5 Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah, Jarang Sekali Disadari

Gigitan nyamuk bisa menyebabkan sejumlah penyakit, seperti demam berdarah dan malaria

28 September 2021

5 Penyebab Banyak Nyamuk Rumah, Jarang Sekali Disadari
Unsplash/Marekpiwnicki

Nyamuk adalah salah satu serangga yang mudah ditemui. Nyamuk biasanya muncul saat musim hujan, namun tidak menutup kemungkinan untuk muncul saat musim panas.

Keberadaan nyamuk kerap dianggap mengganggu karena serangga tersebut bisa menggigit atau hanya terbang berkeliaran di sekitar area rumah. Gigitan nyamuk pun bisa menyebabkan sejumlah penyakit seperti demam berdarah dan malaria. 

Tanpa Mama sadari, keberadaan nyamuk disebabkan kebiasaan kebiasaan diri sendiri yang tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan. Agar Mama lebih waspada, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penyebab banyak nyamuk di rumah

Semoga informasi di bawah ini bisa membantu ketika ingin mengusir nyamuk dari rumah ya, Ma!

1. Tumpukan barang

1. Tumpukan barang
Unsplash/Priscilladupreez

Nyamuk menyukai tempat-tempat yang gelap dan lembap, salah satunya tumpukan barang di kamar atau ruang keluarga. Tumpukan barang bisa berupa tumpukan kardus atau tumpukan baju di gantungan.

Cobalah periksa ruang keluarga dan kamar di rumah, biasakan untuk menghindari menumpuk barang terlalu banyak. Jika Mama terpaksa harus menumpuk banyak barang, cobalah jauhkan tumpukan tersebut dari ruangan-ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas. 

Kemudian, semprotkan obat pembasmi serangga di tumpukan barang tersebut. Selain itu, biasakan menutup lemari dengan rapat untuk mencegah nyamuk masuk dan bersembunyi di dalamnya. 

Editors' Picks

2. Ruangan gelap

2. Ruangan gelap
Unsplash/Ben_neale

Telah disinggung di atas bahwa nyamuk menyukai ruangan yang gelap dan minim sinar matahari. Kurangnya sinar matahari akan membuat kamar lembap dan menjadi sarang nyamuk. 

Itulah sebabnya, pastikan kamar mendapatkan sinar matahari yang cukup atau penerangan di malam hari. Bukalah pintu atau jendela di siang hari agar mendapatkan cahaya dari luar. 

3. Tumpukan sampah

3. Tumpukan sampah
Unsplash/John_cameron

Cobalah periksa ruangan atau lingkungan sekitar rumah. Tumpukan sampah, terutama sampah organik tanpa disadari bisa mengundang nyamuk untuk berkembang biak. 

Tumpukan sampah bisa menimbulkan bau tidak sedap yang disukai nyamuk. Itulah sebabnya, hindari menumpuk sampah. Buanglah sampah setiap hari agar tidak mengundang nyamuk untuk datang.

4. Sirkulasi udara tidak lancar

4. Sirkulasi udara tidak lancar
Unsplash/Natedefiesta

Sirkulasi tidak lancar juga bisa menjadi penyebab banyak nyamuk di rumah. Cobalah perbaiki sirkulasi udara di rumah dengan membuka jendela atau pintu setiap pagi. 

Jika ruangan atau rumah mama minim ventilasi, maka Mama bisa menggunakan kipas angin. Sebab, nyamuk tidak dapat terbang di hembusan kipas angin.  

5. Genangan air

5. Genangan air
Unsplash/Nitshuaa

Terakhir, nyamuk sangat menyukai genangan air. Pasalnya, genangan air adalah tempat berkembang biak jentik-jentik nyamuk. Kondisi itulah yang membuat nyamuk semakin banyak di rumah mama. 

Solusinya, yakni bersihkan rumah dari sampah-sampah yang bisa menimbulkan genangan air meski ketinggiannya hanya 1-2 cm. Selain itu, buanglah sampah plastik yang bisa menyebabkan genangan. 

Itulah sejumlah penyebab banyak nyamuk di rumah mama. Simpulannya, yakni perlu hindari menumpuk barang-barang atau sampah di dalam rumah atau ruangan. Barang-barang itulah yang membuat nyamuk berkembang biak lebih banyak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.