Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mudah Membersihkan Kaca yang Buram

Noda membandel yang tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan kaca menjadi buram lho, Ma

27 November 2022

7 Cara Mudah Membersihkan Kaca Buram
Unsplash/Villxsmil

Kaca merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang mencolok. Artinya, noda sekecil apapun yang menempel di kaca bisa terlihat secara kasat mata. Hadirnya noda dan debu tersebut bisa menyebabkan kaca menjadi buram, sehingga mengganggu ketika sedang bercermin. 

Namun, Mama tak perlu cemas karena kaca yang buram masih bisa dibersihkan menggunakan bahan-bahan rumah tangga. Mama bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut di rumah, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Jadi, bagaimana cara membersihkan kaca yang buram? Simak rangkuman informasinya dari Popmama.com terkait cara membersihkan kaca yang buram dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

1. Menggunakan alkohol

1. Menggunakan alkohol
Unsplash/Andrewxjay

Selain membunuh kuman dan bakteri, alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan noda yang menyebabkan kaca buram. Untuk mengaplikasikannya, Mama hanya perlu menuangkan alkohol secukupnya ke lap kering. 

Selanjutnya, gosokkan lap tersebut ke permukaan kaca yang buram. Apabila sudah merata, segera keringkan kaca dengan lap kering. Pastikan tidak ada noda bekas alkohol di kaca untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Menggunakan pasta gigi

2. Menggunakan pasta gigi
Unsplash/Shali

Perlengkapan rumah tangga selanjutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca ialah pasta gigi. Mama dianjurkan mengoleskan pasta gigi ke kaca menggunakan kain lap yang kering. Pastikan pasta gigi telah dioleskan secara merata di bagian permukaan kaca. 

Diamkan selama beberapa menit hingga pasta gigi mengering. Selanjutnya, bilas kaca menggunakan kain lap setengah basah dan dikeringkan kembali menggunakan lap kering. 

Editors' Picks

3. Kertas koran

3. Kertas koran
Unsplash/Jontyson

Membersihkan kaca dengan kertas koran adalah hal yang paling umum dilakukan. Pasalnya, Mama hanya memerlukan koran bekas dan air untuk mendapatkan kaca yang bersih. 

Pertama, basahi kaca menggunakan air. Lalu, gosong permukaan kaca dengan kertas koran. Untuk diketahui, kertas koran memiliki daya serap air yang baik sehingga mampu mengangkat noda dan debu yang menempel di kaca. Terakhir, lap kaca menggunakan kain kering hingga bersih. 

4. Menggunakan air lemon

4. Menggunakan air lemon
Unsplash/Ariankamichelle

Lemon memang dikenal bermanfaat untuk banyak hal, mulai dari kesehatan hingga membersihkan noda di perlengkapan rumah tangga, termasuk kaca. Lemon dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda yang menyebabkan kaca menjadi buram. 

Mama hanya perlu menuangkan perasan air lemon ke dalam wadah berisi air. Kemudian, oleskan larutan air lemon tersebut ke kaca yang buram menggunakan kapas atau lap. Diamkan beberapa menit dan bersihkan kaca menggunakan lap hingga kering dan bersih. 

5. Menggunakan cuka

5. Menggunakan cuka
Unsplash/Anniespratt

Selain air lemon, Mama juga bisa menggunakan cuka untuk membersihkan kaca yang buram. Pasalnya, kandungan asam pada cuka bisa membantu proses pengangkatan noda, kuman, dan bakteri yang menempel di kaca. 

Caranya pun mudah, yakni mencampurkan beberapa tetes cuka ke dalam air hangat. Selanjutnya, aplikasikan campuran air cuka tersebut ke kaca yang buram. Pastikan seluruh bagian kaca telah diolesi dengan air cuka. Diamkan selama 5-10 menit, lalu lap dengan kain yang bersih dan kering. 

6. Menggunakan kaporit

6. Menggunakan kaporit
Unsplash/Spacejoy

Kaporit umumnya digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri di kolam renang. Tetapi, kaporit ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan noda di kaca. Cara membersihkannya pun mudah, yakni hanya mencampurkan kaporit secukupnya ke air dan aduk rata hingga mengental. 

Selanjutnya, oleskan larutan kaporit dan air tersebut ke permukaan kaca yang buram. Diamkan beberapa menit hingga larutan mengering. Kemudian, bilas kaca hingga bersih dan keringkan menggunakan lap bersih. Ketika mengelap kaca, pastikan tidak ada noda bekas air yang kering yang tersisa. 

7. Cairan pembersih kaca

7. Cairan pembersih kaca
Unsplash/Carolineveronez

Cara membersihkan kaca paling mudah tentu saja menggunakan cairan pembersih kaca. Saat ini, sudah banyak dijual produk pembersih kaca yang ampuh mengangkat noda membandel. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Mama hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih kaca ke kaca yang buram. Lalu, lap kaca dengan kain hingga kering. Apabila kaca masih terlihat buram, maka ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal. 

Itulah tujuh cara sederhana membersihkan kaca yang buram di rumah. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan dan dibeli di pasaran. Selamat mencoba ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk