Warna Cat dan Ide Dekorasi Ruang Kerja agar WFH Lebih Semangat

Setiap warna di dalam ruangan mampu mewakili suasana hati lho, Ma

22 September 2021

Warna Cat Ide Dekorasi Ruang Kerja agar WFH Lebih Semangat
Unsplash/Alexagorn

Selama bekerja di rumah, tidak ada salahnya mulai menata ruang kerja untuk menciptakan suasana baru yang lebih segar. Mama bisa menata ulang furnitur di ruang kerja atau mengganti warna cat ruangan

Pasalnya, setiap warna mampu mewakili suasana hati Mama. Oleh karena itu, pemilihan cat ruang kerja dapat memengaruhi mood selama bekerja. Sementara itu, menata ulang ruang kerja adalah salah satu kunci untuk lebih semangat bekerja. 

Untuk membantu Mama menata ruang kerja, berikut Popmama.com rangkum warna cat yang bisa menambah semangat saat bekerja seperti dilansir The Spruce

Simak juga dekorasi yang cocok ruang kerja!

1. Light pink

1. Light pink
Unsplash/Gabriellefaithhenderson

Warga light pink diyakini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan saat sedang bekerja. Warna satu ini cocok untuk ruang kerja yang dipadukan dengan warna pastel lainnya seperti sky blue, coral, atau mint.

Warna light pink bisa menciptakan suasana tenang dan nyaman sehingga mempengaruhi produktivitas dan kreativitas selama bekerja. Selain itu, light pink bisa memberikan suasana santai untuk beristirahat atau menarik napas sejak di tengah kesibukan kerja. 

Editors' Picks

2. Bold red

2. Bold red
Unsplash/Wolfgang_hasselmann

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Athletic Enhancement menyebutkan bahwa warna merah dapat meningkatkan semangat kerja. Itulah sebabnya, warna merah sangat direkomendasikan untuk ruang kerja atau ruang olahraga. 

Jika Mama tergolong orang yang sulit konsentrasi saat bekerja, maka tak ada salahnya untuk mengganti cat ruang kerja menjadi warna merah. Jangan meremehkan warna cat untuk ruang kerja karena akan berpengaruh terhadap suasana hati. 

Sebab, warna merah juga diyakini bisa meningkatkan konsentrasi dan membantu Mama lebih fokus saat bekerja. 

3. Lilac

3. Lilac
Unsplash/Pawel_czerwinski

Selama ini, warna ungu gelap dilambangkan sebagai kesedihan. Maka dari itu, warna ungu gelap tidak dianjurkan untuk digunakan di ruang kerja. Berbeda dengan ungu gelap, warna lilac justru mampu membangkitkan semangat. Warna satu ini cocok untuk seseorang yang bekerja di dunia kreatif. 

Warna lilac diyakini mampu mengembangkan imajinasi seseorang. Apabila Mama ingin memadukannya dengan warna lainnya, maka pilihlah warna netral seperti abu-abu atau merah keunguan. 

Tanaman di Ruang Kerja Minimalis

Tanaman Ruang Kerja Minimalis
Unsplash/Ka_idris

Setelah memilih warna cat yang tepat, kini saatnya Mama menata ulang perabotan di ruang kerja. Pastikan gunakan dekorasi ruangan minimalis agar ruangan tetap terlihat bersih dan rapi. Suasana tersebut mampu membantu Mama berkonsentrasi saat bekerja. 

Untuk menambah semangat saat bekerja, Mama dapat meletakkan tanaman di sudut-sudut ruangan atau meja kerja. Tanaman mampu membuat ruang kerja terasa lebih sejuk, menjernihkan udara, dan menangkal radiasi dari peralatan elektronik. 

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Pencahayaan Sirkulasi Udara
Unsplash/Eiskonen

Terakhir, pastikan ruang kerja memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Pencahayaan yang cukup bisa membuat Mama lebih nyaman dan bersemangat. Pilihlah ruang kerja dekat dengan jendela atau tambahkan lampu meja untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup. 

Ruang kerja yang nyaman berhubungan dengan produktivitas. Itulah sebabnya, penting untuk memilih warna cat dinding yang tepat dan menata ulang dekorasi ruang kerja agar Mama lebih semangat bekerja.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.