7 Keuntungan Penggunaan Panel Surya di Rumah, Anti Mati Listrik

Panel surya menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan untuk rumah

15 Juni 2022

7 Keuntungan Penggunaan Panel Surya Rumah, Anti Mati Listrik
Pexels/Centre for Ageing Better

Energi surya menjadi alternatif tenaga pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Dengan adanya teknologi panel surya saat ini, setiap individu menjadi semakin mudah untuk menerapkan tenaga surya pada rumah secara mandiri.

Kemudahan ini juga didukung dengan meningkatnya jumlah perusahaan penyedia teknologi dan jasa pemasangan panel surya di rumah. Biasanya, panel surya ini membutuhkan dana sekitar Rp20-30 jutaan. Harga yang ditetapkan bergantung pada besarnya tenaga listrik yang bisa dihasilkan.

Meski harga untuk menerapkan panel surya di rumah relatif mahal, namun harga yang dikeluarkan ini terbilang sepadan dengan beragam keuntungan penggunaan panel surya di rumah. Lantas, apa saja keuntungan dari menerapkan panel surya untuk tenaga listrik di rumah, ya?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa keuntungan penggunaan panel surya di rumah.

Yuk Ma, disimak!

1. Lebih hemat biaya listrik bulanan

1. Lebih hemat biaya listrik bulanan
Pexels/Vivint Solar

Keuntungan dari penggunaan panel surya di rumah yang paling bisa dirasakan ialah lebih hemat tagihan listrik bulanan. Panel surya bisa menghasilkan energi sendiri dengan mengubah sinar atau cahaya matahari menjadi energi listrik.

Sinar matahari pun merupakan energi yang terbarukan, sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya listrik per bulan. Dengan menggunakan panel surya, Mama bisa bebas dari kebergantungan listrik PLN di rumah.

2. Tempat pemasangannya fleksibel

2. Tempat pemasangan fleksibel
Pexels/Kendel Media

Panel surya memiliki fleksibilitas soal tempat pemasangannya. Selain bisa dipasang di mana saja, panel surya bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Mama tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu berubah pikiran terhadap tempat pemasangan panel surya.

Selain itu, panel surya juga dapat diterapkan secara sentralisasi, di mana energi listrik tersebut bisa disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Bahkan panel surya dapat diterapkan secara desentralisasi. Ini artinya setiap sistem bekerja secara individiual dan tidak memerlukan jaringan distribusi.

Editors' Picks

3. Bisa digunakan untuk hal-hal lain

3. Bisa digunakan hal-hal lain
Pexels/Pixabay

Tidak hanya menghasilkan energi listrik, panel surya juga bisa menghasilkan panas yang disebut dengan solar thermal. Solar thermal dalam skala kecil ini biasa digunakan untuk keperluan rumah.

Secara umum, alat ini mampu berfungsi sebagai penghangat ruangan, pemanas air di kamar mandi, sampai penghangat air kolam renang.

4. Anti terhadap pemadaman listrik

4. Anti terhadap pemadaman listrik
Pexels/Kelly L

Sampai saat ini, masih banyak orang yang berpikir bahwa energi dari panel surya hanya berfungsi saat siang hari dan cuaca sedang panas. Padahal, energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya ini juga bisa digunakan saat malam hari.

Ini terjadi karena daya listrik dari sinar matahari sudah tersimpan di dalam baterai, bahkan bisa membuat listrik rumah tetap nyala meskipun ada pemadaman listrik di area rumah.

Namun, tentunya hal ini juga bergantung dengan ketersediaan cadangan baterai yang terpasang di panel surya.

5. Awet dan minim biaya pemeliharaan

5. Awet minim biaya pemeliharaan
Pexels/Pixabay

Perawatan panel surya bisa dibilang mudah dan tak berlebihan. Mama hanya perlu membersihkan permukaan panel surya dengan pembersih khusus secara berkala. Pastikan juga agar tidak ada debu yang menempel di panel surya.

Apabila panel surya dirawat dan dijaga dengan baik, maka dia bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pada umumnya, panel surya memiliki masa pakai hingga puluhan tahun.

6. Kontribusi aksi ramah lingkungan

6. Kontribusi aksi ramah lingkungan
Pexels/Kelly L

Dengan menggunakan panel surya, Mama berarti sudah memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Pasalnya, panel surya ini merupakan teknologi yang lebih ramah lingkungan daripada listrik. Bahkan lebih ramah lingkungan dari penyedia energi listrik yang berasal dari pembakaran batu bara, energi tak terbarukan.

Pembakaran batu bara tersebut yang tergolong tidak ramah lingkungan. Dampak buruknya bisa menyebabkan suhu bumi semakin panas akibat global warming.

7. Memicu inovasi teknologi lainnya

7. Memicu inovasi teknologi lainnya
Pexels/Pixabay

Panel surya merupakan inovasi teknologi yang masih terbilang baru. Teknologi ini menjadi cita-cita industri tenaga surya untuk terus menciptakan inovasi baru.

Inovasi ini tentu berperan penting dalam kehidupan manusia karena kemudahan, efektivitas, serta keuntungan lain yang dijanjikannya.

Itulah beberapa keuntungan penggunaan panel surya di rumah. Apakah Mama sudah mempunyai rencana untuk beralih ke tenaga surya untuk pembangkit listrik di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk