Tak Hanya Redakan Batuk, Ini 7 Manfaat Madu Lemon bagi Kesehatan

Mengonsumsi segelas air, madu, dan lemon sangat baik untuk kesehatan tubuh

23 Januari 2021

Tak Ha Redakan Batuk, Ini 7 Manfaat Madu Lemon bagi Kesehatan
Pixabay/ExplorerBob

Keluhan batuk dan pilek sering terjadi terutama saat musim hujan tiba. Beberapa orang tertentu akan mengonsumsi obat sedangkan yang lainnya mencoba untuk upaya herbal.

Salah satu ramuan herbal yang sering dijadikan obat untuk meredakan batuk adalah campuran lemon dan madu. Tetapi ada juga yang menggunakan kecap manis dan jeruk nipis. Tetapi karena rasanya yang kurang bisa diterima lidah bagi sebagian orang, ramuan madu dan lemon lebih disukai.

Ternyata manfaat campuran madu lemon ini tidak hanya baik untuk meredakan batuk. Ada beberapa manfaat madu lemon yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, Popmama.com telah merangkumkan beberapa informasi seputar manfaat madu lemon bagi kesehatan.

1. Menurunkan berat badan

1. Menurunkan berat badan
Freepik/jcomp

Manfaat madu lemon dinilai mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentu akan membahagiakan bagi orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Tetapi, yang terpenting adalah tidak mengonsumsi madu lemon ini secara berlebih dan tetap terapkan pola makan yang sehat.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

2. Meningkatkan metabolisme tubuh
Freepik

Campuran madu lemon ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa salah satu manfaat madu lemon dapat menurunkan berat badan.

Segelas air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon dapat membantu meningkatkan metabolisme dan regulasi pergerakan usus besar.

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan pencernaan

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Freepik/user6014584

Campuran antara air, madu, dan lemon dinilai memiliki kandungan enzim yang sangat tinggi. Hal ini membuat kehidupan mikroorganisme di dalam pencernaan menjadi lebih baik. Sehingga pencernaan dapat memecah makanan yang masuk dan menyerap nutrisi secara optimal.

Selain itu, manfaat madu lemon dapat merangsang pergerakan usus. Hal ini dapat mencegah terjadinya konstipasi yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan.

4. Membantu melawan infeksi akibat kuman atau bakteri

4. Membantu melawan infeksi akibat kuman atau bakteri
Freepik

Kandungan madu dan lemon memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Hal ini membuat campuran antara madu dan lemon dapat membantu menjaga tubuh untuk melawan virus ataupun bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mendetoksifikasi organ hati

5. Mendetoksifikasi organ hati
Freepik/tutatama

Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi obat-obatan atau alkohol akan membuat kerja organ hati menjadi berat. Sebab, organ hati akan berusaha bekerja lebih cepat. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang dapat berisiko merusak fungsi hati.

Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi ramuan madu dan lemon. Manfaat madu lemon antara lain adalah membersihkan organ hati dari racun.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

6. Meningkatkan imunitas tubuh
Freepik/jcomp

Manfaat madu lemon yang bisa dirasakan tubuh antara lain adalah meningkatnya imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan madu dan lemon yang mampu menjaga kondisi keseimbangan tubuh, seperti keseimbangan mikroorganisme pencernaan.

Dimana, pencernaan memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Mencerahkan kulit wajah

7. Mencerahkan kulit wajah
Freepik/benzoix

Bukan hanya untuk kesehatan di dalam tubuh, manfaat madu lemon juga bisa untuk mencerahkan kulit wajah. Cara kerjanya bisa dengan dua cara. Pertama, saat mikroorganisme pencernaan baik maka otomatis keseimbangan hormon di dalam tubuh juga akan baik. Hormon memiliki kendali penting terhadap kondisi kulit wajah.

Kedua, kandungan madu lemon sebagai anti inflamasi bisa digunakan sebagai masker wajah. Hal ini akan membuat kulit wajah menjadi bersih dan sehat. Dengan begitu kulit wajah menjadi lebih cerah.

Manfaat madu lemon bagi kesehatan sangat banyak. Ramuan ini tidak hanya berfungsi sebagai obat tapi juga bisa menjadi minuman sehari-hari yang sehat dan segar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.