Kenapa Kucing Suka Menjilat dan Menggigit Tangan Pemiliknya?

Ada beberapa penyebab terkait kucing yang suka menjilat dan menggigit tangan pemiliknya

2 Juli 2024

Kenapa Kucing Suka Menjilat Menggigit Tangan Pemiliknya
Freepik/8photo

Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia karena merupakan hewan yang lucu untuk dijadikan hewan kesayangan pemiliknya. Tiada habis tingkah laku mereka yang lucu dan terkadang aneh selalu berhasil membuat kita menggelengkan kepala.

Perlu kita ketahui beberapa dari tingkah lucu dan unik kucing, tidak lain untuk mencari perhatian serta berkomunikasi dengan pemiliknya. Nah, kalian yang memiliki kucing peliharaan di rumah pasti sering mendapatkan jilatan ataupun gigitan mereka, bukan?

Ya, kucing dikenal sebagai hewan yang sangat menyayangi kebersihan dan sering menjilat atau menggigit tangan pemiliknya. Ini merupakan salah satu tingkah mereka yang menggemaskan dan terkadang sedikit mengesalkan.

Namun, ada beberapa alasan mengapa kucing melakukan hal ini. Kira-kira, kenapa mereka suka menjilat dan menggigit tangan pemilik mereka, ya?

Nah, pada kesempatan kali ini, Popmama.com akan membahas kenapa kucing suka menjilat dan menggigit tangan pemiliknya.

Yuk, disimak faktanya!

1. Insting alami dan ungkapan kasih sayang

1. Insting alami ungkapan kasih sayang
Pexels/Line Riedel

Pada dasarnya, kebiasaan menggigit pemiliknya merupakan hal umum yang biasa dilakukan oleh kucing. Menggigit adalah cara kucing untuk memangsa, baik kucing outdoor maupun indoor. 

Menurut Pam Johnson Bennett, penulis sekaligus pakar tingkah laku kucing, ketika insting atau hasrat alami kucing tidak terpenuhi, mereka akan menggigit apa saja termasuk tangan pemiliknya.

Kucing juga memiliki insting alami untuk menjaga kebersihan diri mereka sendiri dengan cara menjilat bulu. Hal ini dilakukan untuk membersihkan bulu dari debu, kotoran, dan rambut mati. Selain itu, kucing juga memiliki insting untuk membersihkan anggota keluarga lainnya yang dianggap sebagai bagian dari keluarga mereka.

Jika kucing menjilat tangan pemiliknya, itu mungkin merupakan bentuk dari insting membersihkan yang dimiliki kucing. Kucing mempelajari ungkapan kasih sayang ini dari induknya yang selalu menjilatnya. Maka dari itu, kucing tercinta juga akan melakukan hal yang sama terhadap pemiliknya yang dia sayangi.

Kucing mungkin merasa tangan pemiliknya kotor atau kurang bersih, sehingga ia mencoba untuk membersihkannya dengan menjilat. Hal ini juga dapat menjadi bentuk dari rasa kasih sayang kucing terhadap pemiliknya. Kucing menganggap pemiliknya sebagai bagian dari keluarganya dan ia ingin membersihkannya.

Editors' Pick

2. Keingintahuan yang besar ketika tumbuh gigi

2. Keingintahuan besar ketika tumbuh gigi
Pexels/Arina Krasnikova

Kucing dapat mengalami masalah saat tumbuh gigi baru. Ketika kitten atau anak kucing tumbuh gigi, keingintahuannya terhadap suatu objek jadi lebih besar. Maka dari itu, mereka memenuhi rasa keingintahuan mereka dengan cara menggigit, salah satunya menggigit tangan kita.

Saat kucing tumbuh gigi baru, maka kondisi gusinya mungkin meradang dan nyeri. Kondisi tersebut menyebabkan kucing menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Kucing juga mungkin merasa tidak nyaman dan ingin mengekspresikan perasaannya dengan cara menggigit pemiliknya, terutama saat dia diganggu atau diajak bercanda.

Selain itu, saat tumbuh gigi, kucing akan menggunakan mulutnya untuk mengeksplorasi lingkungannya dan menggigit benda-benda di sekitarnya. Kondisi tersebut bertujuan untuk membantu proses tumbuh gigi.

Pemilik harus mewaspadai jika kucing mulai menggigit benda-benda yang tidak seharusnya. Cobalah memberikan mainan yang aman bagi kucing untuk mengeksplorasi serta meredakan keingintahuannya.

3. Tidak suka dielus dan ingin menunjukkan dominasi

3. Tidak suka dielus ingin menunjukkan dominasi
Pexels/FOX

Menggigit tangan pemiliknya bisa diartikan sebagai cara para kucing berkomunikasi. Contohnya ketika kamu mengelus si kucing dan ternyata malah digigit, itu menjadi cara mengatakan kalau kucing tidak suka dielus atau sedang tak ingin diajak bercanda.

Dalam beberapa kasus, kucing dapat menggigit tangan pemiliknya untuk menunjukkan dominasi. Kucing dapat menganggap pemiliknya sebagai anggota keluarga yang lebih rendah dari dirinya. Kucing bahkan mungkin saja menganggap dirinya sebagai yang paling dominan dalam lingkungan keluarga.

Oleh karena itu, kucing menggigit tangan pemiliknya untuk menunjukkan bahwa ia paling dominan. Hal ini dapat terjadi karena kucing merasa tidak nyaman dengan perubahan lingkungan atau perubahan dalam interaksi terhadap pemiliknya.

4. Tidak sengaja memegang bagian tubuh mereka yang sakit

4. Tidak sengaja memegang bagian tubuh mereka sakit
Freepik/Freepik

Terkadang kucing kita yang sedang senang sekali dielus tiba-tiba malah mengigit tangan kita. Kondisi tersebut menjadi tanda dan cara mereka berkomunikasi kalau kita mungkin tak sengaja memegang bagian tubuh mereka yang sakit.

Perlu diingat kalau dalam kondisi seperti ini, cobalah segera bawa kucing ke dokter hewan untuk dirawat. Pemilik harus memberikan perawatan yang sesuai dan jangan mengganggu kucing yang sakit, sehingga kucing dapat cepat pulih.

Kucing dapat mengalami sakit fisik atau mental bisa menyebabkan perubahan terhadap perilakunya. Jika kucing mengalami sakit fisik (sakit gigi, infeksi, atau masalah tulang) dan sakit mental (kecemasan atau depresi), ia mungkin menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan serta lingkungan.

Selain itu, kucing akan lebih cepat bereaksi melalui gigitan karena menganggapnya sebagai ancaman dan berusaha melindungi diri.

5. Love bite, cara bermain dan ekspresi perasaan

5. Love bite, cara bermain ekspresi perasaan
Pexels/Inge WallumrĂžd

Kucing dapat menggunakan gigitan sebagai bentuk ekspresi dari perasaan yang mereka alami. Kucing dapat menggigit tangan pemiliknya untuk mengekspresikan rasa senang, marah atau cemas. 

Jika kucing menggigit tangan pemiliknya saat dimainkan, itu mungkin merupakan cara yang dilakukan kucing untuk bermain dan menganggap tangan pemiliknya sebagai mainan. Selain itu, jika kucing menggigit tangan pemiliknya saat dia merasa marah atau cemas, itu dapat menjadi tanda bahwa kucing memerlukan lebih banyak perhatian atau perubahan lingkungan yang lebih aman.

Menggigit tangan juga cara kucing tercinta memberitahu pemiliknya bahwa dia sangat sayang sekali dengannya. Love bite ini biasanya hanya berupa gigitan yang membuat geli. Jadi, jangan langsung dimarahi ya kucingnya kalau tiba-tiba ia menggigit tangan kalian.

Namun, jika kucing terus menjilat tangan pemiliknya dengan keras dan berlebihan, sebaiknya segera periksa kucingmu ke dokter hewan. Perlu melakukan pengecekan apakah kucing kamu mengalami masalah kesehatan atau kecemasan yang perlu ditangani.

Semoga informasi terkait kenapa sucing suka menjilat dan menggigit tangan kita bisa menjadi sebuah pengetahuan baru, ya. 

Baca juga:

The Latest