12 Manfaat Membuat Balkon di Rumah, Bisa Jadi Tempat Santai

Balkon ternyata memberikan berbagai manfaat positif lho, Ma!

5 Oktober 2021

12 Manfaat Membuat Balkon Rumah, Bisa Jadi Tempat Santai
Pexels/EvgeniaBasyrova

Balkon adalah bagian tambahan rumah yang dibangun lebih menonjol dibandingkan permukaan rumah lainnya dan dibuat seperti melayang karena menempel pada dinding. Biasanya, balkon dibangun pada lantai yang lebih tinggi dari lantai dasar.

Balkon sendiri tidak memiliki ukuran spesifik, melainkan menyesuaikan dengan ukuran rumah. Tidak hanya diaplikasikan ke rumah, balkon juga banyak diaplikasikan pada apartemen. Biasanya apartemen dengan balkon tambahan akan menambah nilai jual unit tersebut.

Meskipun balkon sudah menjadi umum, tetapi ada juga beberapa rumah yang tidak membuat area balkon karena dirasa tidak ada fungsi. Padahal, membuat balkon di rumah punya banyak manfaat lho, Ma! Berikut 12 manfaat membuat balkon di rumah versi Popmama.com, yuk disimak!

1. Meningkatkan masuknya intensitas cahaya

1. Meningkatkan masuk intensitas cahaya
Pexels/benmack

Jendela memang bisa memberikan ruang bagi cahaya matahari untuk masuk, namun tidak sebesar balkon. Apalagi, jika Mama mempunyai balkon yang cukup besar, maka dapat meningkatkan masuknya intensitas cahaya. Rumah dengan banyak cahaya yang masuk akan memberikan dampak yang baik.

Cahaya matahari ini dapat menjaga kesegaran yang ada di rumah. Selain itu, dengan mengizinkan cahaya matahari masuk, Mama bisa merasakan ruangan yang ada terasa lebih besar, lho.

Pencahayaan yang baik juga akan mendukung produktivitas di rumah tersebut. 

2. Memberikan manfaat baik untuk kesehatan

2. Memberikan manfaat baik kesehatan
Freepik

Balkon yang dibuat dapat menjadi sarana Mama sekeluarga untuk menghabiskan banyak waktu di luar tanpa harus keluar rumah secara langsung. Ketika Mama melakukan ini, maka sistem kekebalan tubuh meningkat.

Selain itu, menghabiskan waktu di area luar seperti balkon dapat mengurangi stres dan mampu meningkatkan pikiran menjadi lebih kreatif. Mama bisa menghabiskan waktu di pagi hari maupun sore hari untuk bersantai di area balkon.

3. Sebagai area untuk tempat berkebun di rumah

3. Sebagai area tempat berkebun rumah
Freepik/lookstudio

Jika Mama ingin untuk membuat kebun mini di rumah, namun tidak memiliki lahan, maka balkon bisa jadi jawabannya. Mama bisa memanfaatkan lahan tambahan ini untuk melakukan kegiatan tanam menanam, tidak peduli sekecil apa balkon di rumah.

Bagi balkon yang cukup kecil, mungkin bisa dialihkan dengan tanaman gantung. Dengan begitu, area tersebut masih bisa dijadikan balkon. Tanaman yang ditanam di balkon juga akan mendapatkan sinar cahaya matahari yang dibutuhkannya.

4. Sebagai tambahan area untuk berkumpul

4. Sebagai tambahan area berkumpul
Unsplash/evanwise

Jika memungkinkan, buatlah area balkon di rumah Mama yang cukup besar agar bisa menjadi tempat tambahan saat bersama keluarga dan orang terdekat. Mama bisa menambahkan sofa dan meja untuk bersantai di sana.

Tambahkan juga alat barbeque, sehingga bisa mengadakan acara bakar-bakaran di rumah secara outdoor. Mama juga bisa bersantai di sini sendirian sembari menikmati udara segar dan matahari terbenam.

5. Olahraga sederhana di luar ruangan

5. Olahraga sederhana luar ruangan
Freepik

Berolahraga secara rutin akan dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan kesehatan. Saat ini sudah ada banyak olahraga yang dapat dilakukan secara sederhana di luar, tanpa perlu pergi ke gym.

Mama bisa meletakkan matras yoga pada area balkon dan mulai berolahraga di sana! Olahraga yang dilakukan di luar ruangan dapat melatih pernapasan karena udara yang sejuk di pagi hari.

Editors' Picks

6. Memberikan udara segar bagi hewan peliharaan

6. Memberikan udara segar bagi hewan peliharaan
Freepik/lookstudio

Tidak hanya memberikan dampak pada manusia, ternyata balkon juga bisa bermanfaat bagi hewan peliharaan Mama! Tahukah Mama, bahwa waktu paling bahagia bagi hewan peliharaan adalah ketika mereka menghabiskan waktu di luar ruangan?

Mama mungkin harus membawa keliling anjing atau kucing kesayangan secara rutin, namun tidak memiliki waktu yang cukup. Tenang saja, karena balkon bisa menjadi solusi. Bawalah hewan peliharaan Mama ke area balkon untuk menghirup udara segar dan mampu mengurangi stress serta kecemasan hewan tersebut.

7. Area bermain tambahan si kecil

7. Area bermain tambahan si kecil
Pexels/benmack

Jangan salah, si kecil juga butuh waktu banyak untuk beraktivitas di luar ruangan lho, Ma! Selain meningkatkan kegiatan fisik si kecil, kegiatan ini juga membantu kreativitas dan imajinasi anak.

Mama bisa menambahkan ayunan juga pada area balkon untuk area bermain tambahan. Dengan menghabiskkan waktu di luar saat pagi hari, si kecil dapat menghirup udara yang segar sekaligus mengeksplor ‘taman kecil’ ini.

8. Menjemur pakaian

8. Menjemur pakaian
Unsplash/enzadattolo

Pemanfaatan balkon yang satu ini mungkin sudah banyak digunakan, khususnya di balkon apartemen. Tidak bisa dihindari bahwa balkon termasuk bagian rumah yang terpapar sinar matahari paling baik.

Maka dari itu, area ini juga yang mennjadi area paling tepat untuk berjemur, apabila tidak mempunyai area jemur khusus. Mama mungkin juga bisa memanfaatkan pagar pada balkon untuk menjemur pakaian juga secara langsung.

9. Bekerja dan belajar menjadi lebih produktif

9. Bekerja belajar menjadi lebih produktif
Freepik/lifeforstock

Melakukan aktivitas rutin seperti bekerja dan belajar di dalam ruangan akan terasa membosankan dan cepat jenuh. Namun, tidak jika Mama melakukannya di outdoor area.

Letakkan kursi atau sofa dan meja pada area balkon, dan Mama bisa menggunakannya untuk bekerja ataupun belajar. Dengan melakukan ini, stress akan lebih berkurang dan meningkatkan produktivitas Mama maupun anak yang belajar.

10. Memperlihatkan perbedaan level rumah

10. Memperlihatkan perbedaan level rumah
Pexels/expectbest

Balkon umumnya dibangun pada tingkatan yang lebih tinggi dari lantai dasar. Dengan adanya area balkon, perbedaan level yang terdapat pada rumah akan lebih terlihat dan lebih tegas dari luar.

Selain dari penampakkannya, membuat balkon di rumah juga dapat mempertegas skala bangunan dari rumah Mama. Dengan begitu, orang dapat membedakan secara tepat area lantai dasar dan lantai di atasnya.

11. Memberikan efek teduh pada lantai dibawahnya

11. Memberikan efek teduh lantai dibawahnya
Freepik/lifeforstock

Balkon sendiri dibangun dengan area yang cenderung mengarah keluar, sehingga menyisakan ruang atap untuk lantai di bawahnya. Saat ini, banyak juga rumah yang mengaplikasikan balkon sebagai atap dari garasi mobil di bawahnya.

Jika Mama menerapkan desain seperti ini, manfaat yang didapat justru akan lebih besar! Mama bisa memiliki balkon yang sangat luas, tetapi juga memberikan efek teduh maksimal pada lantai di bawahnya secara bersamaan.

12. Mempercantik rumah

12. Mempercantik rumah
Unsplash/PawelCzerwinski

Pertimbangan pertama bagi seseorang yang hendak membangun balkon mungkin dari sisi estetika. Membuat area balkon pada rumah dapat dipastikan menambah keindahan pada rumah Mama.

Bandingkan dengan bangunan rumah yang tidak memiliki balkon, pasti akan terasa sangat polos dan tidak ada modifikasi. Di sisi lain, rumah dengan area balkon akan memberikan ilusi bahwa rumah tersebut terlihat lebih luas dan besar akibbat area tambahannya.

Sekarang, Mama sudah mengetahui 12 manfaat membuat balkon pada rumah. Semoga artikel Popmama.com ini dapat bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.