk menjadi panduan bagi keluarga milenial. Salah satu perwujudannya yaitu melewati buku ini.

“Cita-cita utama kita ingin membuat anak kita menjadi generasi yang unggul, tapi anak kita nggak bisa mewujudkan kalau anak-anak lain nggak jadi generasi unggul. Maka dari itu saya sebagai orangtua juga harus mendukung orangtua lain agar membuat anak anak mereka menjadi generasi unggul. Jadi semoga buku ini bisa mengatasi dan cocok untuk semua,” ungkap Sandra.

5. Buku dapat diunduh di Play Store

5. Buku dapat diunduh Play Store
Popmama.com/Shania Tania

Bagi Mama yang bertanya-tanya bagaimana sih cara mendapatkan buku ini? Mudah saja, Popmama.com akan membagikan buku ini secara gratis untuk Mama dan Papa.

“Bukunya bisa diunduh gratis di website Popmama.com. Sekarang masih proses untuk publish, mudah-mudahan akhir Desember atau awal Januari sudah bisa didownload,” pungkas Sandra. 

Nantinya, akan ada link untuk mengunduh buku di situs Popmama.com. Setelah itu jangan lupa dibagikan ke para orangtua di luar sana agar juga bisa bermanfaat bagi sesama ya, Ma.

Nah, jika Mama ingin membeli bukunya, Mama bisa mendapatkannya di Shopee dan Tokopedia ya. Ini link nya: 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk