7 Letak Cermin di Rumah yang Baik menurut Feng Shui

Penempatan cermin yang tepat dapat mendatangkan energi positif di rumah

4 Juli 2022

7 Letak Cermin Rumah Baik menurut Feng Shui
Unsplash/Louishansel

Cermin tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu merias wajah, melainkan juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan di rumah. Meksi begitu, penempatan cermin tidak boleh sembarangan menurut Feng Shui, filosofi kuno asal China. 

Feng Shui tidak hanya dijadikan pedoman untuk dekorasi ruangan atau mengatur tata letak furnitur, tetapi juga bisa diaplikasikan pada penempatan cermin di rumah. Penempatan cermin yang tepat akan mendatangkan energi positif di rumah. Sebaliknya, penempatan yang salah bisa membawa nasib buruk bagi penghuni rumah. 

Nah, agar Mama tidak salah menempatkan cermin di rumah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa letak cermin di rumah yang baik menurut Feng Shui.

1. Tegak lurus dengan pintu masuk

1. Tegak lurus pintu masuk
Unsplash/Camylla93

Pintu masuk merupakan jalan keluar masuk energi positif di rumah. Itulah sebabnya, Mama sebaiknya tidak meletakkan cermin yang berhadapan langsung dengan pintu masuk atau pintu ruang utama.

Sebab, cermin dapat memantulkan dan mengeluarkan kembali energi positif yang bakal masuk ke rumah. 

Mama bisa menempatkan cermin di dinding yang tegak lurus dengan pintu masuk. Penempatan cermin tersebut bisa memaksimalkan cahaya yang masuk dan bisa mempercantik ruangan. 

2. Ruang makan

2. Ruang makan
Unsplash/Spacejoy

Feng Shui merekomendasikan pemasangan cermin di ruang makan. Sebab, keberadaan cermin merepresentasikan kehidupan penghuni rumah yang bisa mengelola kekayaan dengan baik sekaligus membuat ruangan tampak lebih elegan. 

Tak hanya itu, cermin di ruang makan juga dapat memantulkan cahaya lebih banyak ke ruangan serta dipercaya mengundang lebih banyak rezeki dan kekayaan. 

Editors' Picks

3. Sudut kamar tidur

3. Sudut kamar tidur
Unsplash/Sidekix

Cermin berukuran kecil maupun besar bisa ditempatkan di kamar tidur. Namun, hindari meletakkan cermin di atas ranjang atau belakang tubuh.

Sebab, penempatan tersebut bisa menyerap energi positif di kamar yang seharusnya bermanfaat bagi penghuni kamar. Contohnya, kualitas tidur menjadi terganggu atau sering bermimpi buruk. 

Penempatan cermin yang tepat bisa meningkatkan kualitas tidur sekaligus mendatangkan energi positif ke dalam area kamar.

Salah satu penempatan cermin yang direkomendasikan Feng Shui, yakni cermin berukuran besar di sudut kamar tidur. Penempatan tersebut bisa mendatangkan energi positif dan membuat ruangan terlihat lebih luas. 

4. Berseberangan dengan pintu kamar mandi

4. Berseberangan pintu kamar mandi
Unsplash/Philhearing

Jika Mama ingin meletakkan cermin di kamar mandi, maka Feng Shui menyarankan untuk tidak menggantung cermin tepat berhadapan dengan pintu kamar mandi.

Cermin yang menghadap pintu masuk akan membuat ruangan terlihat buruk sekaligus membuat Mama merasa tidak nyaman ketika sedang menggunakan toilet. 

Mama sebaiknya menempatkan cermin berseberangan dengan pintu kamar mandi. Posisi tersebut bisa mendatangkan energi positif dan membuat ruangan terlihat lebih cerah dan bersih.

5. Lorong rumah

5. Lorong rumah
Unsplash/Hika_naks

Lorong rumah menjadi salah satu area penempatan cermin yang baik menurut Feng Shui. Tangga dipercaya bisa mendatangkan energi negatif di rumah. Oleh karena itu, keberadaan cermin bisa menangkal energi negatif tersebut. 

Namun, hindari meletakkan cermin di lorong yang menghadap langsung atau memantulkan tangga. Hal ini justru menggandakan energi negatif yang masuk ke rumah.

Di sisi lain, hindari juga penempatan cermin di ujung lorong karena bisa memperlambat aliran energi di rumah. 

6. Cermin kecil di dapur

6. Cermin kecil dapur
Unsplash/Sidekix

Feng Shui memang tidak menyarankan meletakkan cermin di dapur, terutama yang berhadapan langsung dengan kompor. Sebab, cermin akan bertemu dengan elemen api yang bisa mengundang energi negatif. 

Apabila Mama tetap ingin meletakkan cermin di dapur, maka pilihlah cermin berukuran kecil dan tidak berhadapan dengan kompor. Cermin yang memiliki energi air akan mendatangkan energi positif di dapur. 

7. Ruang keluarga

7. Ruang keluarga
Unsplash/Zacgudakov

Cermin juga dapat dijadikan ornamen dinding di ruang keluarga. Cermin bisa memantulkan cahaya dengan baik sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. 

Selain itu, cermin di ruang keluarga akan membuat sesi berkumpul bersama keluarga terasa lebih hangat dan nyaman. Cermin akan menangkal energi negatif dan mengundang energi baik bagi penghuni serta para tamu. 

Namun, hindari menggantung cermin di belakang sofa. Hal itu bisa membebani area duduk dan membuat perasaan penghuni rumah menjadi tidak tenang. 

Itulah beberapa penempatan cermin yang direkomendasikan oleh Feng Shui. Penempatan cermin yang tepat bisa membuat suasana rumah terasa lebih hangat dan menyenangkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Mama sekeluarga, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk