4 Cara Mengetahui Umur Kucing dari Kondisi Fisiknya

Umur kucing bisa diperkirakan dengan memeriksa beberapa bagian tubuhnya

25 November 2021

4 Cara Mengetahui Umur Kucing dari Kondisi Fisiknya
Unsplash/Kristlisa

Umur kucing memang cukup sulit ditebak, tidak seperti umur manusia. Seseorang bisa mengetahui umur kucing ketika mengetahui kapan kucing dilahirkan. 

Namun, bagi Mama yang mengadopsi kucing, umur kucing bisa diperkirakan dengan memeriksa beberapa bagian tubuhnya. Umur kucing perlu diketahui untuk memastikan kondisi kesehatan dan cara perawatannya.

Perbandingan Umur Kucing dan Umur Manusia

Perbandingan Umur Kucing Umur Manusia
Unsplash/Dimhou

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengetahui umur kucing, Mama sebaiknya memahami terlebih dahulu perbedaan umur kucing dan manusia. Dilansir dari laman The Spruce Pets, berikut perbandingan umur kucing dan umur manusia:

  • Kucing berumur satu bulan: manusia berumur satu tahun
  • Kucing berumur tiga bulan: manusia berumur empat tahun
  • Kucing berumur enam bulan: manusia berumur 10 tahun
  • Kucing berumur satu tahun: manusia berumur 15 tahun
  • Kucing berumur dua tahun: manusia berumur 24 tahun
  • Kucing berumur tiga tahun: manusia berumur 28 tahun
  • Kucing berumur lima tahun: manusia berumur 36 tahun
  • Kucing berumur 10 tahun: manusia berumur 56 tahun
  • Kucing berumur 15 tahun: manusia berumur 76 tahun
  • Kucing berumur 20 tahun: manusia berumur 96 tahun

Di bawah ini, Popmama.com juga telah merangkum cara mengetahui umur kucing berdasarkan empat indikator. Yuk, disimak sebagai sebuah pengetahuan baru!

Editors' Picks

1. Gigi

1. Gigi
Unsplash/Zeketucker

Mama bisa memperkirakan umur kucing dengan melihat pertumbuhan giginya. Gigi susu kucing akan muncul di umur 2-4 minggu. Kemudian, gigi permanen kucing akan tumbuh di usia 3-4 bulan. Gigi permanen akan menggantikan gigi susu yang biasa disebut gigi sulung. 

Sementara itu, gigi dewasa akan tumbuh ketika kucing berumur enam bulan. Untuk kucing dewasa, Mama bisa memperkirakan umurnya dari jumlah noda atau karang gigi. Gigi kucing yang menguning menandakan kucing telah dewasa atau berumur lebih dari lima tahun. 

2. Tanda-tanda pubertas

2. Tanda-tanda pubertas
Unsplash/Vitoguia

Tanda-tanda pubertas hanya bisa digunakan untuk memperkirakan umur kucing betina. Sebab, kucing betina lebih mudah menunjukkan siklus berahi dibanding kucing jantan. 

Kucing betina akan mengalami berahi antara usia 5-12 bulan. Siklus berahi akan ditandai dengan peningkatan nafsu makan, kucing suka mengeong dengan keras, vagina kucing terlihat kemerahan dan sedikit bengkak.

Setelah melewati siklus berahi, maka kucing betina biasanya akan hamil dan melahirkan anak pertama pada usia tujuh bulan. 

3. Bulu

3. Bulu
Unsplash/Filmlav

Indikator selanjutnya untuk memperkirakan umur kucing, salah satunya melalui bulu. Anak kucing biasanya memiliki tekstur bulu yang lembut, sedangkan kucing dewasa akan memiliki bulu yang lebih tebal dan kasar. 

Sama seperti manusia, bulu kucing juga bisa berubah warna seiring bertambahnya usia. Mama tetap perlu membawa kucing ke dokter hewan, sebab bulu kucing tidak bisa menebak umur kucing secara akurat. 

4. Mata

4. Mata
Unsplash/Sandym10

Terakhir, Mama bisa memperkirakan umur kucing dengan mengamati matanya. Kucing yang berusia di bawah satu tahun umumnya memiliki mata yang jernih dan cerah. Seiring bertambahnya usia, mata kucing bisa berubah lebih keruh atau muncul tanda-tanda katarak. 

Selain itu, kucing muda biasanya memiliki iris mata yang bersih dan halus. Sedangkan kucing dewasa memiliki iris mata yang lebih tipis, sehingga urat dan pigmennya mulai terlihat. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkirakan umur kucing. Cara di atas hanyalah sebuah prediksi, Mama tetap perlu mendatangi dokter hewan guna memperoleh angka yang akurat mengenai umur kucing. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.