20 Ucapan Maaf saat Idulfitri untuk Orangtua yang Penuh Makna

Meski berjauhan saat Lebaran, tak ada salahnya memberikan ucapan maaf untuk orangtua

11 Mei 2021

20 Ucapan Maaf saat Idulfitri Orangtua Penuh Makna
Unsplash/saintjaddy

Idulfitri tahun ini masih berbeda seperti tahun sebelumnya, apalagi pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia. Tak jarang masih banyak dari umat Islam merayakan hari yang suci ini jauh dari keluarga. 

Akan tetapi, Mama masih bisa memberikan ucapan Lebaran dan ucapan minta maaf kepada keluarga, terutama orangtua.

Bagi Mama yang tahun ini tidak bisa bertemu dengan orangtua saat Lebaran, tidak perlu sedih lagi karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa mengucapkan permintaan maaf pada orangtua. Dengan teknologi yang sudah semakin canggih, Mama dapat bertukar pesan satu sama lain sambil meminta maaf. 

Nah, guna memberikan inspirasi bagi Mama yang ingin memberikan ucapan maaf untuk orangtua, kali ini Popmama.com telah merangkum kata-kata minta maaf kepada orangtua saat Lebaran.

Yuk Ma, disimak!

1. Keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertemu

1. Keadaan tidak memungkinkan bertemu
Unsplash/heftiba

"Lama tak jumpa, aku rindu bertemu kalian. Lebaran tahun ini terasa begitu berbeda tapi tak menghilangkan keriduanku pada kalian. Mohon maaf bila aku banyak melakukan salah dan dosa. Selamat Hari Raya Idulfitri Papa dan Mama."

"Berharap pada lesung, yang ada hanya rumpun jerami. Ingin hati bertemu langsung, namun yang sampai hanya pesan ini. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya Pa, Ma. Ananda rindu."

“Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin, Papa dan Mama di sana. Ampuni segala dosa yang sudah anakmu perbuat.”

“Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin saya haturkan pada Papa dan Mama di rumah.”

"Jarak dapat memisahkan fisik. Namun, jarak tidak bisa memisahkan hati dan kasih sayang. Selamat Idulfitri untuk Papa dan Mama tersayang. Mohon maaf lahir dan batin. Maafkan anakmu ini belum bisa pulang." 

Editors' Picks

2. Meminta maaf karena sering sekali khilaf

2. Meminta maaf karena sering sekali khilaf
Unsplash/mtimber71

"Dengan ketulusan hati, diri yang dipenuhi salah dan dosa ini meminta maaf kepada Papa dan Mama. Tiada bisa aku hidup bahagia bila masih berdosa kepada orangtua. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin."

"Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan membukakan pintu maaf bagi setiap orang, tak terkecuali diriku. Maaf bila selama ini aku berbuat dosa dan kesalahan, baik yang disengaja atau tidak. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Idulfitri ya, Papa dan Mama."

"Laku yang tidak sesuai dengan apa yang telah kalian ajarkan dan harapkan. Kekecewaan demi kekecewaan yang telah saya berikan. Namun, tidak sedikit pun amarah menjadi balasan kepada semua noda yang saya corengkan." 

"Tidak ada yang sempurna di dunia ini, namun terkadang ego hati menguasai diri sehingga dapat melukai perasaan orang lain. Di momen yang fitri ini, izinkan anakmu memohon maaf setulus hati agar damai selalu menyelimuti kehidupan ini. Mohon maaf lahir dan batin ya, Papa dan Mama."

"Hari kemenangan telah ada di pelupuk mata. Izinkan anakmu memohon maaf dengan tulus dari hati yang paling dalam atas segala salah dan khilaf. Taqabbalallahu minna wa minkum, Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin." 

3. Sucikan hati di momen yang fitri

3. Sucikan hati momen fitri
Unsplash/estherann

"Pa, Ma, mari beningkan hati dengan dzikir, cerahkan jiwa dengan cinta. Lalui hari dengan senyum terbaik. Tetapkan langkah dengan kesyukuran, sucikan hati dengan permohonan maaf. Taqabbalallahu minna wa mingkum. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idulfitri."

"Tak terasa sebulan telah berlalu kita menjalankan ibadah puasa. Di hari kemenangan ini, izinkan anakmu meminta maaf dari semua kesalahan dan dosanya. Di hari suci ini, izinkan aku untuk mengucapkan selamat Idulfitri. Semoga Papa dan Mama selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan."

"Kita yang tidak luput dari segala dosa-dosa kepada tuhan dan dosa kepada sesama mohon ampun kepada tuhan dan minta maaf kepada manusia dan di hari yang suci ini. Mudah-mudahan hilang semua dosa dengan mohon ampun dan keikhlasan meminta maaf. Selamat Idulfitri, Mama dan Papa."

"Jika jiwa sebening air, jangan sampai keruh. Jika hati seputih awan, jangan sampai menjadi mendung. Raih kemenangan bersama dengan saling memaafkan. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin pada Papa dan Mama tersayang."

“Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri.”

4. Tak ada kata seindah sebuah permintaan maaf

4. Tak ada kata seindah sebuah permintaan maaf
Unsplash/darvalife

“Bila Idulfitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat Idulfitri untuk kedua orangtuaku yang ada nan jauh di sana. Sehat selalu. Maafkan aku belum bisa mudik.”

 “Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin pada Papa dan Mama di rumah.”

"Ada banyak khilaf dan salah yang tak sesuai dengan keinginanmu, dan engkau selalu sering marah sehingga menimbulkan percikan di antara kita. Aku sadar dan sabar karena seperti itulah manis dan pahitnya memiliki keluarga. Di hari Idulfitri ini, mari sama-sama kita saling memaafkan, orangtuaku tercinta. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.”

 “Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri.”

“Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Idulfitri, Papa dan Mama di rumah.”

Nah, itulah 20 kata-kata minta maaf kepada orangtua saat lebaran yang bisa jadi inspirasi Mama. Semoga Lebaran tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua ya, Ma. Amin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.