Sering Tertipu Keindahannya, Ini Dia 7 Tanaman Hias Beracun!

Kira-kira apa saja ya, Ma?

7 Mei 2019

Sering Tertipu Keindahannya, Ini Dia 7 Tanaman Hias Beracun
Unsplash/Kaufmann Mercantile

Memiliki rumah yang asri tentu menjadi idaman semua keluarga ya, Ma. Apalagi banyaknya tanaman dan pohon hias di setiap sudut semakin membuat rumah terlihat lebih sejuk. 

Namun, pemilihan tanaman yang warna-warni belum tentu menjamin keamanannya. Sebagian tanaman hias yang sering dijadikan dekorasi ruangan memiliki racun, sehingga memicu sejumlah gangguan kesehatan yang dapat menyerang keluarga. 

Tak jarang tanaman hias beracun ini tidak sengaja dikonsumsi oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah. Bahkan dampak buruk yang terjadi bisa menyebabkan kematian. 

Jika Mama ingin semakin berhati-hati dalam memilih tanaman hias yang beracun, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. Yuk, simak informasinya!

1. Tanaman Dolar (ZZ Plant)

1. Tanaman Dolar (ZZ Plant)
Pinterest.com/theresagerman

Tanaman dolar termasuk salah satu jenis tanaman hias yang seringkali ditempatkan di sudut ruangan. 

Walau tanaman hias ini umumnya ditempatkan di dalam ruangan, namun harus disadari bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar mengandung racun. 

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar ini beracun karena mengandung senyawa oksalat, sehingga dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. 

Jika Mama atau si Kecil tidak sengaja menyentuh daun dari tanaman dolar, sebaiknya segera mencuci tangan dengan sabun hingga benar-benar bersih. Pergunakanlah sarung tangan ketika berniat memindahkan dari satu sudut ke sudut lainnya. 

2. Kuping Gajah (Caladium)

2. Kuping Gajah (Caladium)
Pinterest.com/Clever Bloom

Kuping gajah sebagai tanaman hias termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi yang menyimpan racun. 

Walau bentuk dan warnanya sangat indah sebagai tanaman hias, namun daun kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara. 

Hindari juga anak-anak dari tanaman hias ini, si Kecil yang senang bereksplorasi bisa saja menggosok dau kuping gajah ke tangannya. Padahal ini akan menyebabkan kulitnya gatal dan seperti ada sensai terbakar. 

Daun tanaman hias ini apabila sampai tertelan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada lidah dan mulut. Dalam jangka panjang, efeknya dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.

3. Bunga Lily

3. Bunga Lily
Pinterest.com/Yoshihiro Ogawa

Bunga lily termasuk tanaman hias yang indah ketika menghiasi setiap sudut di rumah. Warna putih dari bunga lily terkesan elegan, sehingga banyak orang yang menyukainya. 

Menurut sebuah penelitian dari US Food and Drug Administration mengatakan bahwa bunga lily tidak hanya indah, namun Hemerocallis bisa membahayakan hewan peliharaan.

Saat peliharaan Mama di rumah berusaha untuk menjilat atau memakan daun bunga lily walau sedikit dapat berdampak negatif karena menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah. 

Tak hanya itu, racun dari bunga lily dapat menyebabkan hewan peliharaan di rumah mengalami gagal ginjal akut hingga kematian. 

Baca juga: 7 Inspirasi Tanaman Artifisial untuk Menghiasi Rumah

Editors' Picks

4. Lidah Mertua (Sanseviera)

4. Lidah Mertua (Sanseviera)
Pinterest.com/GooDSGN

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan digemari banyak orang yaitu lidah mertua. Tanaman ini menghiasi setiap pot di dalam rumah. 

Jika diperhatikan bentuknya, lidah mertua memiliki bentuk seperti pedang. Walau terlihat indah perlu disadari bahwa tanaman hias ini beracun, meskipun kadar racunnya tidak terlalu tinggi.

Efek samping yang bisa ditimbulkan dari tanaman ini bisa memicu muntah-muntah dan diare.

Baca juga: Menyejukkan! 10 Inspirasi Tanaman Hias untuk Ruang Tamu

5. Sri Rejeki (Dieffenbachia)

5. Sri Rejeki (Dieffenbachia)
Pinterest.com/Madeline Hatter

Sebagai tanaman hias dieffenbachia seringkali disebut dengan daun bahagia atau sri rejeki. Sri rejeki termasuk jenis tanaman hias yang diincar oleh para pecinta tanaman. 

Namun, mungkin banyak yang belum menyadari bahwa tanaman hias ini mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Terdapat kalsium oksalat yang terkadung di dalam batang dan daunnya, sehingga menyebabkan gatal-gatal pada bagian bibir dan lidah. Bahkan sri rejeki bisa mengakibatkan kejang-kejang.

Ada baiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk meminimalisir terjadinya segal risiko buruk. 

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias yang Menyehatkan

6. Foxglove (Digitalis Purpurea)

6. Foxglove (Digitalis Purpurea)
Pinterest.com/Natalie Anne

Foxglove termasuk salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bentuk unik seperti sebuah lonceng. Tak jarang bunga saat bunga mekar dan berbentuk lonceng seringkali menarik perhatian anak-anak. Namun, jangan tertipu dengan warnanya yang cerah karena foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun.

Kandungan glikosida terdapat pada seluruh bagian dari foxglove. Glikosida dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan seperti mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala hingga delirium. 

Perlu diperhatikan saat seseorang mengalami keracunan akibat tanaman hias ini, umumnya akan memberikan ciri-ciri seperti:

  • Tremor, 
  • kejang-kejang
  • denyut nadi yang lemah, 
  • gangguan irama pada detak jantung yang menyebabkan kematian.

7. Philodendron

7. Philodendron
Pinterest.com/Jenn S

Saat membeli sebuah tanaman hias, banyak orang yang menginginkan tanaman yang memiliki banyak daun hijau untuk menyegarkan mata. 

Philodendron jika diperhatian bentuk daunnya terlihat melengkung dan lancip di bagian ujung. Namun, daun dari tanaman hias merambat ini sangat beracun. Jika tidak sengaja dikonsumsi dapat menyebabkan bagian bibir, lidah serta tenggorokan terjadi pembengkakan. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanaman hias beracun yang perlu Mama sekeluarga waspadai. Usahakan untuk tetap berhati-hati saat sudah membeli dan merawatnya ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;