Apakah Mengonsumsi Multivitamin Tubuh Menjadi Lebih Sehat?

Multivitamin cukup populer dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi

22 September 2021

Apakah Mengonsumsi Multivitamin Tubuh Menjadi Lebih Sehat
Pixabay/Ri_Ya

Di situasi saat ini di mana imunitas tubuh sangat penting untuk dijaga, banyak orang yang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan. Gaya hidup sehat seperti rutin mengonsumsi smoothies di pagi hari, berolahraga, berjemur, dan sebagainya mulai menjadi pilihan gaya hidup.

Tak hanya sampai di situ, banyak juga yang ingin melengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi multivitamin. Memang multivitamin adalah suplemen yang kini cukup populer untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ada banyak jenis mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya. 

Lalu, apakah boleh rutin mengonsumsi multivitamin setiap hari? Apakah multivitamin efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat?

Popmama.com telah merangkum beberapa informasi terkait konsumsi multivitamin dalam keseharian. Ikuti penjelasan berikut ini, ya!

1. Manfaat mengonsumsi multivitamin terhadap kesehatan

1. Manfaat mengonsumsi multivitamin terhadap kesehatan
Pixabay/stevepb

Ada banyak jenis vitamin dan mineral berbeda yang terkandung dalam multivitamin. Mineral dan vitamin tersebut memiliki peran esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan, keseimbangan hormon, reproduksi, metabolisme, dan sebagainya.

Mengonsumsi multivitamin dapat memenuhi kekurangan mineral dan vitamin di dalam tubuh dengan lebih cepat. Dalam kasus tertentu multivitamin diperlukan pada pengobatan.

Mengonsumsi multivitamin juga dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan jantung, otak, mata, dan lain sebagainya. Tetapi yang perlu dipahami adalah dosis dan jenis multivitamin yang dikonsumsi harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan setiap individu.

Editors' Picks

2. Apakah mengonsumsi multivitamin efektif untuk tubuh yang lebih sehat?

2. Apakah mengonsumsi multivitamin efektif tubuh lebih sehat
Freepik/Drobotdean
Dok. Jovee

Dalam beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi multivitamin memiliki kecukupan mikronutrien di dalam tubuhnya dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi multivitamin.

Lalu apakah memang multivitamin memberikan dampak terhadap kesehatan tanpa diiringi gaya hidup yang sehat? Banyak penelitian yang belum bisa memberikan bukti efektivitas multivitamin terhadap kesehatan jika dikonsumsi sendiri tanpa adanya dukungan dari gaya diet dan pola hidup yang sehat.

Masalahnya, orang-orang yang mengonsumsi multivitamin biasanya juga memiliki pemahaman pola hidup yang sehat. Mereka cenderung orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan yang baik, penghasilan yang mencukupi, indeks massa tubuh bawah yang rendah, dan aktivitas fisik yang tinggi. Sehingga wajar saja jika mereka memiliki tubuh yang lebih sehat.

Seorang epidemiologis dari University of Wollongong Australia, dr. Gideon Meyerowitz-Katz, juga membuat tulisan bahwa belum ada bukti kuat terkait multivitamin dapat meningkatkan kesehatan pada seseorang yang sehat dan memiliki pola makan yang seimbang.

3. Risiko mengonsumsi multivitamin yang mungkin terjadi

3. Risiko mengonsumsi multivitamin mungkin terjadi
Pexels/Anna Shvets

Walaupun multivitamin mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, ternyata tetap ada risiko yang mungkin akan terjadi jika tidak bijak dalam mengonsumsinya. 

Multivitamin sebetulnya adalah tambahan gizi mikro yang sangat bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Jika pola makan yang biasa diterapkan adalah pola makan yang sehat, bergizi, dan seimbang maka konsumsi multivitamin tidak terlalu dibutuhkan.

Walaupun tidak pernah ditemukan kasus overdosis akibat mengonsumsi multivitamin, tetapi jika tubuh kelebihan vitamin atau mineral tertentu maka akan menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan tubuh dengan tenaga medis. Hal tersebut agar bisa mendapatkan jenis multivitamin yang benar-benar diperlukan oleh tubuh.

4. Bagaimana cara mengonsumsi multivitamin yang tepat?

4. Bagaimana cara mengonsumsi multivitamin tepat
Freepik/jcomp

Mengonsumsi multivitamin tidak bisa dilakukan sembarangan dan tidak diperuntukkan untuk semua orang. Ada beberapa kalangan tertentu yang memang membutuhkan multivitamin, seperti orangtua usia lanjut, vegan atau vegetarian, orang yang secara medis dinyatakan kekurangan vitamin tertentu, dan sebagainya.

Perhatikan juga dosis yang tertera di dalam kemasan. Jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan. Atau bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis untuk mendapatkan dosis yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengonsumsi multivitamin tidak bisa sembarangan dan tidak semua orang membutuhkan multivitamin. Dosis dan jenis multivitamin yang dikonsumsi akan lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis agar bisa memberikan manfaat kesehatan yang diinginkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.