7 Tips Menata Balkon Kecil di Rumah Jadi Tempat Bersantai yang Nyaman

Balkon bisa digunakan sebagai tempat bersantai atau tempat berkebun

22 Juli 2021

7 Tips Menata Balkon Kecil Rumah Jadi Tempat Bersantai Nyaman
Instagram.com/decoracion.peyra

Memiliki ruang balkon di rumah memang menjadi impian untuk beberapa orang, apalagi bisa digunakan sebagai tempat multifungsi.

Bila Mama memiliki ruang balkon yang kecil, jangan biarkan area terbuka tersebut dibiarkan begitu saja. Baik kecil maupun besar, Mama tetap bisa memaksimalkan ruang balkon di rumah semaksimal mungkin.

Mungkin di Indonesia kebanyakan orang menggunakan balkon sebagai tempat menjemur baju, tetapi tidak hanya itu lho, Ma. Mama bisa menyulap ruang balkon Mama sebagai tempat bersantai yang nyaman.

Kira-kira bagaimana ya cara menatanya? Kini Popmama.com telah menyiapkan informasinya khusus untuk Mama.

Yuk Ma, disimak demi membuat balkon kecil Mama terlihat lebih nyaman dan menarik untuk dipandang!

1. Dekorasi dengan hiasan berpola dan bertekstur

1. Dekorasi hiasan berpola bertekstur
Instagram.com/decoracion.peyra

Bila Mama menginginkan suasana balkon yang mewah dan juga nyaman, mungkin Mama bisa melibatkan elemen berpola ataupun bertekstur dalam interior yang digunakan, seperti karpet atau bantal bermotif.

Menggunakan perpaduan dekorasi pola dan tekstur yang terlihat menonjol ini akan menciptakan little bohemian pada balkon kecil di rumah Mama. 

2. Menambahkan pencahayaan tambahan di ruang balkon pada malam hari

2. Menambahkan pencahayaan tambahan ruang balkon malam hari
Instagram.com/decoracion.peyra

Untuk membuat suasana menjadi lebih hangat, intim dan romantis di malam hari, Mama perlu menambahkan pencahayaan yang cantik dan menarik di balkon, seperti lilin dan lampu tumblr.

Pencahayaan tambahan ini tidak sulit ditemukan. Sebagai referensinya, Mama juga bisa mencari beragam lampu cantik lainnya seperti lampu tali, lampion, atau lampu led string light.

Jenis lampu ini bisa Mama lilitkan di pagar balkon atau dibiarkan menggantung di langit-langit. Padukan dengan furnitur yang memberikan kesan nyaman, seperti karpet, bantal serta selimut.

Editors' Picks

3. Menggunakan hammock untuk bersantai

3. Menggunakan hammock bersantai
Freepik/freepic.diller

Dekorasi yang satu ini sangat cocok diterapkan pada rumah yang berada di daerah pantai, gunung, atau lokasi yang memiliki pencahayaan sinar matahari baik dan udara segar.

Mungkin Mama sering melihat hammock atau tempat tidur gantung ini di daerah pantai, benar? Dengan mengandalkan kreativitas, hammock bisa menjadi pengganti sofa untuk sarana bersantai di balkon.

Selain untuk bersantai menikmati terpaan angin sepoi-sepoi, Mama juga bisa menggunakan hammock ini sebagai tempat jemuran. Benar-benar fungsional, bukan?

4. Gunakan karpet rumput sintesis sebagai alas

4. Gunakan karpet rumput sintesis sebagai alas
balconydecoration.com

Ingin mempunyai balkon bertema alam? Mungkin Mama bisa menambahkan dekorasi rumput sintesis sebagai karpet untuk alas berpijak.

Sebagian besar toko perabotan rumah menjualnya dalam bentuk gulungan. Pilihlah bahan yang mempunyai material lembut, sehingga kaki Mama tetap terasa nyaman saat menginjaknya.

Untuk memperkental suasana alam, Mama bisa menambahkan bilik kayu yang ditempelkan pada pagar balkon serta batu pantai untuk menutup celah antara rumput dan pagar pembatas.

5. Membuat mini garden di area balkon

5. Membuat mini garden area balkon
Freepik/lookstudio

Sebagian besar dari Mama mungkin memiliki balkon yang sangat kecil, sehingga tidak dapat memuat beberapa kursi santai. Jangan khawatir, Ma! Dikarenakan seberapa kecil balkon Mama tetap bisa dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

Alih-alih membuatnya menjadi ruang bersantai atau tempat berjemur baju, Mama bisa memanfaatkan ruang mungil terbuka ini menjadi area mini garden pribadi.

Mama bisa menggantung pot pada pagar balkon atau meletakkan pot di sisi pagar balkon. Bila mempunyai hobi memasak, Mama juga bisa menanam tanaman bumbu masak di mini garden balkon. Tanaman herbal lainnya pun juga bisa ditanam di sini. 

6. Tambahkan kolam renang balon

6. Tambahkan kolam renang balon
Freepik/Jcomp

Dekorasi yang satu ini mungkin menjadi salah satu ide cemerlang untuk melewati musim panas.

Mengingat hari-hari panas di Indonesia tidak bisa terprediksi, terkadang saat cuaca panas itu datang pasti Mama pernah berpikiran untuk merendam diri di kolam, namun sayangnya tidak memiliki bathtub di rumah.

Sebagai solusinya, Mama bisa membeli kolam renang balon untuk dijadikan bak rendam pribadi di balkon. Agar semakin nyaman berendam, Mama bisa menghias seluruh balkon dengan berbagai bunga yang memiliki warna cantik atau membiarkan bunga mengapung di atas air kolam.

Sebelum melakukannya, jangan lupa untuk menutup pagar balkon dengan tirai. Tujuannya agar balkon Mama tetap bersifat pribadi saat menikmati berendam di kolam. 

7. Tambahkan bantalan empuk untuk tempat bersantai

7. Tambahkan bantalan empuk tempat bersantai
Freepik/ArthurHidden

Balkon di rumah Mama tidak memiliki cukup ruang untuk ditambahkan sofa sebagai tempat bersantai? Tidak perlu khawatir, Ma. Dikarenakan Mama tetap bisa membuat tempat duduk nyaman melibatkan bean bag.

Bean bag sangat ideal digunakan untuk bersantai. Bantalan kursi santai ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga bisa disesuaikan dengan ruang kosong balkon rumah Mama.

Bila bean bag di balkon sudah tidak digunakan, jangan lupa untuk memasukan bean bag ke dalam rumah agar tetap awet dan terjaga kebersihannya ya, Ma.

Dikarenakan tempat duduk ini tidak didesain untuk bisa bertahan lama, apalagi jika selalu terpapar cuaca yang tidak menentu atau dalam kondisi lembap.

Nah jadi itulah beberapa tips menata balkon mungil rumah Mama menjadi tempat bersantai yang nyaman dan menarik untuk dipandang. Selamat mendekorasi, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.