7 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Tetap Indah

Tanaman ini bisa jadi hiasan di dalam rumah, Ma!

8 Desember 2021

7 Tanaman Hias Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Tetap Indah
Pexels/Valeria Ushakova

Mendekor rumah dengan ragam tanaman hias menjadi salah satu cara untuk mempercantik sekaligus memberikan rasa segar serta asri. Untuk menghias dengan ragam tanaman, tidak selalu harus menggunakan tanah lho. 

Ada beberapa jenis tanaman hias yang tetap bisa hidup dan tumbuh dengan baik tanpa media tanah sekalipun. 

Tanaman seperti ini akan sangat cocok menjadi hiasan di dalam rumah. Selain lebih menarik secara visual, juga membuat suasana rumah menjadi lebih segar,

Kira-kira apa saja tanaman hias yang bisa ditanam dan tumbuh tanpa tanah? Berikut Popmama.com telah merangkum daftarnya.

Yuk Ma, disimak dan coba tanam di rumah!

1. Bambu hoki

1. Bambu hoki
Youtube.com/Barakah Plants

Sesuai dengan namanya, bambu hoki menjadi salah satu tanaman hias yang dapat memberikan keberuntungan dan mudah dalam hal perawatan.

Jika ingin bambu hoki tumbuh dengan baik, kamu bisa menggunakan media tanam dengan campuran sedikit pasir, gambut serta tanah.

Namun jika tidak ingin membeli tanah sama sekali, kamu bisa menggunakan media tanam berupa kerikil yang dicampur dengan air.

Lebih mudah dan hemat, bukan?

2. Lidah buaya

2. Lidah buaya
Pexels/Cecilia O

Tanaman hias yang satu ini memang sudah tidak asing bagi para pecinta tanaman. Lidah buaya ternyata juga dapat tumbuh dengan baik tanpa media tanah nih, Ma.

Agar lidah buaya dapat tumbuh dengan baik, caranya cukup dengan menanam di dalam vas bunga menggunakan media kerikil dan air secukupnya.

Disiramnya pun hanya perlu sesekali saja. Cukup minim perawatan, bukan?

Editors' Picks

3. Bunga anggrek

3. Bunga anggrek
Unsplash/materod

Bunga anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang dapat mempercantik rumah dan bisa juga tumbuh tanpa media tanah, melainkan dengan media tanam yang terbuat dari pecahan batu bata, genteng, dan serutan kayu.

Media tanam tersebut menjadi penyangga akar bunga anggrek, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan tetap indah.

Mama hanya tinggal memilih jenis warna anggrek sesuai dengan favorit keluarga di rumah. 

4. Kaktus

4. Kaktus
Unsplash/lum3n

Sudah bukan hal baru bahwa kaktus menjadi tanaman hias yang cukup minim perawatan, namun tetap mempercantik tampilan rumah.

Tanaman hias ini menyediakan ragam pilihan bentuk yang menarik. Tak hanya itu, kaktus juga tidak memerlukan tanah sebagai media tanam, melainkan dapat tumbuh dengan baik menggunakan media pasir.

Selain itu, kaktus juga tidak perlu sering-sering disiram kok. Sebab tanaman yang tumbuh dengan baik di padang pasir ini dapat menyimpan air dalam waktu yang cukup lama.

Tak heran jika kaktus menjadi tanaman yang minim dalam perawatan.

5. Sri rezeki

5. Sri rezeki
Shopee.co.id

Tak hanya menggunakan tanah, tanaman sri rezeki juga dapat tumbuh dengan baik mengguunakan media air, Ma.

Caranya pun cukup mudah, yakni letakan sri rezeki ke dalam vas bunga dengan media tanam air dan dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, agar menambah kesan indah pada dekorasi rumah, kamu bisa menggunakan vas bening agar tanaman sri rezeki yang ditanam dapat terlihat lebih cantik.

Kamu pilih mana, menggunakan tanah atau tidak?

6. Tillandsia

6. Tillandsia
Airplantshop.com

Tillandsia atau tanaman udara menjadi salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Sesuai dengan namanya, tanaman ini tumbuh dengan bantuan udara.

Jadi bisa disesuaikan dengan keperluan di rumah, baik ditempatkan di dalam vas sebagai hiasan dalam rumah atau digantung di pekarangan.

Meski hanya membutuhkan udara sebagai media tanam, tetapi tanaman udara juga butuh air dan sinar matahari. Cukup ditempatkan di area yang tidak langsung terpapar sinar matahari, tanaman ini pun dapat tumbuh dengan baik.

Nah, jika penampilan tanaman ini mulai terlihat berubah warna kecokelatan dan keriting, maka bisa langsung disiram atau direndam ke dalam air agar penampilannya dapat kembali seperti semula.

7. Bromeliad

7. Bromeliad
Youtube.com/Donna Joshi

Bromeliad termasuk ke dalam tanaman tropis yang dapat tumbuh meski hanya dengan sedikit tanah sekalipun. 

Bromeliad juga menjadi tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh maupun terang sekalipun.

Tak hanya itu, perawatannya yang mudah dan penampilan bromeliad yang penuh dengan warna membuatnya menjadi salah satu tanaman hias yang sering dijadikan hadiah untuk orang terkasih.

Itulah beberapa tanaman yang bisa tumbuh atau ditanam tanpa media tanah. Semoga dapat menjadi referensi bagi Mama yang tengah mencari tanaman hias ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.