8 Cara Mudah Membersihkan Dinding Lembap dan Berjamur

Jamur bisa merusak dinding dan perabot rumah apabila dibiarkan begitu saja

9 Juni 2021

8 Cara Mudah Membersihkan Dinding Lembap Berjamur
truevalue.com

Apakah di rumah Mama terdapat permukaan dinding yang retak? Sebaiknya hal ini harus segera diatasi. Sebab, air dan udara akan mengendap pada celah-celahnya. Akibatnya dinding jadi lembap dan berjamur. 

Selain membuat tampilan rumah jadi terlihat kotor dan jorok, dinding yang lembap dan berjamur juga bisa membahayakan kesehatan keluarga, lho!

Untuk mengatasinya, pertama Mama perlu mengontrol kelembapan ruangan agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Kemudian, bersihkan area yang ditumbuhi jamur tersebut.

Nah Ma, penasaran bagaimana cara membersihkan dinding yang lembap dan berjamur? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Yuk, disimak!

1. Menilai kerusakan yang disebabkan oleh jamur

1. Menilai kerusakan disebabkan oleh jamur
healthline.com

Sebelumnya, periksa dulu kondisi dinding yang ditumbuhi jamur. Area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti dapur dan kamar mandi biasanya jadi tempat yang disukai jamur.

Jamur yang tumbuh membandel di dinding biasanya berwarna hitam dan kebiruan. Namun, jika kondisi dinding masih kokoh secara struktural, Mama bisa menghilangkan jamur yang menutupi permukaan dinding dengan pembersih dan menggosoknya.

2. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membersihkan dinding berjamur

2. Bahan-bahan diperlukan membersihkan dinding berjamur
Freepik

Barang-barang yang diperlukan antara lain, air bersih, cuka masak, botol semprotan, cat waterproof, cat finishing yang sesuai dengan warna asli dinding rumah.

Sementara itu, alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan dinding antara lain, kuas, kuas rol, tempat cat, amplas halus dan kasar, pengeruk dinding (scraper), semen putih serta sarung tangan. 

3. Siapkan area untuk membersihkan dinding berjamur

3. Siapkan area membersihkan dinding berjamur
Freepik/freepik

Dalam proses pembersihan dan pengecatan ulang, maka Mama akan perlu menggunakan berbagai bahan. Sebaiknya, lindungi permukaan lantai di sekitarnya dari segala jenis tumpahan yang dapat menyebabkan kerusakan. 

Tutupi lantai dengan kain lap, plastik atau koran-koran bekas. Rekatkan pada lantai agar tidak bergerak.

Editors' Picks

4. Campur bahan-bahan pembersih

4. Campur bahan-bahan pembersih
Pixabay/evita-ochel

Larutan cuka berfungsi untuk menghilangkan jamur pada dinding. Pertama-tama, masukkan air dan cuka ke dalam botol semprotan lalu kocok botol agar keduanya tercampur dengan merata. 

Gunakan perbandingan 1:1 untuk dinding dengan jumlah jamur yang banyak dan 5:1 untuk jumlah yang tidak terlalu banyak. 

5. Bersihkan jamur yang tumbuh di dinding

5. Bersihkan jamur tumbuh dinding
Freepik/gpointstudio

Sebelum memulai proses pembersihan, gunakan sarung tangan karet atau plastik. Semprotkan larutan air cuka pada bagian dinding lembap dan berjamur secara menyeluruh dan biarkan permukaannya mengelupas.

6. Kerok permukaan dinding dengan scraper

6. Kerok permukaan dinding scraper
asianpaints.co.id

Langkah selanjutnya, kerok seluruh permukaan dinding yang mengelupas dengan menggunakan scraper. Jangan kaget saat Mama menemukan permukaan dinding tampak berlubang dan kasar.

7. Lanjutkan dengan proses pengamplasan dan penambalan dinding 

7. Lanjutkan proses pengamplasan penambalan dinding 
mymove.com

Setelah dinding dikerok, lanjutkan dengan proses menghaluskan permukaan dinding menggunakan amplas. Gunakan bagian amplas dengan permukaan kasar. Lakukan secara merata.

Usai diamplas, tambal dinding yang berlubang dengan semen putih secara merata lalu biarkan mengering. Semen putih sengaja digunakan karena memiliki sifatnya yang bisa kering dengan cepat.

Setelah dinding mengering, lakukan pengamplasan kembali dengan bagian permukaan amplas yang halus.

8. Melakukan pengecatan dinding

8. Melakukan pengecatan dinding
Freepik/bearfotos

Langkah terakhir yang bisa dilakukan, yakni proses pengecatan dinding. Gunakan cat waterproof sebagai lapisan dasar. Fungsinya untuk mencegah rembes dan kebocoran. Air yang terserap ke tembok akan membuat lembap dan akhirnya dinding bisa kembali ditumbuhi jamur.

Setelah cat mulai kering, lapisi kembali dinding dengan cat yang sesuai dengan warna dinding sebelumnya. Kemudian, dinding rumah pun akan terlihat seperti baru lagi.

Nah Ma, itulah cara mudah membersihkan dinding lembap dan berjamur. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.