5 Desain Kitchen Set supaya Dapur Terlihat Luas

Desain kitchen set yang salah hanya akan membuat dapur terlihat sempit

17 September 2019

5 Desain Kitchen Set supaya Dapur Terlihat Luas
Pexels/Pixabay

Dapur layaknya kantor bagi Mama. Di ruangan ini, Mama bebas bekerja dan berkreasi dengan berbagai resep masakan. Bahkan mungkin sebagian besar waktu Mama dihabiskan di ruangan ini. Mulai dari menyiapkan sarapan, makan siang, hingga makan malam. Dapur yang nyaman tentunya akan membuat waktu memasak Mama lebih menyenangkan.

Salah satu cara untuk membuat dapur nyaman adalah dengan memilih desain kitchen set yang tepat sesuai dengan kondisi ruangan. Pemilihan desain kitchen set yang salah bisa membuat ruang dapur terbuang sia-sia dan membuat daput terlihat sempit. Tentunya hal ini akan menganggu kenyamanan dan mobilitas Mama saat memasak.

Supaya Mama bisa memanfaatkan ruang dapur dengan maksimal, yuk intip lima desain kitchen set berikut:

1. Bentuk L untuk dapur dengan ruangan yang terbatas

1. Bentuk L dapur ruangan terbatas
Pexels/Skitterphoto

Sesuai namanya, desain kitchen set ini berbentuk seperti huruf L. Ia terdiri dari satu meja pendek yang terhubung dengan satu meja panjang.

Bagian meja pendek dapat Mama manfaatkan sebagai tempat mencuci piring. Sedangkan bagian meja panjang sangat cocok untuk menjadi tempat memasak. Letakkan kompor di bagian tengah agar Mama punya space kosong di kanan dan kiri untuk meletakkan bahan-bahan memasak.

Karena desainnya yang begitu efektif, desain kitchen set ini sangat cocok diterapkan pada dapur dengan ruangan yang terbatas. Jika ada ruang lebih, Mama juga bisa menambahkan mini bar yang juga berfungsi sebagai meja makan di bagian meja panjang.

2. Bentuk U untuk dapur yang lebih luas

2. Bentuk U dapur lebih luas
Pexels/Milly Eaton

Kitchen set dengan bentuk U sangat cocok jika dapur Mama terletak di antara dua ruangan. Kedua sisi dinding tidak terbuang percuma karena dimanfaatkan sebagai tempat memasak maupun tempat untuk mencuci piring.

Dengan desain ini, Mama juga memiliki banyak space untuk meletakan berbagai barang dan bahan masakan. Tambahkan laci di bagian bawah dan atas agar Mama semakin leluasa untuk menyimpan peralatan.

Namun, perhatikan luas ruangan dapur Mama ya. Kitchen set ini membutuhkan ruangan yang lebih luas. Jika tidak, bagian tengah akan terasa sempit.

Editors' Picks

3. Bentuk single line untuk dapur minimalis

3. Bentuk single line dapur minimalis
Pexels/Milly Eaton

Desain kitchen set single line adalah yang paling sederhana dibandingkan desain kitchen set lainnya. Ia hanya terdiri dari satu baris yang menjadi pusat dari segala kegiatan dapur. Kompor dan tempat mencuci piring ditempatkan bersebelahan untuk menghemat ruang yang ada.

Desain kitchen set ini mungkin terlihat sempit dan tidak memberikan banyak ruang untuk meletakan barang. Namun, jika Mama memilih warna dan material yang tepat, kitchen set ini juga bisa membuat dapur Mama terlihat cantik dan minimalis. Tambahkan lemari di bagian atas dan bawah supaya Mama tetap memiliki ruang untuk menyimpan berbagai peralatan.

4. Bentuk double line untuk dapur berbentuk koridor

4. Bentuk double line dapur berbentuk koridor
Pexels/Milly Eaton

Jika space untuk dapur di rumah berbentuk koridor, Mama bisa menerapkan desain kitchen set double line. Desain ini terdiri dari dua buah meja panjang yang menempel di dinding dan saling berhadapan hingga membentuk koridor. Mama pun tetap bisa leluasa berlalu lalang di dapur.

Namun sesuaikan dengan luas koridor yang ada ya, Ma. Kalau terlalu sempit, lebih baik Mama tidak memaksa menggunakan desain ini. Pasalnya, ruang untuk mobilitas di bagian tengah akan menjadi sangat terbatas. Sebagai gantinya, mama bisa menerapkan desain single line.

5. Bentuk island yang mewah

5. Bentuk island mewah
Pexels/Mark McCammon

Kalau Mama sering menonton kanal Youtube milik Gordon Ramsay, Mama mungkin sudah tidak asing dengan desain kitchen setisland. Sesuai Namanya, kitchen set ini terdiri dari meja panjang yang menempel di dinding dan sebuah meja tambahan di bagian tengah. Seringkali, meja panjang dibuat dengan model U atau L yang mengelilingi meja tambahan.

Selain luas, desain kitchen set island memang sangat mewah. Biaya pembuatan kitchen set ini pun terbilang mahal karena banyaknya material yang dibutuhkan. Namun, biaya yang Mama keluarkan akan sebanding dengan kenyamanan yang ditawarkan. Banyaknya ruang untuk penyimpanan dan mobilitas tentunya membuat kegiatan memasak semakin menyenangkan. Mama bisa meletakkan berbagai dekorasi agar dapur Mama semakin cantik.

Itulah lima desain kitchen set yang bisa Mama terapkan di rumah. Walaupun Mama menyukai desain tertentu, tetap sesuaikan dengan ruang dapur yang ada ya, Ma. Jika perlu, konsultasikan dengan desainer dapur Mama. Nah, kira-kira desain mana yang menjadi desain dapur impian Mama?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!