Jarang Diketahui, 8 Tanaman dan Buah Ini Tercatat di Dalam Alquran

Sudah pernah membaca tanaman dan berbagai buah ini di dalam Alquran, Ma?

31 Mei 2021

Jarang Diketahui, 8 Tanaman Buah Ini Tercatat Dalam Alquran
Pixabay/Bru-nO

Jika Mama hobi menanam tanaman di rumah atau memiliki kebun kecil di halaman belakang, mungkin Mama sudah tidak asing dengan berbagai jenis tanaman. 

Ketika membaca Alquran, Mama pun pasti sempat melihat ada beberapa tanaman dan buah di salah satu surat. Beberapa tanaman pun dipercaya bisa mendatangkan rezeki, apalagi karena cerita atau asal usul tanaman tersebut telah diceritakan di dalam Alquran.

Apabila di rumah menanam buah anggur, delima, zaitun hingga pisang perlu dipahami bahwa jenis tanaman tersebut telah tertuliskan dalam Alquran. Mama juga tidak ada salahnya untuk lebih mengetahui hal tersebut lebih jauh, sehingga mendapatkan wawasan yang lebih luas.  

Jika Mama ingin mengetahui tanaman yang dipercaya mendatangkan rezeki dan juga telah tertuliskan dalam Alquran, berikut Popmama.com telah merangkum informasinya. 

1. Buah tin ada di dalam surat At-Tin

1. Buah tin ada dalam surat At-Tin
Pixabay/cegoh

Buah tin menjadi salah satu jenis buah-buahan yang sempat ada ceritanya di dalam surat At-Tin.

“Demi buah tin dan buah zaitun.” (QS. At-Tin ayat 1)

Buah tin yang sudah pernah dibahas dalam surat At-Tin pun memiliki banyak manfaat juga untuk tubuh apabila dikonsumsi. Buah tin dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas sperma laki-laki.

Tak hanya bagian buah saja, daunnya pun mampu menjadi obat bagi para penderita diabetes. Ektrak daun tin memproduksi insulin dan zat anti diabetes yang berguna untuk kesehatan. 

Khasiat lainnya sangat banyak, tak sedikit para pedagang menjual buah tin dengan harga yang mahal. 

2. Buah zaitun disebutkan sebanyak 7 kali di dalam Alquran

2. Buah zaitun disebutkan sebanyak 7 kali dalam Alquran
Freepik

Pernah mendengar dan melihat bentuk buah zaitun belum, Ma? 

Walaupun bentuknya kecil, namun khasiatnya dari buah zaitun tidak main-main. Hal ini dikarenakan buah zaitun bisa melindungi tubuh dari osteoporosis dan kanker.

Buah zaitun juga termasuk ke dalam nama makanan yang disebutkan di dalam Alquran, salah satunya saat disebutkan bersama buah tin. Perlu Mama ketahui bahwa penyebutan buah zaitun sendiri sebanyak 7 kali di dalam Alquran. 

Allah SWT pun telah mengatakan bahwa pohon zaitun merupakan pohon yang diberkahi.

Jangankan buahnya, minyak zaitun saja juga bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta menjaga kelembapan rambut. Ada yang sudah merasakan khasiat dari buah ini? 

3. Anggur menjadi buah kegemaran Rasulullah

3. Anggur menjadi buah kegemaran Rasulullah
Pexels/Luiz M Santos

Wah, kalau buah ini sih tentu sudah tidak asing lagi. Tak jarang, ada banyak orang yang menjadikan anggur sebagai buah favorit mereka. 

Ternyata bukan Mama saja yang mungkin menyukai buah ini, nyatanya buah anggur juga menjadi buah kegemaran Rasulullah lho. Nabi SAW sering mengonsumsi anggur kering maupun berbentuk kismis.

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur, disana kamu memperoleh buah-buahan yang bayak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan.” - (QS. Al-Mu’munun ayat 19).

Buah anggur yang kaya akan campuran polifenol, dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko kanker.

Editors' Picks

4. Buah kurma sering menjadi takjil di bulan Ramadan

4. Buah kurma sering menjadi takjil bulan Ramadan
Pexels/Riki Risnandar

Saat kerabat atau keluarga pulang haji dan umrah, pasti mereka sering menjumpai buah yang asatu ini. Saat bulan puasa pun, buah kurma menjadi incaran tersendiri sebagai salah satu takjil. 

Perlu diketahui bahwa buah kurma memang banyak sekali manfaatnya. Buah kurma ini mengandung banyak sekali zat besi yang mencegah anemia saat memakannya.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masa kepadamu.” - (QS. Maryam ayat 25).

5. Buah delima memberikan banyak manfaat untuk kesehatan

5. Buah delima memberikan banyak manfaat kesehatan
Unsplash/Marco Secchi

Saat mendengar buah delima, pasti Mama akan teringat pada bagian dalam buah yang memiliki banyak biji bukan? Nah, ternyata perjuangan membuka dan memakannya buah delima ini sebanding dengan gizi yang ditawarkan lho.

Buah delima sangat baik dikonsumsi secara rutin bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah kerusakan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan delima di dalamnya memiliki polifenol yang tinggi antioksidan.

“Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima. Di dalam kedua surga itu juga ada buah-buah-buahan kurma dan delima yang lezat dan manis.” - (QS. Ar-Rahman ayat 68)

6. Buah pisang sempat ditulis dalam surat Al-Waqiah ayat 29

6. Buah pisang sempat ditulis dalam surat Al-Waqiah ayat 29
Pexels/Dom J

Siapa di sini yang rajin mengonsumsi pisang setiap hari? Buah yang mudah dijumpai di mana pun ini tertuang dalam surat Al-Waqiah ayat 29.

“Dan pohon pisang yang tersusun-susun (buahnya).” - (QS. Al-Waqiah ayat 29)

Pastinya buah ini akan kaya vitamin dan membantu tulang jadi lebih kuat karena kandungan kaliumnya. Pisang termasuk buah yang punya segudang nutrisi, mulai dari air, gula, vitamin, protein, lemak hingga mineral. 

7. Buah labu bermanfaat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh

7. Buah labu bermanfaat menurunkan tekanan darah dalam tubuh
Kristina Paukshtite

Biasanya buah yang jadi santapan olahan kolak di bulan puasa ini sangat sering ditemui, namun sepertinya kurang populer di berbagai tempat.

Padahal, buah labu bisa bermanfaat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung potassium yang berperan sebagai vasodilator, sehingga memperlebar pembuluh vena dan arteri.

“Kemudian untuk dia, Kami tumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu, dengan kemurahan-Ku, untuk dia Kami tumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu sebagai makanan yang segar, lezat dan bergizi sehingga kekuatan dan kesehatannya berangsur pulih.” - (QS. As-Saffat ayat 146).

8. Kacang adas memiliki historis yang disebutkan dalam Alquran

8. Kacang adas memiliki historis disebutkan dalam Alquran
Freepik/azerbaijan_stockers

Mungkin kacang ini tida begitu populer di Indonesia dibanding jenis kacang-kacangan lainnya, namun kacang ini dikenal sebagai oleh-oleh khas tanah suci.

Kacang Adas ini ternyata dipercaya mendatangkan rezeki juga lho, Ma. Apalagi kacang ini memiliki historis yang disebutkan dalam Alquran.

“…..Kami tidak tahan hanya makan dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan di bumi, seperti sayur-sayuran, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah…” (QS. Al-Baqarah ayat 146)

Manfaat kacang adas, yakni mengatur tekanan darah, mengurangi kadar air berlebih serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, itu tadi beberapa buah dan kacang yang diceritakan dalam Alquran serta beberapa manfaatnya untuk tubuh kita. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.