Hemat dan Mudah! Ini Dia Cara Tepat Membersihkan AC Rumah Sendiri

Ikuti 3 langkah mudah berikut ini, ya!

30 Maret 2020

Hemat Mudah Ini Dia Cara Tepat Membersihkan AC Rumah Sendiri
Freepik/Bugphai

Menurut penelitian dari United State Environment Protection Agency (US EPA), polusi dalam ruang bisa 2 hingga 5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruang.

Polusi ini juga menjadi 1 dari 5 besar polusi yang berisiko mengancam kesehatan manusia. Untuk itu diperlukan pembersihan AC secara rutin.

Tak perlu panggil penyedia jasa layanan untuk membersihkan AC, sebenarnya kita sendiri juga bisa melakukannya. Selain hemat, melakukan pembersihan AC sendiri di rumah juga mudah untuk dilakukan.

Nah, secara umum ada 2 proses pembersihan AC, yakni pembersihan untuk unit bagian dalam (indoor), seperti filter dan penutup AC.

Dan pembersihan untuk unit bagian luar (outdoor), mencakup komponen evaporator dan bagian luar lainnya. Pembersihan indoor bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu sekali.

Sedangkan, pembersihan outdoor cukup dilakukan setiap tiga bulan sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum 3 langkah mudah membersihkan AC rumah sendiri.

1. Alat dan bahan yang perlu disiapkan

1. Alat bahan perlu disiapkan
Freepik/dashu83

Sebelum membersihkan AC rumah, sebaiknya siapkanlah peralatan dan bahan-bahan pembersihnya. Untuk itu, inilah yang perlu kamu siapkan:

  • Kuas ukuran sedang atau sikat gigi yang tidak terpakai
  • Obeng + (plus) dan - (min)
  • Selang air, gayung, ember, deterjen pencuci pakaian
  • Lakban untuk menutup saklar listrik yang terbuka
  • Sebelum membersihkan AC indoor dan outdoor, jangan lupa untuk mematikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan AC tersebut.

Editors' Picks

2. Cara membersihkan AC bagian indoor

2. Cara membersihkan AC bagian indoor
Freepik/Naypong

Berikut langkah mudah membersihkan AC rumah bagian dalam:

  • Sebelum membersihkan AC bagian indoor dengan memakai air dan detergen, lepaslah saklar yang menghubungkan sumber listrik terlebih dahulu. Kemudian, tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya, untuk menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut.
  • Buka penutup AC yang dikaitkan dengan 2 baut dengan obeng + (plus). Sebelum membuka baut buka penutup baut terlebih dahulu dengan cara mencongkel dengan obeng – (min). Setelah itu, tarik ke atas perlahan-lahan. Biasanya ada pengunci tanpa baut yang mengangkut ditutupnya.
  • Apabila penutupnya sudah terbuka, lepas kabel atau soket yang menghubungkan swing atau pengarah angin. Selanjutnya tarik swing ke depan perlahan-lahan. Apabila swing sudah terbuka, kamu bisa mulai membersihkan AC tersebut.
  • Bersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin tersebut dengan kuas. Apabila susah dijangkau dengan kuas, pakailah dengan sikat gigi tanpa memakai air terutama roller fan (kipas yang menghasilkan angin berbentuk bulat dan terbuat dari plastik). Untuk membersihkannya kita perlu alat tambahan berupa cutter atau pisau kecil untuk membuang debu yang lengket di roller fan tersebut.
  • Tutup MCB atau mesin pengontrol memakai plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak sebelah kanan kisi pendingin. Karena dari alat itulah semua proses pendinginan, remote control dan lain-lain diletakkan.
  • Mulailah dengan menyiramnya secara perlahan. Apabila sudah bersih, pasang kembali swing fan terlebih dahulu baru penutup luarnya (cover AC).
  • Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalahkan AC, semakin lama semakin baik. Untuk menghidupkannya pertama kali, posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian barulah AC bisa diubah ke posisi yang diinginkan.

3. Cara membersihkan AC bagian outdoor

3. Cara membersihkan AC bagian outdoor
peakpx.com

Setelah AC bagian dalam bersih, lanjutkan proses pembersihan ke AC bagian luar:

  • Pakailah kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil). Pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit. Saat membersihkannya, kamu tidak perlu air dan detergen. 
  • Siapkan ember plastik dan detergen, penuhilah air dan tuangkan detergen secukupnya (setengah genggam tangan orang dewasa).
  • Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastik yang dikait oleh 2 baut (tergantung dari merk AC). Ambil gayung, dan isi air dari bak tadi dengan 1/4 air saja berkali kali, kemudian siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa perlu melepaskan kipasnya. Apabila dianggap mengganggu silakan dilepas tetapi jangan sampai ketinggalan atau ada baut yang hilang karena akan mengurangi kinerja AC. 
  • Siramlah dengan cara mengayunkan tangan agak kuat (pengganti dari mesin penyemprot yang dipakai oleh jasa pembersih AC). Siramlah dari sela-sela fan ke arah depan dan ke arah kiri, jangan menyiram kearah terlalu kana karena boks yang dilindungi oleh plat seng itu adalah mesin kompressor. 
  • Ulangi sampai benar-benar air yang menetes ke bawah menjadi bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama. Proses ini memerlukan air sebanyak 3 kali ember ukuran sedang. 
  • Perlu diingat, untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen agar tidak menimbulkan karat. Apabila sudah bersih, pasang lagi kisi plastik yang melindungi fan (kipas) dan diamkan sampai benar-benar kering sekitar 2 jam.

Nah, itulah ketiga langkah mudah membersihkan AC rumah sendiri.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.