Pusing Berputar, Ini Penyebab dan Cara Mengobati Vertigo

pusing berputar bisa menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan tubuhnya

8 Maret 2021

Pusing Berputar, Ini Penyebab Cara Mengobati Vertigo
Freepik/freepic.diller

Banyak orang yang menganggap pusing adalah keluhan yang biasa. Cukup hanya dengan beristirahat untuk menghilangkan rasa pusing. Kalau masih terasa pusing, jalan tercepat untuk mengatasinya adalah dengan membeli obat komersial di warung terdekat.

Tahukah, Ma, kalau pusing tidak boleh dianggap hal yang sepele. Pusing merupakan sinyal tubuh bahwa ada hal yang bermasalah atau tidak seimbang di dalam tubuh. Pusing harus diatasi dengan tindakan yang tepat agar tidak memperburuk kondisi. Apalagi jika pusing yang dialami terasa seperti berputar atau dikenal juga dengan istilah vertigo.

Penderita vertigo biasanya mengalami rasa pusing yang lebih sakit dari pusing biasanya serta diiringi dengan perasaan seperti berputar. Tingkat keparahan masing-masing orang bisa berbeda, tergantung kondisi. Biasanya, apabila pernah mengalami vertigo sekali maka kemungkinan mengalaminya lagi akan lebih tinggi jika tidak diatasi dengan benar.

Popmama.com ingin memberikan informasi kepada Mama terkait apa yang menjadi penyebab dan cara mengobati vertigo agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Simak informasi berikut ini ya!

Gejala yang Terjadi saat Seseorang Mengalami Vertigo

Gejala Terjadi saat Seseorang Mengalami Vertigo
Freepik/cookie_studio

Seseorang yang mengalami vertigo umumnya ia akan merasakan pusing dan rasanya seolah-olah segala benda yang ada di sekitarnya berputar.

Hal ini menyebabkan dirinya kehilangan keseimbangan tubuh. Apabila vertigo terjadi dalam beberapa waktu bisa berisiko membuat penderitanya terjatuh hingga sulit untuk bangun dari posisi duduk ke posisi berdiri.

Beberapa gejala lain yang juga bisa dialami oleh penderita vertigo antara lain mual, muntah, kuping berdenging hingga kehilangan pendengaran, berkeringat, dada terasa berdebar, hingga bola mata berputar tidak normal.

Jika masalah vertigo ini tidak segera ditangani dengan benar, maka vertigo akan semakin sering kambuh. Hal yang paling berbahaya adalah kemungkinan terkena stroke sangat tinggi jika tidak segera disembuhkan.

Editors' Picks

Penyebab Seseorang Bisa Mengalami Vertigo

Penyebab Seseorang Bisa Mengalami Vertigo
Freepik/justinboat29

Seseorang bisa mengalami vertigo pasti ada penyebabnya. Biasanya, orang dengan keluhan vertigo juga memiliki masalah kesehatan lainnya.

Penyebab paling umum seseorang mengalami vertigo antara lain adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), yaitu kondisi dimana adanya partikel kalsium yang ditemukan di bagian telinga dalam.

Penyakit meniere juga dapat menyebabkan seseorang mengalami vertigo. Biasanya seseorang yang memiliki penyakit ini akan mengeluhkan pusing yang berputar serta pendengaran yang berdengung. Hal ini diakibatkan adanya penumpukan cairan pada telinga bagian dalam. Penumpukan cairan ini membuat peningkatan tekanan pada bagian telinga dalam.

Tak hanya itu, penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh infeksi telinga akibat virus, hipertensi, diabetes, penyakit Parkinson, tumor otak, dan lain-lain. 

Pertolongan Pertama saat Mengalami Vertigo

Pertolongan Pertama saat Mengalami Vertigo
pexels/andrea-piacquadio

Vertigo bisa kambuh kapan saja dan dimana saja. Di situasi tertentu belum tentu bisa langsung mendapat pertolongan medis dan harus melakukan pertolongan secara mandiri. Saat mengalami vertigo sehingga benda sekitar terasa seperti berputar namun masih sanggup berjalan atau melakukan beberapa posisi tertentu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Hal pertama yang harus diingat adalah hindari posisi membungkuk atau menunduk. Posisi kepala berada di bawah akan membuat kondisi vertigo memburuk.

Lalu, ketika tidur posisikan kepala lebih tinggi dari anggota tubuh yang lainnya. Gunakan beberapa bantal untuk mendapatkan posisi kepala yang lebih tinggi. 

Ketika bangun tidur, jangan langsung berdiri. Duduk dan diam sejenak untuk bertransisi ke posisi berdiri.

Pengobatan secara Medis untuk Mengobati Masalah Vertigo

Pengobatan secara Medis Mengobati Masalah Vertigo
Freepik/senivpetro

Hal terbaik untuk mengatasi masalah vertigo adalah berkonsultasi dengan dokter. Dengan mengonsultasikan keluhan ini kepada dokter, penyebab utama vertigo bisa ditelusuri sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter dapat memberikan diagnosa penyakit yang menyebabkan terjadinya vertigo dan meresepkan obat yang bisa mengatasinya.

Dalam kasus tertentu, vertigo perlu diobati dengan melakukan prosedur operasi. Biasanya, prosedur ini baru akan diambil jika ditemukan tumor atau mengalami cedera di bagian otak dan leher. Tentu hal ini dilakukan setelah melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

Jangan anggap vertigo sebagai keluhan biasa dan mengabaikannya. Berkonsultasi dengan dokter merupakan cara yang tepat untuk mengetahui penyebab dan cara mengobati vertigo yang tepat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.