6 Tips Membuat Mangga Lebih Cepat Matang

Mangga yang sudah matang bisa dimakan langsung atau dijadikan berbagai olahan makanan

20 Oktober 2021

6 Tips Membuat Mangga Lebih Cepat Matang
Unsplash/Hoangphotos

Daging mangga yang berwarna kuning atau oranye memiliki rasa yang lezat serta menyegarkan saat dimakan. Maka dari itu, tidak heran jika mangga menjadi buah favorit banyak orang. 

Selain menyegarkan, mangga juga kaya akan serat, kalium, beta karoten, vitamin A, serta vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mangga bisa dimakan langsung atau dijadikan berbagai olahan, seperti jus mangga. 

Permasalahan yang sering dihadapi ketika membeli mangga, yakni kondisinya yang masih belum matang, namun Mama ingin segera menyantapnya. Bagaimana cara membuat mangga matang lebih cepat?

Sebagai solusinya, Popmama.comtelah merangkum informasi terkait cara mematangkan mangga agar lebih cepat. 

1. Memasukkan ke kantong kertas atau koran

1. Memasukkan ke kantong kertas atau koran
Unsplash/Mahakagrawal

Tips pertama yang bisa dilakukan agar mangga bisa cepat matang, yakni masukkan mangga ke kantong kertas atau bungkus menggunakan koran. Cara tersebut bisa membantu mangga mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan. 

Namun, pastikan untuk tidak menutup kantor kertas atau membungkus mangga dengan rapat. Beri ventilasi sedikit agar udara gas etilen tetap bisa keluar dan mencegah tumbuhnya jamur. 

2. Membungkus dengan kain

2. Membungkus kain
Unsplash/Ashishjha

Tips kedua, yakni membungkus mangga dengan kain atau handuk. Pastikan kain atau handuk yang digunakan telah dicuci bersih dan dalam keadaan kering. 

Cara membungkusnya sama seperti membungkus mangga dengan koran. Bungkus mangga bersama batang-batangnya dengan kain bersih, lalu beri ventilasi sedikit agar sirkulasi udara tetap lancar. Tunggu dalam beberapa hari untuk mendapatkan mangga yang matang secara sempurna. 

Editors' Picks

3. Menyimpan mangga di dalam beras

3. Menyimpan mangga dalam beras
Unsplash/Hotchicksing

Tips selanjutnya tergolong tips kuno yang kerap dilakukan orang-orang, yakni memasukkan atau menimbun mangga di dalam beras. Cara tersebut mampu mematangkan mangga lebih cepat, bahkan bisa matang dalam kurun waktu 12 jam. 

Beras akan membantu mangga mengeluarkan gas etilen sehingga proses pematangannya pun lebih cepat. Apabila Mama menimbun mangga di dalam beras, maka periksalah setiap 6 atau 12 jam sekali agar mangga tidak terlalu matang dan lembek. 

4. Mencampur mangga dengan buah yang matang

4. Mencampur mangga buah matang
Unsplash/Kaysha

Cara lainnya untuk mempercepat proses pematangan mangga, yakni mencampurnya dengan buah yang sudah matang. Apabila mangga yang belum matang disimpan bersama-sama dengan buah lainnya atau mangga yang matang, maka mangga akan lebih cepat matang. 

Mama bisa memasukkan satu buah pisang atau apel matang ke dalam kantong kertas. Dengan begitu, gas etilen akan semakin keluar dan mangga bisa lebih cepat matang. 

5. Meletakkan mangga di ruangan gelap

5. Meletakkan mangga ruangan gelap
Unsplash/Bombaybecky2019

Jika tidak sabar menunggu mangga matang dalam beberapa hari, Mama bisa meletakkan mangga di ruangan yang gelap dan tertutup rapat. Cara tersebut bisa membantu mangga melepaskan gas etilen lebih cepat. 

Dalam beberapa hari, mangga akan matang secara alami dan siap untuk dimakan. Mangga yang disimpan di ruangan gelap umumnya memiliki rasa yang lebih lezat dan segar.  

6. Menggunakan karbit

6. Menggunakan karbit
Unsplash/Reskp

Penggunaan karbit sering dilakukan untuk membuat mangga matang lebih cepat. Karbit yang memiliki nama ilmiah kalsium karbida bisa membuat buah-buahan lebih cepat matang. 

Caranya, yakni bisa mencampur karbit dengan air dan buah-buahan. Dengan begitu, karbit akan membantu buah-buahan seperti mangga untuk menghasilkan gas asetilen untuk mempercepat proses pematangan. Namun, penggunaan karbit biasanya membuat rasa mangga lebih asam dibanding mangga yang dimatangkan secara alami. 

Itulah enam tips untuk mematangkan mangga lebih cepat. Mama bebas memilih tips mana saja untuk mempercepat proses pematangan sesuai selera dan kebutuhan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.