6 Bahan Alami Cerahkan Area Selangkangan Hitam

Mama bisa jadi lebih percaya diri saat bercinta dengan Papa

6 Agustus 2022

6 Bahan Alami Cerahkan Area Selangkangan Hitam
Freepik/Beststudio

Banyak perempuan yang memiliki kondisi area selangkangan berwarna agak gelap atau lebih hitam daripada area lain. Hal ini, normal karena siapa saja bisa memilikinya tanpa memandang warna kulit.

Penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti gesekan celana yang terlalu ketat, infeksi jamur, keringat berlebih, ketidakseimbangan hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, paparan sinar matahari, serta obesitas.

Meskipun terletak di area tertutup, namun selangkangan yang hitam tetap mengganggu penampilan. Apalagi ketika waktunya bercinta dengan Papa, rasa percaya diri bisa jadi menurun.

Untuk menghindari hal itu, Popmama.com akan memberitahu 6 bahan alami untuk mencerahkan area selangkangan yang menghitam. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pepaya mentah memiliki enzim yang menghilangkan lapisan sel-sel mati kulit

1. Pepaya mentah memiliki enzim menghilangkan lapisan sel-sel mati kulit
Pixabay/varintorn

Pepaya mentah merupakan salah satu bahan alami untuk mencerahkan area selangkangan. Enzim yang terdapat di dalamnya membantu menghilangkan lapisan sel-sel mati pada permukaan kulit sehingga mencerahkan sebagian besar kulit yang gelap.

Selain itu, buah ini diketahui dapat mengekang produksi melanin (pigmen atau zat warna gelap) yang berlebihan pada kulit.

Untuk mengaplikasikannya, Mama bisa mengambil sepotong kecil pepaya mentah dan menggosokkan pada paha bagian dalam serta area bokong. Biarkan selama 20 menit hingga mengering.

Kemudian, bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara teratur hingga terlihat perbedaannya.

2. Lidah buaya menenangkan kulit dan membuatnya lebih cerah

2. Lidah buaya menenangkan kulit membuat lebih cerah
Freepik/jcomp

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah. Mama bisa menggunakannya setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

Siapkan daun lidah buaya, lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian, ambil buah atau gelnya.

Oleskan gel tersebut di area kulit yang gelap. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air dingin.

Editors' Picks

3. Tomat mengandung antioksidan yang memudarkan bercak hitam pada kulit

3. Tomat mengandung antioksidan memudarkan bercak hitam kulit
Freepik/Alphacell

Tomat juga termasuk bahan alami untuk mencerahkan area selangkangan. Tomat bisa sangat membantu jika pigmentasi kulit adalah efek jangka panjang dari kerusakan sinar matahari.

Ini karena, tomat mengandung antioksidan seperti likopen yang memudarkan bercak hitam pada kulit secara bertahap.

Mama bisa menyiapkan tomat dan membelahnya menjadi dua. Ambil salah satu bagian, kemudian gosokkan pada kulit yang gelap. Pastikan Mama agak memerasnya agar air dan ampas tomatnya keluar. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air biasa.

4. Mentimun mempunyai vitamin A yang dapat mengontrol produksi melanin

4. Mentimun mempunyai vitamin A dapat mengontrol produksi melanin
Pexels/Pixabay

Bahan alami lainnya yang bisa mencerahkan area selangkangan adalah mentimun. Kandungan vitamin A mentimun dapat mengontrol produksi melanin dan mengurangi penggelapan kulit.

Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi sekaligus memulihkan kesehatan.

Sediakan mentimun, lalu parut untuk mengekstrak sarinya. Oleskan cairan mentimun pada kulit di sekitar area kemaluan.

Biarkan selama sekitar 15 menit hingga mengering. Kemudian, bersihkan dengan air dingin. Mama bisa melakukannya 2 kali sehari.

5. Kunyit adalah antiseptic alami yang juga berkhasiat mencerahkan flek hitam

5. Kunyit adalah antiseptic alami juga berkhasiat mencerahkan flek hitam
Freepik/sri_sakorn42

Selain sebagai antiseptik alami, kunyit juga termasuk bahan alami untuk mencerahkan area selangkangan. Kunyit berkhasiat untuk mencerahkan flek hitam di area selangkangan. Ditambah, sifat antiinflamasinya dapat menyembuhkan kulit.

Mama bisa membuat pasta kunyit dari campuran yogurt dan jus lemon yang memiliki sifat serupa dalam meningkatkan efektivitas sebagai krim pemutih alami.

Caranya, siapkan satu sendok teh bubuk kunyit. Kemudian, tambahkan satu sendok teh yogurt dan dua sendok teh jus lemon. Aduk rata dan oleskan pasta di area kemaluan. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

Mama bisa melakukannya setiap hari agar segera melihat hasilnya.

6. Lemon kaya vitamin C yang membantu mencerahkan kulit

6. Lemon kaya vitamin C membantu mencerahkan kulit
Freepik

Lemon, salah satu bahan alami untuk mencerahkan area selangkangan ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses tersebut. Untuk penggunaannya, olah lebih dulu menjadi pasta lemon.

Pertama, belah lemon dan peras airnya. Setelah itu, campurkan 1/4 sendok teh air lemon dengan dua sendok teh yogurt, lalu aduk rata. Kemudian, aplikasikan pada area kulit yang gelap. Biarkan selama sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan air biasa.

Mama mungkin akan mengalami iritasi ringan karena jus lemon. Setelahnya, bisa mengoleskan pelembab yang baik untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi.

Ingat untuk melakukannya secara rutin ya, Ma. Supaya hasilnya lebih maksimal sehingga Mama jadi lebih percaya diri di hadapan Papa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk