Awet dan Murah, Ini 12 Rekomendasi Kulkas ASI Beserta Harganya

Jangan sampai salah pilih kulkas untuk menyimpan ASI agar kualitasnya tetap terjaga

2 Agustus 2021

Awet Murah, Ini 12 Rekomendasi Kulkas ASI Beserta Harganya
Pexels/cottonbro

Rekomendasi kulkas ASI dibutuhkan untuk menyimpan ASI agar lebih awet. Sebab, jika dibiarkan di suhu ruangan ASI akan cepat basi. Oleh karenanya keberadaan lemari pendingin sangat penting untuk menyimpan ASI, apalagi jika Mama juga harus pergi atau bekerja di luar rumah.

Lemari pendingin tidak hanya membuat umur simpan ASI lebih panjang. ASI yang disimpan di kulkas tentu akan membantu nutrisinya selalu terjaga. ASI yang disimpan di lemari es juga bisa dengan mudah diberikan kepada bayi ketika dalam keadaan darurat, termasuk ketika Mama tidak bersama si Kecil.

Berikut Popmama.com rangkum rekomendasi kulkas ASI dan harganya dari yang termurah yang bisa Mama beli. 

1. Aqua AQF-S4

1. Aqua AQF-S4
Blibli.com

Rekomendasi kulkas ASI beserta harganya yang bisa dipilih dari Aqua AQF-S4. Berbeda dengan kulkas mini, lemari pendingin ini punya ukuran lebih besar. Dengan begitu, daya tampungnya pun lebih banyak.

Kulkas ini dirancang untuk menampung ASI perah dalam jumlah besar. Tak main-main, kulkas ini punya rak susun berjumlah 4 buah yang bisa menampung hingga 200 kantong ASI lho.

Mama bisa membeli kulkas ASI ini dengan harga Rp 2,3 jutaan.

2. Aqua AQR-D50F

2. Aqua AQR-D50F
Bhinneka.com

Rekomendasi kulkas ASI beserta harganya yang bisa dibeli, yakni Aqua AQR-D50F. Keunggulan utama dari kulkas ini adalah hemat listrik. Dengan begitu, bisa jadi pilihan hemat agar tagihan di rumah tidak membengkak.

Konsumsi daya sebesar 50 watt saja, tetapi bisa bekerja dengan baik berkat bantuan desain dan fitur yang mendukung full insulation. Fitur tersebut mampu menjaga kulkas tertutup dengan rapat agar proses pendinginan dapat bekerja secara maksimal. 

Kulkas ini Mampu menjaga kondisi ASI yang disimpan tetap segar. Dengan harga hanya Rp 1,4 jutaan saja, Mama sudah bisa mendapatkan kulkas mini untuk menyimpan ASI di rumah.

3. Changhong CBC 50

3. Changhong CBC 50
Shopee.co.id

Produk elektronik asal Tiongkok ini sudah dikenal memiliki kualita yang baik di pasar Indonesia. Kulkas Changhong ini memiliki desain yang elegan dengan warna hitamnya. Kulkas ini bisa dibeli dengan harga Rp 1,2 juta saja. 

Kulkas Changhong dilengkapi dengan gagang yang ergonomis yang terbuat dari stainless steel. Berkapasitas total 50 liter, bagian rak di dalam kulkas ini menggunakan tempered glass yang kuat untuk menahan beban makanan dan minuman.

4. GEA Mini Portabel RS-06DR

4. GEA Mini Portabel RS-06DR
Blibli.com

Kulkas mini untuk ASI memiliki desain minimalis yang elegan bisa menjadi pilihan tersendiri. 

Dengan teknologi yang modern, GEA Mini Portabel RS-06DR bisa menjadi kulkas alternatif untuk menyimpan ASI agar lebih tahan lama. Mama bisa membeli kulkas ini dengan harga Rp 1,1 juta saja. 

Gagang pintu berbahan stainless steel yang dilengkapi kunci membuat simpanan ASI tetap aman dan terjaga kualitasnya. Kapasitasnya yang cukup besar yakni 47 liter cukup untuk menyimpan ASI untuk belasan botol atau kantung.

Dengan mesin pendingin berteknologi non-CFC, sehingga lebih ramah lingkungan.

5. Modena MD 10W Chest Freezer

5. Modena MD 10W Chest Freezer
Bhinneka.com

Modena MD 10W Chest Freezer konon bisa menyimpan ASI dalam waktu yang cukup lama sampai berminggu-minggu. Sebab, kulkas ini bisa membekukan ASI tapi kualitasnya tidak berkurang.

Dengan bukaan kulkas dari atas, Modena MD 10W Chest Freezer dilengkapi mesin canggih yang sanggup membuat ASI peras lebih cepat dingin. Kulkas ini juga mampu mendinginkan dengan suhu terendah mencapai -25 derajat celcius.

Dengan merogoh kocek Rp 3,5 juta, maka bisa jadi pilihan yang cocok untuk menyimpan ASI lebih lama. 

Editors' Picks

6. Panasonic NRAK5ED

6. Panasonic NRAK5ED
Bhinneka.com

Kulkas kecil Panasonic NRAK5ED yang sudah dilengkapi dengan double rotation compressor yang bisa menyesuaikan dengan tegangan listrik yang kurang stabil. Teknologi ini bisa membuat kulkas memiliki kemampuan pendingin maksimal menyesuaikan dengan konsumsi daya yang ada. 

Konsumsi daya yang dibutuhkan hanya 65 watt dengan kapasitas total 50 liter. Memiliki rasio operasi 50 persen, yang membuatnya hanya konsumsi listrik dengan total penggunaan 12 jam untuk tetap aktif selama 24 jam penuh. 

Harganya memang cukup mahal yakni Rp 1,8 juta untuk kulkas mini. Namun, kulkas ini jadi jawaban bagi Mama yang ingin tetap menjaga ASI dalam kondisi segar, meski tegangan listrik di rumah naik-turun.

7. Polytron PRH Mini Fridge

7. Polytron PRH Mini Fridge
Shopee.co.id

Polytron PRH Mini Fridge bisa jadi salah satu alternatif kulkas ASI yang Mama pilih. Desainnya yang elegan dan minimalis, kulkas mini ini punya finishing pintu berbahan metal yang dapat merefleksikan desain interior hunian dan membuatnya terkesan jadi indah.

Dengan daya listrik 500 watt saja, kulkas ini punya daya tampung hingga 50 liter. Agar suhu makanan dan minuman di dalam terjaga secara optimal, kulkas ini sudah dibekali fitur perfect door sealed.

Mama bisa membeli kulkas Polytron PRH Mini Fridge dengan harga Rp 1,5 jutaan saja yang bisa digunakan untuk menampung hasil pompaan ASI agar lebih tahan lama.

8. RSA Freezer Box CF100

8. RSA Freezer Box CF100
Selka.id

Ibu bekerja biasanya harus menyimpan stok ASI dalam jumlah yang cukup banyak. Belum lagi jika pekerjaan menuntut di luar rumah seharian, stok ASI pun harus selalu ada untuk diberikan anak di rumah. RSA Freezer Box CF100 mungkin bisa jadi rekomendasi kulkas ASI yang dipilih. 

Umumnya, freezer ini dipakai untuk mendinginkan berbagai makanan dan minuman. Karena bentuknya yang ramping dan kecil, dapat pula dipakai untuk membekukan ASI perah.

Harganya juga cukup terjangkau untuk ukuran freezeryakni hanya Rp 2 jutaan.

9. Samsung Cool Pack

9. Samsung Cool Pack
Shopee.co.id

Samsung Cool Pack adalah kulkas ASI yang dapat dijadikan alternatif terbaik untuk dipilih. Keunggulan utama yang ditawarkan kulkas ini yakni ketahanannya dalam mempertahankan suhu dingin walau mati listrik.

Samsung Cool Pack sanggup bertahan dingin selama 9 sampai 12 jam tanpa daya listrik lho. Sehingga tak perlu khawatir jika ASI perah yang disimpan di dalam freezer akan mencair dan cepat basi.

Mama bisa mendapatkan kulkas ASI ini seharga Rp 3-5 jutaan bergantung toko yang dipilih.

10. Sanken SN-118KEG

10. Sanken SN-118KEG
Sanken.co.id

Hanya mengonsumsi daya 70 watt membuat kulkas mini ini bisa jadi pilihan untuk menyimpan ASI di rumah. Keunggulan produk ini, yaitu memiliki slot freezer berkapasitas 4 liter yang hadir dengan penutup agar menghalau bau yang tidak diinginkan di dalam es batu. 

Kulkas ini sudah dilengkapi dengan fitur 4D Air Flow yang memastikan udara di dalam kulkas dingin secara menyeluruh. Untuk menjaga suhu bahan makanan dan minuman di dalam tetap terjaga baik, kulkas ini juga menggunakan material dinding dengan spesifikasi tebal yang dijuluki dinding HD.

Total kapasitas keseluruhannya sebesar 50 liter. Mama bisa membeli kulkas ASI ini dengan harga Rp 1,3 juta. 

11. Sharp SJ50MBXW

11. Sharp SJ50MBXW
Blibli.com

Kulkas mini untuk menyimpan ASI diperlukan agar ASI tidak tercampur dengan bahan makanan lain yang bisa mengontaminasi. Oleh karenanya, lemari es untuk ASI tidak perlu besar jika produksi ASI Mama juga terbatas.

Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 50 liter, kulkas dari Sharp ini dibekali dengan sistem pendinginan fast freezing non-CF. Kulkas ini mampu mendinginkan bahan makanan dan minuman lebih cepat dan ramah lingkungan, termasuk menjaga ASI dalam kondisi segar dan sehat untuk bayi.

Bagian rak di dalam kulkas ini juga dibuat dari material tempered glass yang mampu menahan bobot makanan, seperti buah, sayur dan lainnya lebih kuat. Mama bisa membeli kulkas ini dengan harga Rp 1,3 juta.

12. Toshiba GR-RD65CC-DMF

12. Toshiba GR-RD65CC-DMF
Shopee.co.id

Kulkas yang dirancang oleh produsen elektronik ternama asal Jepang ini hadir dengan fitur pengaturan tinggi kaki kulkas yang bisa disesuaikan secara manual. Selain itu, keunggulan lain dari kulkas mini ini adalah memiliki kapasitas ruang freezer yang cukup luas.

Kulkas mini ini memiliki kapasitas penyimpanan total sebesar 50 liter dan dilengkapi dengan fitur energy saving yang mampu membuat tagihan listrik lebih efisien. Dengan harga Rp 1,3 jutaan saja, kulkas Toshiba GR-RD65CC-DMFini dengan warna elegan di kelasnya.

Itulah tadi informasi mengenai rekomendasi kulkas ASI beserta harganya yang bisa Mama pilih. Dari harga mulai Rp 1 jutaan, Mama bisa memilih yang paling cocok sesuai kebutuhan.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.