5 Cara Memuliakan dan Menghormati Orangtua Menurut Ajaran Islam

Yuk, selalu bertutur kata dengan baik kepada orangtua!

27 April 2021

5 Cara Memuliakan Menghormati Orangtua Menurut Ajaran Islam
Freepik

Memuliakan dan menghormati orangtua menjadi pedoman bagi umat muslim, terlebih lagi berbuat baik pada Mama yang sudah melahirkan sekaligus merawat kita sejak kecil.

Perlu dipahami bahwa memuliakan orangtua termasuk amalan utama yang harus dilakukan, seperti terkandung dalam Alquran dan hadis:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” - (QS. Al Isra: 23-24).

Dalam kesempatan kali ini, Popmama.com akan merangkum beberapa cara memuliakan dan menghormati orangtua. Yuk, simak ulasannya!

1. Bersikap rendah hati dengan bertutur kata yang baik

1. Bersikap rendah hati bertutur kata baik
Freepik/prostooleh

Faktanya, ada saja godaan bagi seorang anak untuk tidak memenuhi kewajiban dalam berbakti kepada orangtua. Terlebih lagi saat sedang mengalami konflik dengan orangtua.

Gejolak emosi kerap membuat seseorang berkata kasar, bahkan melakukan hal yang mungkin tidak disukai orangtua.

Sedangkan cara memuliakan dan menghormati orangtua dalam ajaran agama Islam, yakni harus selalu bersikap rendah hati dengan bertutur kata yang baik. Berkomunikasilah menggunakan kalimat positif dan sopan santun. Allah pun berfirman:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” - (QS. Al Isra: 23).

Editors' Picks

2. Selalu berbuat baik dan memprioritaskan orangtua

2. Selalu berbuat baik memprioritaskan orangtua
Freepik

Menghormati orangtua merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap anak.

Salah satu cara memuliakan orangtua, yakni selalu berbuat baik kepada mereka dan memprioritaskan kebutuhan orangtua. Usahakan agar mendahulukan kepentingan orangtua, dibandingkan kepentingan diri sendiri.

Perlu diingat bahwa menghormati dan mengutamakan terhadap kedua orangtua merupakan sumber berkah dan rida dari Allah. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menyebutkan bahwa surga berada di bawah kedua kaki seorang Mama, sehingga anak pun harus selalu mengabdi kepadanya.

3. Membantu mewujudkan impian orangtua

3. Membantu mewujudkan impian orangtua
Freepik/lookstudio

Hakikatnya, seorang anak harus memahami bahwa orangtua sudah mengasuh dan membesarkannya tanpa lelah. Ini pun termasuk mendukung segala hal-hal yang terbaik.

Oleh sebab itu, sebaiknya selalu berbuat baik dengan berusaha menyenangkan hati orangtua. Lakukanlah setiap apa yang orangtua minta. Bahagiakanlah orangtua dan memberikan dukungan agar bisa mencapai impian mereka yang tertunda.

Menjelang masa tua, banyak-banyaklah membantu orangtua untuk mewujudkan keinginan mereka yang mungkin belum tercapai. 

4. Melaksanakan segala perintah orangtua

4. Melaksanakan segala perintah orangtua
Freepik

Berbakti kepada orangtua memang sudah semestinya dilakukan seorang anak. Salah satu cara berbakti kepada orangtua, yakni menghormati mereka dengan melaksanakan segala perintahnya.

Selama orangtua memberikan perintah yang tidak bertentangan dengan aturan Allah, maka wajib untuk mengikuti dan mematuhinya.

Sebagaimana berbakti kepada kedua orangtua sangat berpengaruh dalam kunci kesuksesan anak-anaknya. Rasulullah SAW bersabda:

"Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya." - (HR. Ad Dailami).

5. Merawat orangtua yang sudah memasuki usia senja

5. Merawat orangtua sudah memasuki usia senja
Freepik/jcomp

Sebenarnya, amal yang lebih agung yakni senantiasa memuliakan orangtua dan menyayanginya hingga akhir hayat.

Meski sudah berkeluarga, seorang anak tetap wajib berbakti kepada kedua orangtuanya dengan merawat mereka yang sudah memasuki usia senja. Walau ini tidak mudah untuk dilakukan, namun menjaga dan merawat orangtua menjadi hal mulia yang akan diberi ganjaran berlipat ganda oleh Allah.

Sebuah hadits juga menyebutkan:

"Sungguh hina, sungguh hina, kemudian sungguh hina orang yang mendapatkan salah seorang atau kedua orangtuanya lanjut usia di sisinya (semasa hidupnya). Namun ia (orangtuanya) tidak memasukkannya ke surga.” - (HR: Ahmad).

Demikianlah kelima cara memuliakan orangtua menurut ajaran agama Islam yang bisa dijadikan panutan. Yuk, menjaga dan menyayangi mereka sebagaimana kasih sayang mereka sejak kecil hingga sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.