7 Artis Ini Jalani Tradisi Sungkem Lebaran Bersama Keluarga

Tradisi sungkem saat Lebaran menjadi salah satu momen hangat di keluarga

14 Mei 2021

7 Artis Ini Jalani Tradisi Sungkem Lebaran Bersama Keluarga
Instagram.com/Krisdayantilemos/Hengkykurniawan

Dalam konteks Idulfitri, tradisi dilakukan ketika prosesi saling memaafkan satu sama lain atas semua kesalahan yang telah dilakukan.

Dilansir dari berbagai sumber, tradisi sungkeman biasanya secara teknis dilakukan oleh seseorang yang lebih muda, lalu mencium tangan orang yang lebih tua. Tujuannya untuk menghormati dan memohon maaf.

Tanpa disadari, tradisi inilah yang menjadi salah satu sumber kehangatan selama momen Idulfitri.

Banyak orang tidak bisa berkumpul bersama keluarga dan melaksanakan tradisi sungkem Lebaran tahun ini karena ada larangan mudik.

Namun, yang jauh dari keluarga masih bisa merasakan kehangatan dari tradisi sungkem Lebaran dengan menghubungi keluarga lewat video call dan saling meminta maaf. 

Tahun ini, 7 artis berikut dapat berkumpul bersama keluarga dan melakukan tradisi sungkeman untuk merayakan Idulfitri. Popmama.com telah merangkumnya informasinya. 

Siapa saja, ya? Simak yuk, Ma!

1. Krisdayanti

1. Krisdayanti
Instagram.com/Krisdayantilemos

Idulfitri bersama keluarga, tetap gotong royong sebagai modal sosial kita untuk membatasi kumpul-kumpul keluarga besar. Tetap jaga protokol kesehatan, Inshaallah Tuhan menjaga kita semua.

Selamat berhari raya.

Begitulah salah satu unggahan dari Krisdayanti di Instagaram

Di momen hari pertama Lebaran tahun ini pada Kamis (13/5/2021), Krisdayanti berkumpul bersama ibunda dan kedua saudara perempuannya, Yuni Shara dan Kartika Sary.

Ia membagikan momen kebersamaannya dengan keluarga di Instagram. Dalam postingan itu, ada juga foto dan videonya sedang sungkem di hadapan sang Mama.

2. Yuni Shara

2. Yuni Shara
Instagram.com/Yunishara36

Bersama dengan keluarga, Yuni Shara merayakan hari pertama Lebaran bersama ibu dan kedua saudara perempuannya. Ia juga membawa serta kedua putranya. 

Namun sebelum berangkat ke tempat orangtuanya berada, Yuni Shara melangsungkan tradisi sungkem Lebaran lebih dulu bersama keluarga kecilnya.

Cavin dan Cello, kedua putra Yuni Shara, satu per satu sungkem padanya untuk memohon maaf. Momen hangat itu ia bagikan di InstaStory. Setelah berkumpul bersama sang ibunda dan kedua saudara perempuannya, Yuni Shara kembali melakukan tradisi sungkem Lebaran diikuti putra-putranya.

Momen sungkeman pada nenek Cavin dan Cello itu dibagikan oleh Yuni Shara di Instagram pribadinya. 

Editors' Picks

3. Nycta Gina

3. Nycta Gina
Instagram.com/Missnyctagina

Lebaran kali ini, Nycta Gina juga tak ketinggalan mengabadikan momen tradisi sungkeman di Instagram. Ia melakukan tradisi ini bersama keluarga kecilnya.

Diawali dari dirinya sungkem pada sang Suami. Setelah selesai, kedua anaknya yang masih kecil sungkem pada mereka berdua.

Dalam caption yang ditulisnya, ia bercerita bahwa tradisi sungkem Lebaran ini baru ia rasakan setelah menikah.

Tradisi yang cuma terjadi setahun sekali. Bahkan baru kurasakan setelah menikah sama Kinos. SUNGKEMAN.

Maafin aku ya Papa yang ketika pulang shalat Ied tadi pagi meja makan masih kosong, maafkan Ibun ya Mayuta-Adek Uti yang suka ngomel-ngomel dan kurang sabar sama kalian. I love you.

4. Irish Bella

4. Irish Bella
Youtube.com/Aish TV

Momen Lebaran Irish Bella beserta keluarga tahun ini ia abadikan dalam bentuk video. Momen tersebut dibagikan di Instagram pribadinya dan kanal YouTube Aish TV.

Dalam video tersebut, ia dan Ammar Zoni tampak melakukan tradisi sungkem Lebaran juga dengan orangtua mereka.

Air Rumi Akbar, juga ada lho Ma. Ini merupakan Lebaran pertama untuk putranya. 

5. Hengky Kurniawan

5. Hengky Kurniawan
Instagram.com/Hengkykurniawan

Seperti Nycta Gina, Hengky Kurniawan pun tampak melangsungkan tradisi sungkem Lebaran bersama keluarga kecilnya tahun ini. Momen tersebut dibagikan melalui Instagram pribadinya.

Hengky dan istrinya tampak duduk di sofa dan kedua anaknya sungkem pada mereka berdua. Ia mengunggah 3 foto dalam edisi sungkeman. 

6. Meisya Siregar

6. Meisya Siregar
Instagram.com/Meisya_siregar

Masih menggunakan mukena, Meisya Siregar melangsungkan tradisi sungkem Lebaran bersama keluarga kecilnya setelah salat bersama di rumah.

Dalam ceritanya di Instagram, ia bercerita bahwa tradisi ini diteruskan dari orangtuanya dan merupakan momen paling bermakna ketika merayakan Lebaran.

Momen yang paling di deep setiap Idul Fitri, sungkeman.
Tradisi Alm kedua orangtuaku. 
Yang aku teruskan ke anak-anak setiap Lebaran.
Lega ngelepasin semua sesak di dada, saling berjiwa besar mengakui kesalahan dan kekurangan kita.
Saling memaafkan dari lubuk hati.
Maafkan kita ya gaes.

7. Tya Ariestya

7. Tya Ariestya
Instagram.com/Tya_ariestya

Perayaan Idulfitri keluarga Tya Ariestya tahun ini juga dilengkapi dengan tradisi sungkeman. Ia mengunggah momen kehangatan tradisi ini di InstaStory pribadinya berupa video.

Foto di atas merupakan hasil tangkapan layar momen sungkeman yang dilakukan oleh putra bungsunya kepada sang Nenek. Sementara itu, Tya duduk di samping sang Mama sambil mengajarkan putranya tentang apa yang harus diucapkan ketika sungkeman.

Setelah sungkeman, mereka terlihat bersama-sama pergi nyekar sebagai salah satu tradisi khas Lebaran juga.

Itulah 7 artis yang melakukan tradisi sungkeman Lebaran tahun ini. Bagaimana perayaan Idulfitri Mama tahun ini?

Semoga kehangatan dan keindahan Idulfitri yang Mama sekeluarga rasakan tidak berkurang, walaupun dalam situasi pandemi seperti ini.

Selamat Idulfitri, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.