Catat! Ini 7 Tanaman yang Paling Ditakuti Ular

Coba tanam beberapa tanaman berikut ini yang dipercaya ditakuti ular

6 Juni 2021

Catat Ini 7 Tanaman Paling Ditakuti Ular
Unsplash/ravipatelravipatel

Ular menjadi salah satu hewan melata yang tak hanya ditakuti orang tetapi juga ditakuti hewan lainnya. Pasalnya, hewan satu ini memiliki bisa yang mematikan. 

Keberadaan ular di sekitar pemukiman tentu bisa meresahkan banyak orang lantaran hewan ini sangat suka bersembunyi di semak belukar atau tempat-tempat yang lembab. 

Nah, untuk mencegah ular masuk ke pekarangan rumah, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan, salah satunya adalah menanam beberapa jenis tanaman yang ampuh mengusir ular. Kira-kira apa saja tanaman yang ditakuti ular ya, Ma?

Jika Mama ingin mengetahui, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman yang paling ditakuti ular. Cek yuk, Ma!

1. Lidah mertua

1. Lidah mertua
Unsplash/noyoplantes

Bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini tentu akan ada di tengah-tengah koleksi tanaman hias lainnya. Akan tetapi, tanaman yang memiliki bentuk indah ini tak hanya bisa menghias rumah, tetapi juga dipercaya bisa membuat ular takut untuk mendekatinya. Tanaman lidah mertua bisa tumbuh subur di cahaya terang dan dalam musim apapun. 

Sebuah studi dari NASA menunjukan bahwa tanaman lidah mertua cocok untuk ditaruh di dalam maupun di luar ruangan. Ditambah lagi dengan cara perawatannya yang tidak sulit, karena tanaman ini bisa tumbuh di musim apapun. 

2. Bunga marigold

2. Bunga marigold
Unsplash/dscrimager

Bunga berwarna kuning cerah ini memang terkenal akan keindahan warnanya. Biasanya bunga marigold ditanam di halam rumah sehingga rumah tampak lebih asri dan indah. 

Akan tetapi, dibalik keindahannya, tanaman satu ini bisa mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai ular lho. Bahkan, hama pun enggan menempel pada tanaman dan dan sekitarnya. 

Editors' Picks

3. Tanaman serai

3. Tanaman serai
Unsplash/chuttersnap

Tanaman yang ampuh untuk membuat ular menjauh dari pekarangan rumah yang selanjutnya adalah serai. Yap, ramuan serbaguna yang biasa digunakan untuk masakan ini ternyata bisa untuk mengusir hewan yang memiliki penciuman kuat. 

Tanaman serai menghasilkan aroma jeruk yang tidak disukai ular. Bahkan, sera menjadi salah satu tanaman terbaik untuk mengusir ular, nyamuk, dan bahkan hama dari kebun. Serai memiliki daun dengan permukaan kasar yang akan membuat ular enggan untuk mendekat. 

4. Bawang merah dan bawang putih

4. Bawang merah bawang putih
Unsplash/sanjaidosajh

Tanaman berikutnya adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua tanaman ini mengeluarkan bau yang dipercaya bisa membuat ular enggan mendekati tanaman ini.

Tak hanya itu, tanaman bawang merah dan bawang putih akan mengeluarkan residu berminyak saat ular merayap di atasnya. Nah, minyak ini bertindak sangat mirip ketika mengiris bawang, dimana aroma yang dikeluarkan kedua tanaman ini akan membingungkan ular seperti semprotan merica. 

5. Lavender

5. Lavender
Unsplash/anniespratt

Lavender dikenal sebagai tanaman yang ampuh mengusir nyamuk, namun ternyata tanaman satu ini juga bisa membantu Mama untuk mencegah ular masuk ke pekarangan rumah. Hal tersebut dikarenakan aroma kuat yang dikeluarkan lavender. 

Mama bisa menanam lavender di pekarangan rumah atau ditanam di pot lalu diletakkan di sudut ruangan rumah untuk mengusir nyamuk. Namun, jika berencana menanam lavender, Mama perlu merawat tanaman ini dengan cukup ekstra. Pasalnya, apabila lavender tidak dirawat secara tepat akan menjadi gulma karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan tak terkendali. 

6. Sambiloto

6. Sambiloto

Sambiloto menjadi tanaman yang ditakuti ular selanjutnya. Tanaman sambiloto mengandung rasa pahit dari daun dan akar yang membuat ular menjauh dari tanaman ini. Kulit ular akan membengkak jika ramuan sambiloto disemprotkan pada sisik ular.

Tak hanya bermanfaat untuk mengusir ular, tanaman sambiloto juga kerap dijadikan ramuan kesehatan yang bisa mengobati infeksi sinus, flu, dan penyakit lainnya. Tanaman sambiloto banyak ditemukan di negara-negara Asia, salah satunya Indonesia. 

7. Mint

7. Mint
Unsplash/conscious_design

Tanaman mint banyak dijadikan tanaman hias yang juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Tak hanya itu, kelebihan pada aromanya juga bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi yang berperan untuk meredakan stres, Ma. 

Meski tanaman ini disukai manusia, ternyata sangat tidak disukai oleh ular lho. Daun minta yang memiliki tekstur kasar ini bisa membuat ular enggan melewati semak daun mint ini. 

Apalagi tanaman mint ini mudah berkembang dan bisa dijadikan tanaman hias yang indah. 

Nah, itulah beberapa tanaman yang bisa Mama tanam di rumah sebagai cara yang efektif untuk mengusir ular. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.