Jangan Disepelekan, Ini Akibatnya Jika Kamu Tak Sengaja Menelan Semut!

Salah satunya bisa bikin kamu pikun!

11 Juli 2018

Jangan Disepelekan, Ini Akibat Jika Kamu Tak Sengaja Menelan Semut
zgrace67.blogspot.com

Saat makan bersama keluarga, pasti ada beberapa jenis makanan yang tidak habis dimakan saat itu juga. Biasanya apa yang kamu lakukan?

Menaruhnya di meja makan begitu saja atau segera menyimpannya di kulkas agar nantinya bisa kembali dipanaskan?

Nah, bagi kamu yang seringkali meninggalkan sisa makanan di meja makan, maka kamu pasti pernah menemukan sisa makananmu dihinggapi semut.

Jika sudah begitu, apa hal pertama yang kamu lakukan? Satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membersihkan semut-semut tersebut dari makananmu sebisa mungkin.

Namun, bagaimana jadinya jika tanpa kamu sadari, beberapa semut masih terdapat di dalam makanan dan tak sengaja termakan olehmu?

Mengetahui hal tersebut kerap terjadi di kehidupan sehari-hari, maka kali ini Popmama.com akan mengungkapkan 5 fakta mengejutkan yang jarang kamu ketahui ketika tak sengaja tertelan semut.

Ini dia dampak yang akan kamu rasakan setelahnya!

1. Mengandung racun

1. Mengandung racun
sherrytorkos.com

Meski tidak semua, namun beberapa jenis semut api tropis memiliki racun di dalam tubuhnya.

Racun yang terdapat di dalam tubuhnya pun bersifat mematikan bagi siapa saja yang terkena atau tidak sengaja tersengat oleh semut api tropis.

Bahaya tersebut bukan hanya dirasakan bagi orang yang tersengat semut api tropis tersebut. Bagi seseorang yang menelannya pun tentu akan menyebabkan alergi parah hingga memerlukan perawatan medis yang darurat.

Maka dari itu, jika makananmu sudah dihinggapi banyak semut, ada baiknya jika kamu membuangnya saja daripada harus dilarikan ke rumah sakit.

2. Mengganggu sistem pencernaan dan rongga mulut

2. Mengganggu sistem pencernaan rongga mulut
Flickr.com/jeff and mandy g

Bagaimana jadinya ketika tubuh kita harus menerima racun yang terdapat pada semut?

Organ tubuh seperti tenggorokan dan sistem pencernaan pasti menjadi bagian tubuh yang paling parah terkena dampaknya.

Jika semut yang kamu telan berukuran kecil, mungkin ia akan hancur dengan sendirinya saat tergiling di sistem pencernaan.

Namun jika kamu menelan semut berukuran besar apalagi beracun, maka bisa bayangkan sendiri akibatnya!

Editors' Picks

3. Semut memiliki enzim pelupa

3. Semut memiliki enzim pelupa
dailywordreference.com

Apalah kamu merupakan salah satu orang yang sering melupakan sesuatu? Atau kamu sering dibilang pelupa oleh orang-orang terdekat?

Jika iya, bisa jadi kamu sering menelan semut!

Setelah diselidiki, semut mempunyai enzim pelupa yang bisa berdampak buruk bagi tubuh, terutama dalam mempengaruhi saraf otak.

Bahkan menurut sebuah penelitian, ada istilah jika satu ekor semut saja bisa menyebabkan kita menjadi pelupa selama 40 hari lamanya.

Enzim tersebut juga memang benar adanya dan bisa juga melembabkan otak.

Baru tahu, kan?

4. Dapat menyengat

4. Dapat menyengat
img.thrfun.com

Jika kamu sudah menelan semut dan membuatnya masuk ke dalam tubuhmu, namun bukan berarti semut yang masuk secara hidup-hidup ke dalam tubuh ini tidak akan mati begitu saja. 

Sebagai makhluk hidup pada umumnya, semut tentu akan melakukan berbagai cara untuk menyelematkan hidupnya.

Oleh karena itu, bisa saja semut tersebut menyengat tubuhmu dari dalam. Sengatan yang semut hasilkan akan menimbulkan alergi yang serius.

Bahkan bisa sampai kesulitan bernafas, gatal-gatal, ruam merah, agitasi emosional, kesulitan menelan, pusing, dan tekanan darah rendah.

5. Menyebabkan penyakit di dalam tubuh

5. Menyebabkan penyakit dalam tubuh
Commons.wikimedia.org

Disengaja ataupun tidak, menelan semut hidup-hidup ataupun saat ia sudah mati, tentu tetap menimbulkan bahaya bagi tubuh. 

Hal ini dikarenaka, semut memiliki kebiasaan memakan hewan ataupun tanaman yang membusuk. Bahkan karena berukuran kecil, semut juga memakan beberapa kuman dan bakteri kecil.

Bagaimana jika semut ini masuk ke dalam tubuh manusia? Tentu akan menyebabkan terjadinya kontaminasi di dalam tubuh dan menimbulkan penyakit bagi yang menelannya.

Nah, itulah kelima fakta yang akan terjadi ketika kamu sengaja ataupun tak sengaja menelan semut. Meskipun terlihat sepele, menelan semut ternyata dapat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, mulai sekarang, sebisa mungkin kamu perlu menjaga makananmu agar tetap bersih dan tertutup rapat agar tidak ada semut ataupun hewan lain yang menghinggapinya.

Baca Juga: Balita 17 Bulan Diculik dan Ditemukan Penuh dengan Gigitan Semut!

Baca Juga: Nggak Usah Bingung! Ini Caranya Basmi Semut di Rumah