7 Cara Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak Perempuannya

Dekatkan ikatan batin Papa dan si Kecil dengan cara-cara berikut, Ma

14 Mei 2019

7 Cara Meningkatkan Hubungan Ayah Anak Perempuannya
rawpixel.com

Sebagai seorang ayah, wajar jika Papa juga ingin dekat dengan anak perempuannya. Terutama jika sehari-harinya Papa sibuk bekerja.

Supaya anak tetap dekat dan ingin melakukan berbagai hal menyenangkan dengan ayah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya supaya Papa dan si Kecil tetap bisa dekat meskipun mungkin jarang bertemu.

Nah, berikut Popmama.com sudah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara ayah dan anak perempuan:

1. Cintai dan hormati ibunya

1. Cintai hormati ibunya
Freepik

Anak akan selalu menjadikan orang tua sebagai panutan utama mereka, termasuk ayah dan ibunya. Ketika seorang ayah menunjukkan bahwa ia mencintai dan menyayangi istrinya, maka ini bisa meningkatkan rasa sayang si Kecil terhadap Papa.

Rasa hormat anak pun akan semakin meningkat untuk kedua orang tuanya. Sebaliknya, jika ayah justru tidak menunjukkan rasa sayang pada istri, maka anak pun menjadi enggan untuk bisa menyayangi dan menghormati orang tuanya.

Oleh sebab itu, menunjukkan contoh untuk bisa menyayangi dan menghormati orang tua pun menjadi cara yang penting.

Sikap ini sesuai dengan kutipan yang pernah ditulis oleh Theodore Hesburgh: "Hal terpenting yang dapat dilakukan seorang ayah bagi anak-anaknya adalah dengan mencintai ibu mereka."

2. Membuat dan menepati janji

2. Membuat menepati janji
Pixabay/Sobima

Setiap kali Papa berjanji kepada si Kecil, usahakan untuk selalu menepatinya dan jangan sekali-kali berbohong. Tak perlu pada hal yang besar, namun juga termasuk pada hal-hal kecil seperti janji mengantar atau menjemput anak ke sekolah, membeli mainan favoritnya, atau apa pun yang Papa janjikan. Pastikan sebelum berjanji, Papa akan bisa menepatinya.

Anak bisa dengan mudah mengingat setiap kalimat yang diucapkan oleh orang tuanya, termasuk saat dijanjikan sesuatu. Apabila terlanjur lupa dan tidak dilakukan, anak bahkan bisa merasa benar-benar sedih dan tak lagi percaya pada Papa.

Membuat dan menepati janji adalah cara terbaik untuk dapat membangun kepercayaan dengan anak, Pa.

3. Belajar untuk mendengarkan cerita anak

3. Belajar mendengarkan cerita anak
Pexels/Singkham

Jadwal pekerjaan yang sibuk dan padat seringkali membuat Papa tak punya cukup waktu untuk berbicara atau sekadar mengobrol dengan anak di rumah.

Jadi, ketika ada waktu untuk mengobrol dengan si Kecil, berikanlah perhatian yang benar-benar khusus. Tanyakan bagaimana kegiatannya di sekolah hari ini, apa menu yang ia bawa untuk dijadikan bekal, serta apa saja permainan yang dilakukan dengan teman-temannya hari ini.

Cobalah untuk tetap fokus mendengarkan setiap cerita yang disampaikan oleh si Kecil. Termasuk jika ia menceritakan tentang rahasia kecilnya. Usahakan untuk selalu menjaga rahasia tersebut dan jangan merusak kepercayaannya, ya.

Ingatlah untuk tidak melanggar kepercayaan tersebut atau hal itu nantinya akan dapat merusak hubungan Papa dengan si Kecil, serta justru menyakiti perasaan satu sama lain.

Editors' Picks

4. Luangkan waktu untuk bersenang-senang

4. Luangkan waktu bersenang-senang
Pexels/Lukas

Di akhir pekan, sediakan waktu khusus untuk jalan-jalan bersama dengan si Kecil. Ciptakan ikatan alias bonding yang lebih kuat dengan menghabiskan waktu bersenang-senang bersama.

Ya, membawa si Kecil untuk berjalan-jalan bersama setidaknya sebulan sekali adalah cara yang mudah supaya Papa dan anak tetap terikat satu sama lain.

Tanyakan apakah ada tempat bermain yang ingin dikunjunginya, atau adakah peralatan sekolah miliknya yang sudah usang dan perlu diganti. Ajak ia pergi ke toko buku untuk membeli peralatan sekolah atau ke taman bermain juga bisa menjadi alternatif jalan-jalan bersama.

Sebenarnya ada begitu banyak hal menyenangkan dan menghibur yang bisa dilakukan oleh Papa dan juga si Kecil. Apabila Papa dapat melakukan ini bahkan dengan jadwal pekerjaan yang sibuk, anak pun akan lebih menghargai setiap waktu yang Papa berikan untuknya.

5. Berikan surat pendek yang penuh ucapan cinta

5. Berikan surat pendek penuh ucapan cinta
Pexels/Pixabay

Setiap anak tentu akan sangat menyukai kejutan. Termasuk anak perempuan kesayangan Papa dan Mama. Sesekali buatlah surat pendek yang berisi pesan semangat, kemudian letakkan di meja belajar, tas, buku catatan, atau kotak makan siangnya.

Papa tak harus melakukan hal ini setiap hari, namun jika bisa tentu akan sangat menyenangkan bagi si Kecil. Sebab ia akan selalu menanti di mana kejutan kecil dari Papa berada.

Luangkan waktu Papa untuk menulis catatan singkat dan surat kepada si Kecil. Sampaikan betapa Papa menyayanginya dan betapa bangga Papa terhadapnya. Kata-kata manis apa pun yang berasal dari Papa pasti akan sangat berarti bagi si Kecil. Hari-harinya akan menjadi lebih positif dan bahagia.

6. Selalu sampaikan betapa berharganya si Kecil

6. Selalu sampaikan betapa berharga si Kecil
Freepik/Rawpixel.com

Meskipun bagi sebagian orang mungkin terlihat sedikit melodramatik, namun mengatakan kepada putri Papa betapa cantiknya dia akan membuat efek besar dalam hidupnya.

Selain itu, ingatlah juga untuk menjelaskan kepadanya betapa pentingnya menjadi cantik tidak hanya di luar, tetapi lebih penting di dalam. Selain itu, memberikan pujian saat ia sedang sedih atau punya hari yang buruk akan membantu membuatnya terhibur, bukan?

7. Kenali siapa saja teman si Kecil

7. Kenali siapa saja teman si Kecil
Pexels/Pragyan Bezbaruah

Teman-teman si Kecil adalah salah satu bagian penting dalam hidupnya. Sebab mereka adalah orang-orang yang akrab dengannya dan sering berbicara dengan mereka terutama di sekolah.

Pada titik tertentu, ada hal-hal tertentu yang tidak akan dikatakan oleh anak pada orang tua, tapi justru hanya kepada teman-temannya. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk secara pribadi mengenal teman-teman si Kecil.

Bahkan hal sederhana seperti jika Papa dan Mama mengingat nama setiap teman-temannya pun akan menjadi hal yang menyenangkan bagi si Kecil. Ia akan merasa lebih dihargai dan merasa disayang.

Sudahkah Papa mengobrol dengan si Kecil hari ini?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!