Kembali WFH, Ini 5 Ide Dekor Ruang Kerja di Rumah

Janji deh, tak mengeluarkan banyak biaya!

15 September 2020

Kembali WFH, Ini 5 Ide Dekor Ruang Kerja Rumah
archify.com

Kembalinya diberlakukan PSBB di Jakarta menyebabkan banyak kantor yang tutup dan berarti bekerja di rumah. Popmama.com punya ide untuk mendekor ruang kerja di rumah. 

Banyak yang beranggapan bahwa bekerja di rumah akan lebih menyenangkan karena identik dengan santai. Nyatanya, jika tidak siap, maka bekerja dari rumah bisa jadi lebih melelahkan daripada di kantor. 

Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan mindset yang siap bekerja meski suasananya sangat rumahan. Selain itu, area bekerja yang nyaman juga mampu meningkatkan produktivitas WFH. 

Untuk dekor, inilah 5 ide yang bisa dicontek.

1. Pilih tempat kerja di area yang jarang disentuh

1. Pilih tempat kerja area jarang disentuh
dwell.com

Tak perlu membongkar rumah, cukup cari bagian mana yang jarang tersentuh. Apakah itu ruang tamu? Pojok dekat tangga? Atau di bagian ujung meja makan?

Apapun itu, kamu bisa membereskan area tersebut dan merubahnya jadi area bekerja. Singkirkan barang yang tidak terpakai dan ganti dengan meja dan kursi untuk bekerja. 

Setelah memutuskan di area mana, pastikan seluruh anggota keluarga mengetahuinya agar tidak dibongkar atau dirapikan kembali. 

Editors' Picks

2. Pilih meja dan kursi dengan kreatif

2. Pilih meja kursi kreatif
Freepik

Tak punya meja kerja? Gunakan saja yang ada. Jika ada container, maka bisa ditumpuk hingga tinggi yang diinginkan. Tinggal tambahkan kursi dan jadilah ruang kerja. 

Jika tak punya kursi yang nyaman untuk bekerja, duduklah di lantai dengan alas karpet dan bantal empuk. Gunakan meja lipat untuk menempatkan laptop. 

Lihat lagi apakah ada meja yang tidak terpakai di rumah. Jika ada, kamu bisa mengecat dan menghiasnya agar lebih menarik dan menyulapnya jadi meja kerja. 

Lakukan saat akhir pekan agar ada kegiatan sepanjang hari saat harus di rumah saja. 

3. Tambahkan rak di sekitar area bekerja

3. Tambahkan rak sekitar area bekerja
Freepik

Untuk memudahkan bekerja, alangkah baiknya jika ada rak di sekitar area bekerja. Kamu bisa membawa rak yang ada di rumah dan tempatkan di sebelah meja. 

Di rak ini, kamu bisa menempatkan bahan pekerjaan seperti earphone, data pekerjaan, dan peralatan lainnya. Dengan adanya rak, meja akan lebih rapi dan semua akan lebih tertata. 

Jika ingin membuat, maka cobalah rak dinding yang bahannya murah dan mudah didapat. Untuk proses pembuatannya pun bisa dilihat di Youtube atau Pinterest. Jadikan proyek ini sebagai kegiatan di akhir pekan. Tak akan terasa seperti sedang PSBB!

4. Cermin dan tanaman hias bisa meningkatkan mood

4. Cermin tanaman hias bisa meningkatkan mood
Pixabay/erikawittlieb

Untuk menambahkan suasana menyenangkan saat bekerja di rumah, kamu bisa menempatkan cermin di depan meja. Pilih cermin dengan bingkai yang menarik agar terlihat lebih cantik. 

Tak perlu mencari cermin yang mahal, cukup gunakan yang ada di rumah dan kreasikan bingkainya. Kamu bisa mengecat ulang warna bingkai cermin agar sesuai dengan nuansa area bekerja kamu. 

Jika ingin yang beda, tempatkan cermin yang agak lebar dan di situ kamu bisa menempatkan aneka notes untuk pekerjaanmu. Jadi multifungsi, kan?

5. Buat aksen di dinding tempat area bekerja

5. Buat aksen dinding tempat area bekerja
Freepik

Apakah kamu akan banyak menghabiskan waktu di area bekerja saat di rumah? Maka, tak masalah jika ingin merubah dindingnya sedikit. 

Kamu bisa menempelkan wallpaper yang diinginkan di sana. Bisa juga mengecatnya dengan warna yang disukai. 

Jika ada lukisan atau pajangan dinding yang ingin ditempatkan di sana, silahkan taruh agar suasana WFH jadi lebih menyenangkan. 

Itulah 5 ide yang bisa dicoba untuk masa WFH kali ini. Semoga membuat bekerja di rumah lebih seru dan bebas stres, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.