Biar Rekening Listrik Nggak Bengkak, Ini Cara Pilih AC Hemat Energi

Jangan salah pilih, ukuran atau jenis

26 Februari 2021

Biar Rekening Listrik Nggak Bengkak, Ini Cara Pilih AC Hemat Energi
Freepik/lifeforstock

Mungkin tidak ada penemuan modern yang lebih penting untuk kehidupan yang nyaman selain Air Conditionor (AC), khususnya di cuaca panas.

Penggunaan AC secara terus menerus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tagihan listrik yang membengkak. Menurut publikasi Administrasi Informasi Energi di Amerika Serikat (EIA), AC menyumbang sekitar 17% dari pengeluaran listrik rumah, dengan angka yang meningkat menjadi 27% untuk daerah yang lembab.

Apalagi saat cuaca panas, konsumsi daya AC bisa menjadi sangat besar dan tidak dapat diprediksi. Kamu pasti pusing melihat rekening listrik.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kamu membeli AC. Salah satunya, harus hemat energi. Popmama.commerangkumnya hanya untuk kamu!

1. Perhatikan ukurannya

1. Perhatikan ukurannya
Freepik

Ukuran AC yang tepat untuk ruangan kamu. Ukuran penting saat memilih AC. Unit yang terlalu besar akan mendinginkan udara tetapi membuatnya lembap dan lembap.

Unit yang terlalu kecil harus bekerja lembur untuk mempertahankan suhu yang disetel, meningkatkan tagihan energi.

Ukuran AC mungkin satu-satunya faktor terpenting untuk dipertimbangkan.

2. Lalu, cari tahu fitur dari merek AC nya

2. Lalu, cari tahu fitur dari merek AC nya
Freepik/Ruslan-ivantsov

Fitur AC juga harus dipertimbangkan, termasuk setelan suhu yang dapat diprogram. Saat ini, bahkan unit jendela dasar dilengkapi dengan tampilan digital sehingga kamu dapat menyetel suhu yang tepat dan bahkan menjadwalkan AC untuk mati secara otomatis saat kamu keluar ruangan.

Lalu, bisa menyala lagi setelah kamu pulang atau memasuki ruangan. Sistem udara sentral seringkali lebih fleksibel.

Fitur lain yang harus diperhatikan pada AC terbaik adalah pengaturan hemat energi, yang berarti bahwa unit tidak hanya akan mematikan kompresor tetapi juga kipas setelah ruangan kamu mendingin, sehingga menghemat energi 

Editors' Picks

3. Pilihlah merek AC yang hemat energi

3. Pilihlah merek AC hemat energi
Freepik/Naypong

Untuk amannya, kamu mungkin harus mengganti AC lama dengan pendingin ruangan yang lebih hemat energi. AC jenis ini telah terbukti bisa mengurangi konsumsi daya AC lebih jauh dibandingkan yang biasa.

Misalnya, AC dengan sistem Variable Refrigerant Flow (VRF). Kini, banyak rumah dan bisnis yang menggunakannya. Selain mendapatkan kenyamanan juga efisiensi energi yang lebih baik.

Sebagian besar sistem AC bekerja dengan daya penuh sepanjang waktu. Sistem VRF disesuaikan pada kapasitas yang dibutuhkan untuk kondisi saat ini.

Selain itu, dapat diatur untuk mengontrol zona yang berbeda di ruangan kamu, dan bahkan menggunakan kembali sisa panas dari proses pendinginan untuk menyediakan panas di area lain. Desain cerdas ini berarti sistemnya menggunakan lebih sedikit energi.

4. Pilih tipe AC yang sesuai dengan suhu cuaca di rumah kamu

4. Pilih tipe AC sesuai suhu cuaca rumah kamu
Freepik/tascha1

Jenis AC yang berbeda lebih cocok untuk ruang hidup yang berbeda. Misalnya, jika kamu tinggal di daerah yang mengalami panas yang hebat selama hampir sepanjang tahun, kamu harus memilih AC split.

Jika kamu tinggal di wilayah sejuk atau dingin, pertimbangkan untuk memilih AC Windows atau AC portabel.
 

AC Central Dianggap Sangat Baik dalam Mendorong Udara

AC Central Dianggap Sangat Baik dalam Mendorong Udara
parenting.firstcry.com

Untuk AC sentral, biasanya kamu dapat memilih antara sistem AC split atau paket. Unit ini mendorong udara melalui saluran udara rumah kamu (jika ada), dan lebih disukai untuk rumah yang panasnya hampir sepanjang tahun.

AC Split Punya Keunggulan yang Bisa Disesuaikan dengan Rumahmu

AC Split Pu Keunggulan Bisa Disesuaikan Rumahmu
libertyairac.com

Unit AC split biasanya terdiri dari dua bagian, kompresor eksterior dan sejenis sistem kipas interior.

Komponen yang lebih keras keluar, di mana kebisingan dan panas tidak akan terlalu mengganggu, dan udara dingin didorong ke sekitar bagian dalam rumah melalui saluran.

Sistem AC Compact Direkomendasikan karena Lebih Terjangkau

Sistem AC Compact Direkomendasikan karena Lebih Terjangkau
Freepik/Awaygy

Sistem AC jenis ini memiliki daya dengan udara sentral, sering kali dipasang sebagai bagian dari sistem pemanas dan AC ganda (HVAC).

Jika tempat tinggal kamu sudah memiliki pemanas udara, AC dalam kemasan atau sentral akan menjadi pilihan yang paling efisien dan (relatif) paling murah.

Jadi, kamu jangan bingung lagi untuk membeli AC. Usahakan yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan luas ruangan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.