7 Tips Menata Taman Belakang Rumah Mungil agar Terlihat Lebih Menarik

Ketahui tips ini untuk mengubah taman belakang rumah menjadi tempat yang nyaman

21 Juli 2021

7 Tips Menata Taman Belakang Rumah Mungil agar Terlihat Lebih Menarik
Pexels/Taryn Elliott

Memiliki taman belakang rumah yang kecil bukanlah suatu alasan untuk mendiamkannya begitu saja. Tidak peduli seberapa kecil halaman belakang di rumah rumah, namun apabila disia-siakan begitu saja justru sangat disayangkan.

Walaupun terlihat mungil, taman belakang rumah bisa dimaksimalkan dengan baik menyesuaikan ide dan kreativitas pemiliknya.

Sedang butuh inspirasi? Jangan khawatir karena Popmama.com telah merangkum beberapa tips dari laman The Spruce untuk menata ulang taman belakang di rumah yang minimalis. 

Semoga bisa menjadi tempat bersantai yang nyaman dan menarik untuk dipandang ya, Ma. 

1. Memanfaatkan dinding kosong sebagai vertical garden

1. Memanfaatkan dinding kosong sebagai vertical garden
Pinterest.com/Planted Places

Akibat keterbatasan lahan, pastinya Mama tidak mau jika taman belakang di rumah hanya penuh dengan tanaman tanpa ada furnitur lain, bukan?

Maka dari itu, Mama bisa memanfaatkan salah satu dinding taman belakang rumah untuk menyulapnya menjadi vertical garden.

Adanya vertical garden akan membuat suasana taman menjadi lebih asri dan estetik.

2. Menambahkan tenda camping untuk tempat berkemah sekaligus bersantai

2. Menambahkan tenda camping tempat berkemah sekaligus bersantai
Freepik/freepik

Berkemah di halaman belakang minimalis di rumah akan membawa kehidupan luar ruangan keluarga Mama menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Sebelum menambahkan tenda di taman belakang, pastikan tenda yang digunakan memang nyaman untuk ditempati. Dikarenakan selain untuk berkemah, tenda juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sembari menghirup udara segar luar ruangan.

Bila ingin pengalaman kemah di halaman belakang terasa mewah, Mama dapat mendekorasi tenda dengan elemen yang nyaman, seperti kasur lantai, bantal serta permadani yang lembut sebagai alas.

Editors' Picks

3. Menggunakan lampu string led luar ruangan sebagai pencahayaan

3. Menggunakan lampu string led luar ruangan sebagai pencahayaan
Freepik/freepik

Menempatkan lampu string pada luar ruangan dapat membantu mencerahkan taman belakang yang gelap gulita. Bila budget terbatas, Mama juga tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan lampu tumblr.

Mama dapat memilih warna lampu apa saja sesuai selera, namun disarankan untuk memilih warna warm white. Dikarenakan warna tersebut akan menciptakan suasana penuh kehangatan di malam hari.

Sinar kuning yang serupa dengan warna sinar matahari di sore hari ini akan mengingatkan kita pada matahari terbenam, sehingga tanpa sadar memberikan kesan nyaman dan intim.

4. Tambahkan kursi ayunan berbentuk telur sebagai tempat bersantai

4. Tambahkan kursi ayunan berbentuk telur sebagai tempat bersantai
blog.molitsy.com

Baik di dalam diri setiap orang dewasa ataupun anak anak pasti pernah mendambakan memiliki set ayunan luar ruangan di halaman belakang rumahnya.

Kebanyakan orang membuat set ayunan yang menggantung dengan batang pohon. Namun bagaimana jika lahan belakang rumah kita tidak memiliki pohon yang kokoh?

Jangan khawatir, Mama bisa menambahkan furtitur kursi ayunan berbentuk telur seperti ini demi memperindah ruang terbuka.

5. Mengecat perabotan yang ada untuk menghidupkan suasana

5. Mengecat perabotan ada menghidupkan suasana
Pixabay/LeAnn Bird

Furnitur halaman belakang rumah mulai terlihat usang? Berkarat? Atau tidak menarik untuk dipandang?

Mungkin Mama bisa mulai menyiapkan cat dengan warna-warna cerah, lalu mewarnai furnitur tersebut agar terlihat baru dan indah untuk dipandang.

Selain terlihat lebih cerah dan layak untuk dipadang, pengecatan ulang pada perabotan yang ada akan menghidupkan kembali suasana di sekitar ruangan.

6. Hiasi taman belakang dengan payung outdoor

6. Hiasi taman belakang payung outdoor
Freepik/lifeforstock

Ketika sedang bersantai di taman belakang, namun matahari sedang terik seolah berada di atas kepala, apa yang Mama butuhkan?

Yup, payung luar ruangan bisa menjadi pilihan terbaik untuk melindungi kita dari paparan sinar matahari.

Payung setidaknya dapat memblokir 77 persen sinar UV yang berbahaya. Malahan, jika Mama memilih varian payung dengan peringkat UPF (Ultraviolet Protection Factor) yang tinggi, maka payung tersebut dapat melindungi kita dari sinar UV hingga 98 persen.

7. Tambahkan dekorasi kotak bunga DIY

7. Tambahkan dekorasi kotak bunga DIY
Pixabay/Gundula Vogel

Menanam tumbuhan langsung pada tanah yang tersedia mungkin sudah terlalu mainstream ya, Ma? Namun, bagaimana jika kita menanam bunga yang cantik atau sayuran hijau di dalam pot hasil karya tangan kita?

Gunakan kreativitas Mama untuk membuat pot ramah lingkungan untuk mempercantik taman belakang rumah. Mama dapat menggunakan kaleng bekas atau kayu yang disusun sedemikian rupa untuk menempatkan tumbuhan kesayangan di rumah.

Semoga tips menata taman belakang untuk rumah minimalis ini bisa menjadi inspirasi bagi Mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.