7 Ciri-Ciri Kucing Hamil yang Paling Mudah Diamati

Perlu diketahui kalau masa kehamilan kucing ialah 64-66 hari

18 Mei 2022

7 Ciri-Ciri Kucing Hamil Paling Mudah Diamati
Pexels/85162506

Kucing adalah hewan peliharaan yang unik. Pasalnya, kucing memiliki siklus kawin dalam setahun dan selalu menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka sudah siap untuk dikawinkan. 

Kucing betina yang belum disteril atau dikebiri akan lebih mudah hamil setelah kawin dengan kucing jantan. Kucing yang sedang hamil akan menunjukkan sejumlah perubahan, baik perubahan fisik maupun kepribadian dari biasanya. 

Perubahan tersebut bisa diamati dengan mudah secara kasat mata. Adapun, masa kehamilan kucing ialah 64-66 hari. Bagi Mama yang baru memelihara kucing, maka mungkin bingung cara membedakan kucing yang sedang hamil atau justru bertambah berat badan saja. 

Nah, untuk membantu Mama membedakannya, kali ini Popmama.com merangkum beberapa ciri-ciri kucing hamil yang bisa diamati secara kasat mata. 

1. Siklus berahi berhenti

1. Siklus berahi berhenti
Pexels/Th-rios-rj

Kucing yang sedang hamil tentunya akan berhenti berahi. Kucing akan masuk siklus berahi setiap 10 hari hingga dua minggu.

Ketika kucing betina tiba-tiba berhenti dan tidak ingin bertemu kucing jantan lagi, maka kemungkinan dia sedang hamil. Kemungkinan tersebut bisa semakin diperkuat setelah kucing berhasil kawin dengan salah satu kucing jantan. 

2. Mengalami perubahan puting

2. Mengalami perubahan puting
Pexels/Isabelacatao

Ciri-ciri lainnya dari kucing hamil ialah kucing mengalami perubahan warna puting susu. Puting susu kucing betina akan membengkak dan berubah warna menjadi lebih cerah. 

Ciri-ciri ini sangat mudah diamati karena puting susu kucing betina umumnya tidak membengkak ketika mereka tidak hamil. Puting susu sebagian kucing bahkan berubah menjadi merah muda ketika perutnya semakin membesar. 

Editors' Picks

3. Berat badan bertambah

3. Berat badan bertambah
Pexels/Liiz-lauren-1472737

Ciri-ciri selanjutnya tentu saja berat badan kucing yang bertambah. Ciri-ciri ini umumnya membingungkan bagi sebagian orang karena pertambahan berat badan sering diasumsikan disebabkan oleh peningkatan nafsu makan. 

Namun, berat badan kucing betina terus bertambah setiap minggu dibarengi munculnya ciri-ciri kehamilan, maka bisa dipastikan kucing mama sedang hamil. Pertambahan berat badan kucing yang sedang hamil juga berjalan beriringan dengan peningkatan nafsu makan. 

Sebab, kucing yang sedang hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk janin di dalam kandungannya. 

4. Mulai muntah-muntah

4. Mulai muntah-muntah
Pexels/Dhayaeddart

Sama seperti manusia, kucing betina yang sedang hamil juga mengalami mual dan muntah. Mama tidak perlu khawatir apabila kucing menunjukkan ciri-ciri tersebut.

Mual dan muntah adalah kondisi yang normal pada kucing hamil. Apabila muntah berlanjut dalam beberapa minggu, maka Mama perlu membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

5. Perut membesar

5. Perut membesar
Pexels/Monstera

Perut kucing yang sedang hamil tentunya akan semakin membesar dibarengi dengan penambahan berat badan. Perut kucing hamil akan mulai terlihat membesar ketika memasuki minggu kelima kehamilan. 

Perut kucing akan terus membesar sampai waktu melahirkan. Perut yang membesar tersebut terkadang membuat kucing malas untuk beraktivitas. Kucing akan memilih diam di kandang atau tempat-tempat tertentu yang membuat mereka merasa nyaman. 

6. Lebih sering tidur

6. Lebih sering tidur
Pexels/Helen1

Seperti disinggung sebelumnya, kucing yang sedang hamil akan lebih malas dibanding hari biasanya. Kucing akan menghabiskan lebih banyak waktu di kandang untuk sekadar berbaring atau bahkan tidur lebih lama. 

Kucing yang merasakan mual membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur. Mereka bisa tidur lebih lama dalam sehari dibanding sebelum hamil. 

7. Suka mencari perhatian

7. Suka mencari perhatian
Pexels/Wanchai-thiantanawat-217589

Terakhir, kucing yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak perhatian dari Mama. Kucing membutuhkan kenyamanan untuk membuat suasana hatinya lebih baik. 

Kucing akan senang berada di pangkuan mama atau sekedar mendapatkan belaian dari Mama. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan perhatian lebih kepada kucing yang sedang hamil. 

Nah Ma, itulah tujuh ciri-ciri kucing hamil yang mudah diamati secara kasat mata. Untuk memeriksakan kehamilannya, pastikan untuk membawa kucing ke dokter hewan agar kucing mendapatkan perawatan terbaik hingga waktu melahirkan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk