Mengenal ‘Body Clock’, Jam Kerja Tubuh untuk Menjaga Kesehatan

Tubuh juga memiliki jam kerja yang harus dipatuhi

20 November 2020

Mengenal ‘Body Clock’, Jam Kerja Tubuh Menjaga Kesehatan
Freepik/asierromero

Jika Mama bekerja, ada peraturan jam kerja yang harus diperhatikan dan dipatuhi. Jika jam kerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tidak dipatuhi maka akan ada konsekuensi yang harus didapatkan, mulai dari pekerjaan yang tidak tuntas, mendapat teguran dari atasan, pengurangan upah, hingga pemutusan kerja.

Hal ini juga berlaku pada tubuh. Ada istilah yang dinamakan body clock atau jam kerja tubuh. Ternyata, tubuh memiliki jam kerja yang sudah ditetapkan selama 24 jam.

Ada waktu tertentu dimana tubuh harus bangun, mendetoksifikasi racun, menghasilkan hormon tertentu, hingga kapan butuh beristirahat.

Waktu kerja tubuh ini tidak hanya bekerja pada satu orang dan berbeda dengan tubuh orang lainnya. Jam kerja tubuh ini adalah kerja teknis tubuh yang dimiliki manusia secara keseluruhan.

Apabila jam kerja tubuh ini tidak dipatuhi, yang terjadi akan timbul masalah-masalah kesehatan, seperti tubuh yang mudah lelah, mudah pusing, kesulitan tidur, dan masalah lainnya.

Untuk itu, Popmama.com telah merangkumkan beberapa informasi seputar jam kerja tubuh untuk menjaga kesehatan Mama.

1. 00.00 - 02.59 meningkatnya hormon melatonin yang menyebabkan rasa mengantuk

1. 00.00 - 02.59 meningkat hormon melatonin menyebabkan rasa mengantuk
Pexels/Ivan Oboleninov

Di waktu ini, saat seseorang sudah tertidur maka tubuh akan mengalami waktu tidur lelapnya. Atau jika masih terjaga maka tubuh akan merasakan kelelahan yang sangat berat.

Sebab, secara jam kerja tubuh, waktu ini adalah saat dimana hormon melatonin diproduksi. Hormon melatonin adalah hormon yang menyebabkan seseorang merasa mengantuk.

2. 03.00 - 05.59 hormon melatonin yang mulai berkurang menjelang pagi hari

2. 03.00 - 05.59 hormon melatonin mulai berkurang menjelang pagi hari
Freepik/yanalya

Di waktu ini, hormon melatonin masih diproduksi. Namun, menjelang pagi hari jumlah produksinya semakin berkurang.

Sehingga di waktu ini, saat hormon melatonin mulai berkurang maka jam kerja tubuh akan perlahan mengumpulkan kesadarannya untuk segera bangun.

3. 06.00 - 08.59 berikan waktu pada usus besar untuk membersihkan kotoran

3. 06.00 - 08.59 berikan waktu usus besar membersihkan kotoran
Freepik

Di waktu pagi ini adalah jam kerja tubuh untuk membersihkan usus besar. Berikan waktu pada usus besar untuk melakukan pembersihan dari makanan-makanan yang masuk. 

Di waktu ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang memberatkan kerja usus besar. Agar usus besar bisa dengan mudah memproses makanan yang masuk dan segera membersihkan kondisinya.

Editors' Picks

4. 09.00 - 11.59 waktu dimana tubuh memiliki energi cukup untuk bekerja

4. 09.00 - 11.59 waktu dimana tubuh memiliki energi cukup bekerja
Freepik/drobotdean

Jam kerja tubuh di waktu ini adalah saat terbaik untuk melakukan pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh gencarnya tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini yang bekerja untuk membuat tubuh selalu dalam keadaan waspada.

Hormon kortisol juga membantu untuk mengalirkan energi ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

5. 12.00 - 14.59 organ pencernaan sedang aktif untuk mencerna makanan

5. 12.00 - 14.59 organ pencernaan sedang aktif mencerna makanan
Freepik/pressfoto

Saat siang hari di waktu ini, jam kerja tubuh sedang menunjukkan pencernaan yang aktif mencerna makanan yang masuk. Sehingga energi tubuh akan dialihkan untuk mencerna makanan.

Apabila terasa mengantuk di akhir waktu ini sangat wajar karena energi tubuh teralihkan ke organ pencernaan.

6. 15.00 - 17.59 paru-paru dan jantung sedang bekerja maksimal

6. 15.00 - 17.59 paru-paru jantung sedang bekerja maksimal
Freepik/ansiia

Jam kerja tubuh di sore hari menunjukkan bahwa di waktu ini paru-paru dan jantung sedang bekerja secara maksimal. Selain itu, otot juga sedang berada di kondisi yang sangat kuat. Sehingga banyak yang menyarankan untuk berolahraga di waktu ini.

7. 18.00 - 20.59 kondisi pencernaan yang sudah tidak seaktif di siang hari

7. 18.00 - 20.59 kondisi pencernaan sudah tidak seaktif siang hari
Freepik/Freepic.diller

Saat hari mulai gelap, waktu ini menunjukkan bahwa jam kerja tubuh mulai mengirim sinyal untuk mengurangi aktivitas pencernaan. Di antara waktu ini, pencernaan sudah mulai melemah sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan.

Jika harus mengonsumsi makanan maka pilih makanan yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan, seperti buah atau sayur dengan porsi yang tidak terlalu besar.

8. 21.00 - 23.59 hormon melatonin mulai naik dan tubuh mulai bersiap untuk tidur

8. 21.00 - 23.59 hormon melatonin mulai naik tubuh mulai bersiap tidur
Freepik/Yanalya

Jika tubuh mengawali hari di pagi hari maka hormon melatonin akan mulai naik lebih cepat. Namun, apabila tubuh bangun lebih siang maka produksi hormon melatonin juga akan melambat. Di waktu ini tubuh sudah mulai merasa lelah dan bersiap untuk tidur.

Dengan mengetahui jam kerja tubuh harapannya Mama bisa lebih mengenal kapan harus beraktivitas atau beristirahat agar tubuh bekerja dengan semestinya. Tubuh yang bekerja sesuai dengan jam kerjanya akan lebih sehat dan bugar saat beraktivitas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.