Agar Tetap Bersih dan Sehat, 5 Barang di Rumah Ini Harus Rutin Dijemur

Cobalah menyediakan waktu untuk menjemur kasur

5 Februari 2020

Agar Tetap Bersih Sehat, 5 Barang Rumah Ini Harus Rutin Dijemur
Freepik/kjpargeter

Banyak faktor yang berperan dalam memerhatikan kesehatan anggota keluarga di rumah.

Apalagi ketika memasuki musim hujan, tentu harus menjaga barang-barang agar tidak menjadi lembab dan berjamur.

Dikutip dari laman What to Expect.com, menjaga keluarga dari kuman adalah sebuah keharusan ketika musim dingin dan flu melanda. Selain itu juga selalu ada kuman dan alergen lain yang perlu diwaspadai. Itulah mengapa sangat penting mencegah kuman di celah rumah.

Saat matahari muncul, maka segeralah untuk menjemur semua barang-barang yang lembab supaya tidak jamuran.

Agar tetap bersih dan sehat, berikut Popmama.com berikan 5 daftar barang di rumah yang harus sering dijemur. Ulasannya ada di bawah ini :

1. Boneka banyak menyimpan bakteri dan debu

1. Boneka banyak menyimpan bakteri debu
Pixabay/Pexels

Kamu ingin melindungi sang buah hati dari kuman?

Guna menjaga kesehatan anak pada usia ini, maka perlu memerhatikan kebersihan boneka kesayangannya.

Ya, terkadang boneka banyak memiliki bakteri yang disebabkan oleh tempelan biskuit hingga tumpahan dari minuman. Ditambah lagi dengan debu-debu yang menempel.

Dengan begitu, maka harus sering-sering menjemur boneka tersebut supaya tidak menimbulkan bakteri dan debu pada bonekanya.

Editors' Picks

2. Handuk harus sering dijemur di bawah terik matahari

2. Handuk harus sering dijemur di bawah terik matahari
Freepik

Tentu setiap orang membutuhkan handuk untuk mengeringkan badan selepas mandi. Tapi biasanya, kamu akan meletakkan handuk di kamar mandi. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan lagi.

Sebab handuk yang lembab sering menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya kuman serta bakteri. Apalagi jika handuk jarang dicuci dan dijemur di bawah paparan sinar matahari.

Oleh karena itu handuk harus sering dijemur di bawah terik matahari langsung untuk menghentikan pertumbuhan bakteri, termasuk jamur.

3. Karpet harus dijemur minimal satu bulan sekali

3. Karpet harus dijemur minimal satu bulan sekali
Pixabay/yuanjie221

Siapa yang tidak senang punya rumah bersih dan rapi. Sementara untuk mencegah gangguan debu, ada hal lain yang harus dilakukan.

Ya, khususnya karpet di rumah. Di mana barang yang satu ini sangat perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah menumpuknya debu maupun kuman dan bakteri.

Sebaiknya cuci karpet dengan sabun dan air minimal satu bulan sekali.

Jika seluruh permukaannya sudah bersih, segeralah menjemur karpet di bawah terik matahari untuk mematikan bakteri-bakteri yang berada di dalamnya.

4. Kasur terdapat banyak kutu hingga kuman

4. Kasur terdapat banyak kutu hingga kuman
Freepik/mrsiraphol

Perawatan pencegahan penyakit dapat dimulai dengan menjaga kebersihan ruang tidur.

Salah satu kebiasaan yang perlu diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah adalah membersihkan dan menjemur kasur beserta bantal serta gulingnya.

Sebab banyak orang yang tidak menyadari jika kasur, bantal dan guling yang digunakan untuk tidur setiap harinya terdapat banyak kutu hingga kuman.

Di mana kutu dan kuman merupakan salah satu pemicu gejala alergi paling umum. Untuk itu, kamu harus sering menjemurnya di bawah terik matahari.

5. Tanaman hias menimbulkan kelembapan

5. Tanaman hias menimbulkan kelembapan
Pixabay/Pezibear

Menghadirkan tanaman hias di dalam rumah memberikan banyak keuntungan, yakni mempercantik tampilan ruangan dan memperbaiki kualitas udara di sebuah ruangan.

Namun sayangnya, keberadaan tanaman ini harus sering diperhatikan. Sebab tidak baik jika membiarkannya secara terus-terusan berada di dalam ruangan rumah.

Nyatanya, tanaman hias indoor juga butuh asupan sinar matahari agar tidak layu dan tetap tumbuh subur. Selain itu, nantinya akan menimbulkan kelembapan pada tanaman yang menyebabkan timbulnya bau pada tanaman tersebut. 

Cobalah sesekali dipindahkan ke luar ruangan yang terkena sinar matahari, paling tidak dua minggu sekali.

Nah, itulah kelima barang di rumah yang memerlukan paparan sinar matahari langsung. Selain itu, kamu juga harus menyediakan waktu untuk membersihkan rumah secara keseluruhan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.