Rempah Tradisional: Manfaat, Aturan Penyimpanan, dan Tips Mengonsumsi

Mantan pasien positif Covid-19 juga ungkap khasiat rempah-rempah untuk atasi corona!

30 Maret 2020

Rempah Tradisional Manfaat, Aturan Penyimpanan, Tips Mengonsumsi
Pixabay.com/Dezalb-1045091

Daya tahan tubuh atau imunitas merupakan bagian penting dalam kesehatan. Sistem imun ini merupakan tameng bagi tubuh untuk mempertahankan diri dari semua gangguan yang mengancamnya.

Jika daya tahan tubuh lemah, maka kamu akan rentan terserang penyakit, apalagi dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19 saat ini.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, kamu juga dapat menjaga daya tahan tubuh dengan mengolah rempah-rempah.

Bahan herbal ini sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain mudah ditemukan di Indonesia, rempah-rempah ini juga sangat mudah untuk diolah. 

Menanggapi hal tersebut, Popmama.com bersama Emilia E. Achmadi MS., RDN, sebagai Ahli Nutrisi pun berbagai informasi seputar manfaat rempah tradisional beserta cara penyimpanan yang tepat dan tips mengonsumsinya.

Rempah Tradisional Manfaat, Aturan Penyimpanan, Tips Mengonsumsi
Dok. Popmama.com

Informasi menarik tersebut dijelaskan melalui Popmama Online Class (POC) yang telah diselenggarakan pada Sabtu 28 Maret 2020 yang lalu guna mengedukasi masyarakat.

Popmama Online Class (POC) adalah kuliah memakai aplikasi Whatsapp atau Kulwap yang mempertemukan narasumber ahli dan komunitas Popmama.com di ruang maya.

Menurut Sandra Ratnasari sebagai Editor In Chief, POC pertama kali diinisiasi setelah adanya imbauan social distancing serta kampanye #DiRumahAja yang digaungkan dalam rangka memutus rantai penyebaran infeksi COVID-19.

Nah, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa informasi penting seputar manfaat rempah tradisional beserta cara penyimpanan yang tepat dan tips mengonsumsinya.

Jangan lupa dipraktikan di rumah ya!

1. Kandungan dan manfaat rempah tradisional

1. Kandungan manfaat rempah tradisional
Stephealthylife.wordpress.com

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, rempah-rempah juga bisa diolah menjadi minuman yang baik untuk kesehatan.

Selain dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, ternyata rempah-rempah juga mengandung beberapa manfaat lainnya, seperti:

  • Mengandung mineral
  • Mengandung anti bakteri
  • Mengandung anti radang
  • Mengandung antiseptik
  • Mengandung anti jamur
  • Mengandung antioksidan
  • Mengandung immunostimulant 
  • Mengandung immunomodulator

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Emilia pada saat kegiatan Popmama Online Class berlangsung.

Editors' Picks

2. Cara menyimpan rempah dengan baik agar khasiatnya terjaga

2. Cara menyimpan rempah baik agar khasiat terjaga
Pixabay/cgdsro

Mungkin Mama biasa menyetok rempah-rempah di rumah dan menyimpannya di lemari es, namun ternyata hal tersebut salah! Tak sembarangan, rempah-rempah ternyata harus disimpan dengan benar agar khasiatnya terjaga dan tidak berkurang.

Bukan tanpa alasan, rempah-rempah diketahui memiliki kandungan aktif yang sangat mudah rusak dan hilang. Faktor yang merusak khasiat rempah-rempah adalah oksigen, cahaya, dan temperatur yang tinggi.

Oleh karena itu, cara menyimpan rempah-rempah yang baik adalah dengan menggunakan botol yang tidak tembus cahaya dan tidak disimpan lebih dari 6 jam.

Jadi sebetulnya, menyetok rempah untuk disimpan kurang ideal untuk dilakukan. Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat menyimpan atau mengolah rempah-rempah:

  • Sebaiknya membuat jamu dengan rempah-rempah segar, bukan rempah yang telah lama disimpan
  • Setelah rempah diolah, sebaiknya diminum saat itu juga
  • Rempah-rempah sebaiknya tidak terkena cahaya
  • Rempah-rempah sebaiknya tidak tarpapar oksigen
  • Rempah-rempah sebaiknya tidak terkena panas

3. Tips mengolah rempah tradisional menjadi jamu yang lezat

3. Tips mengolah rempah tradisional menjadi jamu lezat
Freepik/free photo

Meminta anak minum jamu mungkin menjadi tugas berat bagi Mama. Rasa dan aromanya yang 'khas' mungkin membuat sebagian anak menolaknya.

Nah, untuk mengatasi itu semua, Emilia ternyata memiliki trik khusus agar jamu terasa lezat bagi anak. Saat Popmama Online Class berlangsung, Emilia menjelaskan bahwa mencampurkan sari buah segar atau mencampurkan jamu pada smoothies bisa menjadi salah satu trik yang dapat Mama coba.

Dengan penambahan buah, susu, dan madu pada jamu, dijamin anak-anak tak akan menolaknya. Namun ingat, pastikan bahan-bahan yang diolah merupakan bahan yang segar ya, Ma!

4. Bolehkan anak-anak mengonsumsi olahan rempah seperti jamu?

4. Bolehkan anak-anak mengonsumsi olahan rempah seperti jamu
Freepik/bearfotos

Mengetahui banyaknya manfaat rempah tradisional untuk tubuh, maka Mama pasti ingin memberikannya juga untuk si Kecil, bukan? Namun, apakah anak-anak juga boleh mengonsumsinya?

Menurut Emilia, anak-anak yang berusia di atas usia 6-7 tahun sudah bisa mengonsumsi olahan rempah atau jamu. Hal tersebut sama sekali tidak berbahaya, jika dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Sedangkan untuk balita, jamu masih belum direkomendasikan untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, berikanlah anak buah-buahan dan sayur-sayuran untuk meningkatkan sistem imunnya.

5. Pemaparan mantan pasien positif Covid-19 yang rutin mengonsumsi rempah-rempah 

5. Pemaparan mantan pasien positif Covid-19 rutin mengonsumsi rempah-rempah 
Freepik/free photo

Terhitung sejak Minggu (29/03/2020) pukul 12.00 WIB kemarin, pasien positif corona atau Covid-19 di Indonesia sudah mencapai angka 1.285.

Diketahui, hanya ada 64 orang yang sembuh, sedangkan 114 lainnya meninggal dunia. Hal tersebut juga nyatanya dialami oleh Purwanti, salah satu mantan pasien positif corona di Jawa Tengah.

Perempuan asal Surakarta (Solo) ini tertular virus corona dari suaminya yang terlebih dahulu sakit hingga akhirnya meninggal dunia. Ia pun menceritakan kronologis lengkapnya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menariknya, Purwanti bercerita bahwa ia bisa sembuh dari corona karena sebelumnya ia rutin mengonsumsi jamu rempah empon-empon dari sang Kakak. Dengan mengonsumsi jamu tersebut, sistem imun Purwanti pun meningkat hingga bisa melawan virus tersebut. 

Nah, sudah terbukti kan khasiat rempah untuk sistem kekebalan tubuh?

Maka dari itu, mulai sekarang yuk sama-sama kita jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, aktif berolahraga, dan hindari keluar rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Sayangi dan jaga dirimu beserta keluargamu di rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.