9 Cara Suami Mengatasi Perubahan Mood Mendadak Istri yang Sedang Hamil

Suami harus punya trik khusus untuk mengatasi perubahan mood istrinya yang sedang hamil

9 April 2020

9 Cara Suami Mengatasi Perubahan Mood Mendadak Istri Sedang Hamil
Pixabay/komposita

Istri mana yang tidak ingin mendapatkan perhatian secara penuh dari sang suami, terlebih di saat kehamilan berlangsung.

Seperti yang banyak orang tahu, mood saat hamil memang mudah berubah. Oleh sebab itu, papa harus mengerti keinginan sang istri, dengan cara komunikasi yang baik dan tepat.

Faktor yang kerap kali membuat ibu hamil bad mood yaitu peningkatan hormon. Di saat sedang hamil, hormon estrogen dan progesteron pada darah akan meningkat secara signifikan.

Hal ini tentu memengaruhi neurotransmiter, bahan kimia pada otak yang mengatur suasana hati tersebut. Papa harus tahu ini, tips mengimbangi suasana mood istri yang sedang hamil!

1. Ajak mengobrol

1. Ajak mengobrol
Freepik/pressfoto

Disaat suasana hatinya sedang tidak stabil, salah satu cara terbaik dalam mengembalikan mood baiknya yakni dengan mengajaknya ngobrol. Atau papa dapat buka sesi untuk Mama mencurahkan segala pikiran yang terdapat di hatinya.

Saat Mama sedang curhat, jadilah teman bicara yang baik. Jangan mengkritisi perubahan sikapnya yang tidak stabil, karena itu bisa membuatnya merasa tidak dimengerti. Papa hanya perlu mendengarkan segala keluh-kesahnya.

2. Berikan sentuhan kehangatan untuknya

2. Berikan sentuhan kehangatan untuknya
wisegeek.com

Cara selanjutnya menghadapi mood saat hamil yakni dengan pijatan papa yang bisa membuat hubungan kalian semakin hangat. Istri pun akan merasa diperhatikan dan disayang karena sentuhan itu.

Selain pijatan, papa dapat melakukan sentuhan lain seperti mencium dan memeluknya.

3. Tenangkan pikiran dan perasaannya

3. Tenangkan pikiran perasaannya
Freepik/katemangostar

Hal ini berlaku terutama saat kondisi mama tengah sedih atau marah. Cukup peluk dan usap-usap kepala Mama dengan penuh perhatian, maka tunggu hingga tangis ataupun kemarahannya mereda, setelahnya baru tanyakan kondisi dia dan sang buah hati.

Editors' Picks

4. Saling mengingatkan

4. Saling mengingatkan
Freepik/bearfotos

Pada saat mood mama sedang sedih atau marah, papa perlu ingatkan jika energi negatif tidak akan berdampak baik terhadap kejiwaan mama dan sang bayi.

Karena bayi yang berada dalam perut pun dapat merasakan dan mendengar suara tangisan atau kemarahan dari sang mama.

5. Membuat hatinya senang

5. Membuat hati senang
freepik.com

Lakukan hal-hal dalam menghalau mood saat hamil dengan membuat Mama senang, misalnya seperti mengajaknya jalan-jalan atau liburan, nonton film di bioskop, makan malam di restoran dengan nuansa romantis, hingga mengajaknya melakukan hal apa pun yang mama suka.

Tapi, karena sekarang sedang karantina karena virus corona, Papa bisa lho membuat masakan kesukaan Mama, memijat kakinya, atau membatunya mengerjakan pekerjaan rumah ya.

Kegiatan menyenangkan ini dapat membuatnya terlepas dari stress.

6. Temani berolahraga

6. Temani berolahraga
Pixabay/wolfman3000

Ajak istrimu untuk berolahraga, karena aktivitas ini bisa menjadikan suasana hatinya terasa lebih baik.

Cukup lakukan dengan olahraga yang ringan, seperti melakukan yoga di rumah. 

Jika istri hobi lari, temani ia lari pagi sekitar komplek dan jangan terlalu jauh, tapi setelah itu lakukan protokol masuk rumah dan hindari keramaian. Lakukan ini, sampai kehamilan trimester kedua, banyak hal yang bisa dilakukan bersama-sama dan itu akan terasa menyenangkan.

7. Pastikan Mendapat Tidur yang Cukup

7. Pastikan Mendapat Tidur Cukup
Freepik/bearfotos

Suasana hati Mama saat hamil memang sulit untuk dikendalikan. Terlebih ketika Mama sedang kelelahan atau kurang tidur. Jadi, pastikan mama beristirahat secara cukup.

Apabila Mama tidak bisa nyenyak saat tidur dimalam hari, ingatkan Mama untuk mencoba tidur di siang hari.

8. Memberinya ruang

8. Memberi ruang
Pixabay/Nile

Kadang, saking tidak masuk akalnya kemarahan Mama, yang diperlukan mungkin sedikit ruang untuk dirinya sendiri.

Biarkan Mama bertemu dengan beberapa sahabat lama atau antarkan ia ke tempat spa, supaya mood menjadi lebih baik.

Kadang tidak perlu kemana-mana, cukup mainkan smartphone di kamar dan mendengarkan musik kesukaannya, Mama juga bisa merasa lebih baik. Ini juga jitu lho untuk mengatasi mood swing.

9. Refreshing

9. Refreshing
tarahphotography.com

Mungkin selama ini mama terlalu sibuk memikirkan segala rencana atau berusaha sebaik mungkin dalam menjalani kehamilannya, sehingga lupa untuk menikmati apa yang ada di depan mata.

Di sini Mama dapat berperan sebagai ‘penyelamat’ supaya Mama tetap menjadi diri sendiri dengan me time, seperti menggunakan masker, atau menonton drama Korea favorit.

Nah, jika tips menghadapi mood saat hamil di atas masih kurang membantu atau Mama masih mengalami mood yang mudah berubah selama lebih dari dua minggu, maka sebaiknya papa konsultasikan ke dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.