TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Membersihkan Panci Gosong, Mudah Dilakukan

Permukaan panci yang gosong bisa merusak estetika panci itu sendiri

16 Agustus 2022

7 Cara Membersihkan Panci Gosong, Mudah Dilakukan
Unsplash/Mikbutcher

Mama mungkin sudah sering mendapati panci gosong di dapur. Panci gosong biasanya disebabkan oleh makanan dan lemak yang terbakar di atas panci, sehingga meninggalkan noda gelap. Noda tersebut akan terus terbakar ketika panci terus digunakan, bahkan terkadang menyebabkan bau tak sedap di dapur. 

Sayangnya, permukaan panci yang gosong bisa merusak estetika panci itu sendiri. Selain itu, makanan juga tidak bisa matang sempurna ketika dimasak menggunakan panci gosong. Itulah sebabnya, Mama perlu menjaga dan merawat panci agar tetap bersih. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara membersihkan panci gosong dilansir dari The Kitchen. Cara-cara di bawah ini dijamin mudah dilakukan dan tidak harus menggosok panci dengan kasar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

1. Sabun cuci piring dan air hangat

1. Sabun cuci piring air hangat
Unsplash/Norevisions

Apabila panci mama terbuat dari stainless steel atau enamel, maka Mama hanya perlu menyalakan kompor untuk memanaskannya. Saat panci sudah cukup panas dan mengeluarkan suara mendesis, tuangkan air secukupnya dan rebus air hingga mendidih. 

Mama juga bisa menambahkan beberapa tetas sabun cuci piring. Setelah air mendidih, matikan kompor dan biarkan panci sejenak. Air hangat akan membantu melepaskan kerak gosong di permukaan panci.

Setelah air dingin, gunakan spatula atau spons untuk membersihkan kerak gosong tersebut. 

2. Menggunakan cuka dan spatula kayu

2. Menggunakan cuka spatula kayu
Unsplash/Cookerking

Selain menggunakan air hangat, Mama juga bisa mengganti air dengan cuka. Caranya pun sama yakni tuangkan cuka secukupnya pada panci gosong, lalu diamkan 10-15 menit. 

Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan gosong permukaan panci yang gosong menggunakan sendok kayu atau spatula kayu. Lakukan secara perlahan hingga kerak-kerak yang gosong bisa terangkat. 

Editors' Picks

3. Pakai sabun cuci piring dan garam

3. Pakai sabun cuci piring garam
Unsplash/Anotherleaf

Bumbu dapur lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan panci gosong ialah garam. Mama hanya perlu menuangkan garam secukupnya pada panci gosong, masukkan beberapa tetes sabun cuci piring, dan air hangat. 

Diamkan selama beberapa jam agar kerak yang gosong bisa terangkat. Selanjutnya, gosok secara perlahan menggunakan spatula kayu atau spons hingga kerak gosong terangkat. 

4. Membersihkannya dengan baking soda

4. Membersihkan baking soda
Unsplash/Cookerking

Baking soda nyatanya tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat kue yang lezat, melainkan juga bisa membersihkan panci gosong. Baking soda juga bisa membersihkan kotoran dan noda membandel di pakaian. 

Untuk membersihkan panci gosong, Mama hanya perlu menuangkan baking soda secukupnya, lalu masukkan air hangat. Diamkan beberapa menit, kemudian gosong secara perlahan hingga kerak gosong terangkat. 

5. Memakai krim tartar untuk membersihkan kerak gosong

5. Memakai krim tartar membersihkan kerak gosong
Unsplash/Edgarraw

Bagi Mama yang gemar membuat kue yang lezat, pastinya sudah tidak asing lagi dengan krim tartar. Krim ini ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kerak gosong di permukaan panci. 

Caranya pun mudah, yakni merebus krim tartar dengan air secukupnya. Lalu, masukkan rebusan air tersebut ke panci gosong dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, gosok panci secara perlahan agar permukaannya bersih kembali. 

6. Menggunakan rebusan lemon

6. Menggunakan rebusan lemon
Unsplash/Eggbank

Lemon tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak gosong panci. Pasalnya, kandungan asam pada lemon bisa merontokkan kerak-kerak gosong pada panci tanpa perlu digosok dengan kasar. 

Mama hanya perlu merebus beberapa iris lemon dalam air secukupnya selama 5-10 menit. Kemudian, tuangkan air rebusan lemon tersebut pada panci gosong. Lalu, gosok bagian panci yang gosong menggunakan spatula kayu atau spons. 

7. Gosok dengan alumunium foil

7. Gosok alumunium foil
Unsplash/Kolyakorzh

Terakhir, Mama bisa membersihkan panci gosong menggunakan alumunium foil. Ambil beberapa lembar alumunium foil, lalu hancurkan menjadi beberapa bagian. 

Masukkan potongan alumunium foil tersebut pada panci gosong, kemudian gosok permukaan panci hingga kerak gosong terlepas. Selanjutnya, bilas panci dengan sabun dan air mengalir. 

Nah Ma, itulah beberapa cara membersihkan panci gosong. Bahan-bahannya mudah didapatkan, bukan? Dengan melakukan cara-cara di atas, panci di rumah dijamin bersih dan kinclong kembali. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk