6 Cara Menyimpan Pisang agar Lebih Tahan Lama

Penggemar buah pisang wajib mengetahuinya!

12 Mei 2021

6 Cara Menyimpan Pisang agar Lebih Tahan Lama
Pexels/alleksana

Jika Mama penikmat buah pisang di rumah atau sering membeli untuk kebutuhan asupan nutrisi dan gizi bagi keluarga, maka perlu memahami cara penyimpanan buah ini dengan baik. 

Tak jarang, Mama yang sudah membeli banyak pisang ingin menyimpannya terlebih dahulu. Disimpan untuk dimakan atau diolah di lain waktu memang tergantung selera masing-masing. 

Terkait dengan penyimpanan buah pisang yang tepat agar lebih awet dan tidak mudah busuk, kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya.

Disimak ya, Ma! 

1. Usahakan untuk membeli pisang yang setengah matang

1. Usahakan membeli pisang setengah matang
Pixabay/Alexas_Fotos

Untuk Mama yang ingin menyimpan pisang dalam jangka waktu lama, maka beli pisang yang belum terlalu matang.

Ketika ingin mengetahui kematangan buah pisang, Mama bisa kita lihat dan perhatikan di bagian tengah kulit pisang terlebih dahulu.

Pisang yang setengah matang biasanya berwarna kuning bersih atau kehijauan dengan bagian pinggir yang masih hijau. Ini akan membuat pisang memiliki waktu lebih lama untuk benar-benar matang. 

2. Tidak menyimpan pisang yang terkena matahari secara langsung

2. Tidak menyimpan pisang terkena matahari secara langsung
Pixabay/marker_photography

Pisang yang berkualitas, yakni yang kondisi kulitnya halus dan bersih. Ini artinya pisang tidak memiliki bintik hitam karena kondisi tersebut menandakan sudah terlalu matang.

Selain itu, pisang yang sudah dikupas atau rusak juga akan mempercepat kondisi menjadi busuk karena terkena udara.

Demi menjaga kondisi pisang agar tidak membusuk, sebaiknya jauhkan dari sinar matahari langsung. Simpan saja di dalam ruangan dengan suhu normal agar warna kulit pisang tidak berubah. 

Editors' Picks

3. Bungkus batang pisang dengan plastik bersih

3. Bungkus batang pisang plastik bersih
Pexels/icon0.com

Cara alternatif menyimpan pisang agar lebih awet selanjutnya, yakni dengan membungkus batang pisang dengan plastik bersih.

Hal ini dikarenakan buah pisang mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan pada bagian batang.

Membungkus batang dengan plastik bersih dapat memperlambat pelepasan etilen tersebut. Mama dapat membungkus batang pisang sekaligus secara keseluruhan. Namun, jika ingin memperlambat pelepasan etilen lebih lanjut, ada baiknya untuk bungkus setiap bagian buah saja.

Jadi, jika membeli pisang satu tandan, Mama bisa langsung membungkus batang sekaligus menjadi satu tandan. Mama juga dapat memisahkan pisang dan membungkusnya satu per satu dengan plastik.

4. Pastikan pisang mendapatkan sirkulasi udara

4. Pastikan pisang mendapatkan sirkulasi udara
Pexels/Alexandar Pasaric

Jika Mama memasukkan pisang yang sudah matang ke dalam plastik agar tidak cepat membusuk, maka itu pemikiran yang salah.

Dengan keadaan pisang seperti itu, maka pisang tidak mendapatkan udara sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kondisi pisang bisa menjadi cepat matang dan membusuk.

Pastikan pisang mendapatkan sirkulasi udara ya, Ma. Bisa juga menggantung pisang untuk memudahkannya mendapatkan udara.

5. Simpan dengan cara digantung dan terpisah dari buah lainnya

5. Simpan cara digantung terpisah dari buah lainnya
ripeme.com/shoptinhdau.com/pngriver.com

Cara lainnya, yakni menyimpan buah pisang dengan cara digantung. Ini bisa dilakukan agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

Selain itu, pisang pun bisa mendapatkan sirkulasi udara yang tepat dan memperlambat proses pematangan. 

Menyimpan pisang pun harus terpisah dari buah lainnya, sehingga mencegah terjadi penyebaran gas etilen yang membuat buah pisang cepat matang.

6. Jangan simpan di lemari es

6. Jangan simpan lemari es
Pexels/Andrea Piacquadio

Buah yang disimpan di lemari es akan selalu segar dan tahan lama, namun cara tersebut tidak berlaku pada beberapa buah, termasuk pisang.

Suhu dingin di dalam lemari es akan membuat kondisi pisang melunak dan membusuk. Jadi, alangkah lebih baik untuk menyimpan pisang pada suhu ruangan normal.

Penyimpanan pisang dengan benar dilakukan pada suhu ruangan. Jangan di tempat bersuhu dingin atau langsung terkena sinar matahari. Tujuannya agar pisang bisa melalui proses pematangan yang sempurna dan tidak terlalu cepat matang.

Nah, itu tadi beberapa cara menyimpan pisang tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.