10 Tips Tetap Bahagia Selama Kehamilan

Bahagia selama kehamilan itu penting lho, Ma

30 Maret 2020

10 Tips Tetap Bahagia Selama Kehamilan
Newszii.com

Kehamilan merupakan masa paling indah dalam kehidupan seorang perempuan. Selama masa kehamilan, sebagai calon Mama tentunya merasa penuh sukacita, harapan, dan kegelisahan menanti sang buah hati.

Banyak orang akan mendoakan sekaligus memberikan perhatian dan masukan mereka agar calon Mama bisa menjalani kehamilan dengan bahagia dan sehat. Sebab menjaga diri untuk tetap bahagia selama 3 trimester penuh akan mempengaruhi tumbuh kembang janin yang di kandung.

Mengapa ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk banyak pikiran dan harus tetap merasa bahagia? Merasa bahagia saat hamil sangat penting karena kesejahteraan emosional secara langsung akan memengaruhi perkembangan neurologis & psikologis bayi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak wanita hamil yang bahagia, semakin besar kemungkinan mereka melahirkan bayi yang sehat.

Namun faktanya, situasi di lingkungan sekitar setap ibu hamil berbeda dan tidak selalu bisa merasakan bahagia setiap saat. Tapi nggak ada salahnya mencoba nih Ma, dengan melakukan 10 tips berikut ini Popmama.com rangkum agar tetap bahagia selama kehamilan. Disimak ya, Ma!

1. Mempertahankan gaya hidup yang sehat

1. Mempertahankan gaya hidup sehat
Parenthub.com.au

Gaya hidup dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, termasuk kehidupan selama hamil. Selama hamil, mungkin Mama akan merasa lebih lemas dan malas daripada sebelumnya. Dengan melakukan gaya hidup sehat sebelum hamil, Mama akan terbiasa melakukannya selama masa kehamilan. 

Mulai dari melakukan pola makan yang benar, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup. Hal ini bisa mengembangkan pikiran sehat dan bahagia bagi tumbuh kembang janin. Jadi, tetap pertahankan gaya hidup yang sehat sejak sebelum hamil ya.

2. Mengikuti kelas yoga

2. Mengikuti kelas yoga
Freepik

Banyak ibu hamil yang disarankan untuk mengikuti senam hamil ataupun yoga, hal ini selain baik untuk kesehatan calon Mama, ternyata baik juga dalam membantu menghilangkan pikiran negatif. Dengan mengikuti rangkaian tersebut, tentunya akan membuat Mama merasa lebih bahagia dan bayi pun ikut merasakan kebahagiaan yang Mama rasakan dari dalam perut.

3. Menjauh dari orang yang membuat pikiran negatif

3. Menjauh dari orang membuat pikiran negatif
Freepik/Freepic.diller

Beberapa orang dan situasi tertentu mungkin seringkali disebut sebagai "toxic" karena mereka bisa mempengaruhi seseorang. Tentunya hal ini nggak baik untuk kehamilan Mama, jadi lebih baik berada di lingkungan dan orang-orang yang selalu memberikan energi positif daripada yang membuat pikiran negatif selalu muncul.

Sebab berada di lingkungan yang dikelilingin oleh orang yang berpikir negatif, nantinya akan mempengaruhi Mama berpikir pesimis dan membuat stres selama kehamilan. Padahal, selama kehamilan stres sangat tidak dianjurkan bagi semua ibu hamil.

4. Menulis jurnal harian

4. Menulis jurnal harian
Pixabay/stocksnap

Masih ingat zaman dahulu ketika banyak orang menulis diary harian? Kegiatan ini ternyata baik dilakukan selama hamil lho, Ma!

Alasannya karena dengan menuis jurnal harian, hal ini akan menyenangkan untuk mencatat bagaimana perasaan dan apa yang Mama alami selama kehamilan. 

Mama bisa menceritakan bagaimana kegiatan Mama sehari-hari sleama kehamilan, dan bagaimana bahagianya Mama menanti si Kecil. Tentu saja ini bisa menjadi energi positif yang akan membuat Mama merasa bahagia selama hamil. Sudah coba, Ma?

Editors' Picks

5. Memanjakan diri sendiri

5. Memanjakan diri sendiri
Freepik/Nensuria

Setelah merasa pusing dan lelah dengan segala kegiatan, memanjakan diri memang hal ampuh yang bisa dilakukan untuk membuat seseorang merasa bahagia. Tak terkecuali bagi ibu hamil. Hal ini sangat baik dilakukan untuk membuat perasaan Mama lebih bahagia.

Mama bisa melakukan spa atau perawatan kecantikan lainnya yang bisa membuat Mama merasa lebih segar dan bahagia. Luangkan waktu untuk memanjakan diri selama masa kehamilan, agar perasaan Mama dan si calon buah hati merasa senang.

6. Menikmati proses sebelum menjadi orangtua

6. Menikmati proses sebelum menjadi orangtua
Pixabay/Tawny van Breda

Kebahagiaan masa kehamilan tak hanya dialami oleh sang Mama, Papa pun akan turut merasakannya. Hal ini tentu karena keduanya akan sibuk mempersiapkan diri untuk menjadi orangtua. 

Mama dan Papa akan mulai menyusun rencana untuk mempersiapkan kelahiran si Kecil nanti. Mulai dari mengatur kamar untuknya, hingga berbelanja untuk kehamilan dan keperluan bayi lainnya.

Hal ini akan penuh dengan kegembiraan saat merencanakan dan menyortir apa saja yang diperlukan oleh Mama dan calon buah hati. Nikmati proses dan persiapannya semaksimal mungkin agar merasa lebih bahagia dalam menyambut kelahiran buah hati.

7. Memperkuat bonding dengan bayi

7. Memperkuat bonding bayi
Pixabay/mvorocha

Membangun komunikasi dan kekuatan antara Mama dan bayi sejak dalam perut ternyata bisa mempengaruhi kebahgiaan lho, Ma.

Dengan menyanyikan atau mengajak bicara bayi Mama sambil mengelus perut yang semakin hari semakin besar, hal ini bisa merangsang pertumbuhan bayi untuk ikut bahagia selama di perut Mama.

Mama juga bisa meminta Papa melakukan hal yang sama, jadi tidak hanya Mama dan bayi yang dikandung saja, Papa juga harus ikut andil dalam membangun dan memperkuat hubungan dengan calon buah hati.

8. Belanja keperluan bayi

8. Belanja keperluan bayi
Babyandchild.ae

Berbelanja keperluan sang buah hati akan memberikan kebahagiaan luar biasa. Mama bisa memulai mencatat apa saja sekiranya yang akan diperlukan si Kecil ketika lahir nanti. Mulai dari pakaian dalam, pakaian yang nyaman untuk ia kenakan, popok, perlengkapan mandi, dan sebagainya.

9. Memperlakukan orang dengan baik

9. Memperlakukan orang baik
Dreamstime.com

Selama masa kehamilan, suasana hati tentu akan lebih gampang berubah sesuai dengan kondisi ibu hamil. Hal ini tentunya akan memperngaruhi bagaimana cara Mama memperlakukan orang lain.

Mulailah belajar mengendalikan impuls dan jangan menunjukkan sisi kesal yang sedang Mama alami kepada orang di sekitar. Mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi memperlakukan orang lain dengan buruk akan berdampak merasa bersalah dan tidak bahagia.

10. Bernapas dalam-dalam

10. Bernapas dalam-dalam
Freepik/Yanalya

Bernapas dalam-dalam akan mengendalikan pikiran untuk tetap fokus dan tenang. Semakin merasa tenang maka akan baik dalam mempersiapkan persalinan dan melahirkan nanti. Tidak hanya itu, bernapas juga membantu menyingkirkan pikiran negatif seperti depresi pasca persalinan.

10 tips sederhana ini dirasa cukup efektif untuk membantu calon mama tetap merasa bahagia dan berpikir positif selama kehamilan.Semoga bermanfaat dan bisa Mama terapkan di rumah. Selamat menjalani kehamilan yang sehat dan tetap bahagia ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.