5 Doa yang Tak Disukai Allah SWT, Salah Satunya Kutukan untuk Orang

Jangan sampai terjadi!

26 Maret 2022

5 Doa Tak Disukai Allah SWT, Salah Satu Kutukan Orang
Pexels/Ali Arapoglu

Berdoa kepada Allah SWT memang diperkenankan untuk meminta segala hal dan juga berlindung dari hal-hal yang membahayakan. Terkadang, saat keadaan yang mendesak sering membuat kita berdoa sembarang atau tidak wajar.  

Allah SWT tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika dalam keadaan kesal. Hal itu karena bisa membuat kita berdoa apa saja yang buruk. Maka dari itu, Allah selalu mengingatkan doa-doa yang harus dihindari dan tidak disukai Allah.  

Kali ini, Popmama.com akan menjelaskan 5 doa yang tidak disukai Allah. Yuk disimak, Ma agar tidak terjadi!

1. Doa sumpah atau kutukan

1. Doa sumpah atau kutukan
Pexels/RODNAE Production

Saat dalam keadaan kesal atau marah, biasanya akan terjadi pengucapan doa yang buruk atau sama saja dengan sumpah atau kutukan. Sangat dilarang mengucapkan sumpah atau kutukan dalam keadaan apapun.  

Walaupun dalam keadaan yang mendesak, jangan pernah meminta kehancuran untuk diri sendiri, keluarga, teman, atau bahkan harta benda yang dimiliki. Ingatlah bahwa berdoa adalah sebuah harapan kepada Allah yang akan dikabulkan dalam keadaan cepat atau lambat. 

Editors' Picks

2. Meminta kematian

2. Meminta kematian
muslimgirl.com

Keadaan pikiran yang buruk memang selalu ada dan terkadang hingga membuat kita lemah oleh keadaan. Orang yang beriman pastinya tidak bagus jika setiap masalah selalu diselesaikan dengan rasa putus asa.  

Allah sangat membenci orang-orang yang berdoa untuk meminta kematian. Apalagi jika sampai terjadi bunuh diri. Hal itu karena bunuh diri sama saja bentuk penolakkan atas karunia Allah.  

Memang tidak mudah menghadapi segala masalah yang terjadi. Namun, percaya lah, Allah tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan dan kekuatan umatnya. Maka dari itu, setiap masalah pastinya akan ada sebuah solusinya.

3. Doa yang bersajak atau berpantun

3. Doa bersajak atau berpantun
Unsplash/Visual Karsa

Berdoa sama saja dengan beribadah. Ketika kita berdoa sangatlah tidak pantas untuk melantunkan sajak atau pantun. Hal itu karena dalam sajak selalu sulit untuk dipahami, apalagi sajak bisa mengganggu kekhusyukan dalam berdoa.  

Doa sudah seharusnya diucapkan dengan penuh khidmat dan tidak main-main. Kita bisa berdoa sesuai dengan anjuran dari dalam Al-Quran dan tuntunan Rasulullah SAW. 

4. Meminta datangnya siksa

4. Meminta datang siksa
Pexels/Alena Darmel

Pada zaman Rasulullah SAW dahulu, ada pemuda yang meminta kepada Allah dengan rasa ketakutan karena dosa yang telah dilakukan olehnya. Ia berdoa agar segera mendapatkan azab yang ditimpakan kepadanya, agar di akhirat nanti tidak lagi mendapatkan azab tersebut.  

Saat itu Rasulullah menanyakan kebenaran atas doanya itu dan alasan pemuda itu berdoa seperti itu. Setelah dijawab oleh pemuda tersebut, Rasulullah terkejut dan mengatakan bahwa ia tidak akan kuat menanggung siksa dan tidak bisa bertahan atas kepedihannya. Kemudian, Rasulullah mendoakan pemuda itu hal-hal yang baik atas tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

5. Berdoa yang dikhususkan untuk pribadi atau suatu kelompok

5. Berdoa dikhususkan pribadi atau suatu kelompok
Freepik/jcomp

Zaman dahulu, seorang Badui pernah berdoa ketika ia berjamaah dengan Nabi Muhammad SAW dan juga Abu Hurairah. Ia meminta kepada Allah SWT untuk berbelas kasihan kepada dirinya dan Nabi Muhammad SAW dan meminta untuk tidak memberikan belas kasihan itu kepada selain mereka berdua.  

Setelah selesai sholat, Rasulullah langsung berbicara kepadanya dan mengatakan bahwa hal tersebut bukan lah akhlak dari seorang muslim yang baik. Ia juga mengatakan bahwa mencintai saudara sesama muslim adalah sebuah kewajiban, jadi dalam berdoa haruslah mengikutsertakan mereka.  

Nah, itu dia Ma beberapa doa yang tidak disukai Allah. Setelah mengetahui hal tersebut, jadikan lah sebuah ilmu yang menjadi pengingat agar kita tidak berlebihan dalam segala hal.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk