Ma, Sudah Tahu Cara Mencuci yang Sedang Viral di TikTok?

Namanya laundry stripping yang bisa membuat pakaian bersih seperti baru

1 Oktober 2020

Ma, Sudah Tahu Cara Mencuci Sedang Viral TikTok
youtube.com

Ada banyak konten menarik dan membantu di TikTok, salah satunya cara mencuci dengan maksimal. Seperti apa? Popmama.com akan menjabarkan untuk Mama. 

Seberapa sering Mama mencuci pakaian serta handuk dan seprai di rumah? Tentu tak terhitung. 

Semenjak pandemi, setiap pakaian sering dicuci untuk mengurangi kemungkinan tertempel virus corona. Namun efeknya, ada banyak residu yang menempel. 

Sebuah tren baru di TikTok membagikan cara mencuci pakaian dengan deep clean. Hasilnya, seprai handuk dan lainnya terasa lebih segar dan bebas residu. 

Banyak orang yang mengikuti cara ini dan merasa puas dengan hasilnya.

Seperti apa langkahnya? Mari cari tahu!

1. Mengenal seperti apa cara laundry stripping

1. Mengenal seperti apa cara laundry stripping
instagram.com/thecamerasmybff

Pada dasarnya, laundry stripping adalah metode merendam pakaian dalam waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan residu yang menempel di pakaian. 

Beberapa alasan tertumpuknya residu di pakaian adalah karena cara cuci yang tidak bersih, terlalu sering dicuci, dan terlalu lama tidak dicuci. 

Beberapa residunya seperti debu, pelembut pakaian, sisa deterjen, dan sisa pemutih yang masih menempel. 

Nantinya, pakaian itu direndam di wadah dengan campuran tertentu. Hasilnya, air bisa keruh sebagai tanda residunya sudah rontok. 

Editors' Picks

2. Cara melakukannya pun mudah

2. Cara melakukan pun mudah
hip2save.com

Yang pertama dibutuhkan adalah wadah cukup besar untuk merendam semua pakaian dan seprai serta handuk. Usahakan tidak memasukkan terlalu banyak karena akan diaduk selama beberapa kali. 

Jika di rumah ada bathtub, Mama juga bisa merendamnya di sana. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Untuk ukuran bathtub:

  • 1/4 cup borax
  • 1/4 cup baking soda
  • 1/2 cup deterjen
  • air hangat

Cara membuat:

  1. Isi air sampai cukup merendam semua pakaian yang ingin di-deep clean. Kemudian tambahkan bahan-bahan di atas dan aduk dengan pelan. 
  2. Diamkan selama 5 jam dan aduklah secara berkala.

Hasilnya, air yang tadinya jernih bisa menjadi kecoklatan atau abu-abu sebagai tanda residunya sudah rontok. Setelah selesai, Mama bisa kembali mencucinya dengan mesin cuci. 

3. Bahan yang aman dan tidak aman untuk laundry stripping

3. Bahan aman tidak aman laundry stripping
  pinterest.com  

Pada dasarnya, bahan yang cocok untuk direndam dengan cara ini adalah seprai dan handuk. Ini dikarenakan keduanya sering digunakan, alhasil banyak keringat dan detergen yang menempel di sana. 

Bahan yang cukup tebal seperti cover sofa, sarung bantal tebal, sampai gorden bisa masuk ke dalam rendaman karena tergolong aman jika terkena campuran tersebut.

Pakaian tidak semua disarankan untuk dimasukkan dalam rendaman ini. Pakaian berserat tipis dan memiliki warna terang juga sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam rendaman.

Karena menggunakan air hangat, ada beberapa pakaian tidak disarankan untuk dicuci dengan air hangat. Yang paling penting, pastikan untuk melihat label pakaian sebelum memasukkannya ke rendaman.

4. Cara memilah bahan untuk direndam

4. Cara memilah bahan direndam
sapulpalaundry.com

Tidak serta merta semua handuk dan pakaian bisa masuk bersama dalam air rendaman tersebut. Karena campuran air rendaman tersebut berpotensi juga melunturkan warna di pakaian. 

Jadi, satukan dengan yang berwarna sama seperti seprai dan handuk putih. Sedangkan untuk warna-warna terang, lebih baik tidak perlu ikut masuk rendaman. 

Meski begitu, warna dasar seperti navy atau hitam cenderung aman dan tidak luntur sama sekali. Jika ada warna yang mirip, satukan saja. Namun hindari mencampur dengan warna yang terlalu beda jauh karena bisa merusak warna aslinya. 

5. Yang harus diperhatikan saat melakukan laundry stripping

5. harus diperhatikan saat melakukan laundry stripping
freepik.com

Hal ini memang menarik untuk dicoba. Bahkan hasilnya pun benar-benar terlihat dan memuaskan. 

Namun bagi Mama yang punya anak dan peliharaan, harus benar-benar memerhatikan rendamannya. Karena akan didiamkan dalam waktu cukup lama, pastikan untuk mengunci kamar mandi agar tidak dimasuki anak. 

Jika merendam di luar, maka pastikan untuk menutupnya dengan baik agar tidak ada yang masuk ke dalamnya. Selain itu, hindari dengan sinar matahari langsung karena bisa merusak warna pakaian. 

Setelah selesai, pastikan untuk membuang air rendaman dengan aman. Bilas lantai yang terkena air rendaman sampai bersih agar tidak berbahaya bagi anak dan hewan peliharaan. 

Itulah trik baru dalam mencuci dari TikTok yang bisa Mama coba. Semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.