5 Alasan Pentingnya Mengatakan Terima Kasih pada Pasangan

Ucapkan dengan sungguh-sungguh dan lihat efeknya

18 Juli 2019

5 Alasan Penting Mengatakan Terima Kasih Pasangan
Freepik/prostooleh

Ucapan "tolong", "maaf", dan "terima kasih" sering sekali diajarkan untuk bekal anak. Namun apakah kamu rutin mengucapkannya pada pasangan?

Ada beberapa hal yang tak perlu diungkapkan dengan kata-kata. Sementara beberapa hal lainnya masih perlu diucapkan dengan rutin dan jelas. 

Salah satunya adalah rutin mengucapkan "terima kasih" pada pasangan. Karena banyak masalah bisa teratasi dengan mengucapkan kalimat ajaib yang satu ini. 

Ditengok dari laman Marriage.com, berikut 5 efek positif mengatakan terima kasih pada pasangan.

1. Mengubah perspektif 

1. Mengubah perspektif 
eharmony.co.uk

Ucapkanlah terima kasih atas segala hal yang telah dilakukan pasangan. Mulai dari yang penting, sampai hal yang sederhana. 

Siapa bilang mengucapkan terima kasih atas makanan yang telah disajikan setiap hari tidak penting? Nyatanya, hal ini sangat penting. 

Meski mungkin masakan yang dibuat tidak selamanya enak. Atau, pesanan yang dibelikan tidak selamanya sesuai dengan keinginan. Namun mengucapkan terima kasih pada mereka yang telah melakukan hal-hal sederhana itu akan mengubah cara pandang. 

Daripada fokus pada kekurangan yang dilakukan pasangan, lebih baik kamu melihat lebih dalam bagaimana usaha si Papa dalam menyelesaikan tugasnya.

Dengan begitu empati akan timbul, dan perasaan bersyukur atas kemauan mereka melakukan tugasnya juga akan hadir dengan otomatis. 

Ucapan sederhana seperti, "Terima kasih telah membuat rumah terasa nyaman" atau "terima kasih telah bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga" akan membuat pasangan tersentuh. Bonus tambahannya, mereka jadi semakin semangat untuk melakukan yang terbaik untuk keluarga.

2. Membantu menyembuhkan luka hati pasangan

2. Membantu menyembuhkan luka hati pasangan
loveposting.com

Saat segala sesuatu yang dilakukan pasangan selalu dikritik, tak heran jika mereka akan menyimpan luka hati. Mungkin mereka akan diam, namun hatinya tetap perih mendengar aneka komentar negatif yang mungkin tak kamu sadari telah mengucapkannya. 

Dengan memulai untuk mengatakan terima kasih, luka hati mereka bisa perlahan sembuh. Tak ada yang terlambat. Kesampingkan ego dan mulailah membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih. 

Mulai dari terima kasih atas segala yang ia lakukan, sampai terima kasih telah memilih melewati hidup bersama berdua selamanya. Sebuah kalimat sederhana ini mampu menyembuhkan perasaan sedih dan negatif yang mungkin dipikulnya selama ini.

Editors' Picks

3. Mampu memperbaiki cara berkomunikasi

3. Mampu memperbaiki cara berkomunikasi
Freepik

Pada awalnya, mungkin mengucapkan terima kasih hanya lip service saja. Namun sebenarnya tidak. Karena saat mengucapkan terima kasih, kamu akan menyadari apa yang mereka lakukan. 

Segala kegiatan itu membuat kamu dan pasangan saling mengetahui apa kegiatan masing-masing. Dari awalnya hanya ucapan terima kasih, bisa berlanjut jadi perbincangan ringan. 

Semakin sering berbincang, semakin baik komunikasi yang terjalin. Hubungan dengan pasangan jadi lebih lancar dan kuat. 

4. Membuat lebih menghargai pasangan

4. Membuat lebih menghargai pasangan
Freepik

Ungkapan terima kasih berarti telah menghargai pasangan atas usaha yang telah dilakukannya. Rutin mengucapkan terima kasih meningkatkan rasa bersyukur baik pada diri kamu maupun pada pasangan. 

Dengan kata lain, kalimat terima kasih membantu kamu dan pasangan untuk menghargai proses perjalanan pernikahan. Perasaan yang positif seperti ini bisa mengusir rasa terpojok dan tak berdaya saat masalah rumah tangga berdatangan. 

Kamu takkan menyadari begitu banyak yang pasanganmu lakukan jika hanya diam saja. Malah seringnya merasa perlakuan dan kegiatan tersebut sudah jadi kewajibannya.

Saat mulai rutin mengucapkan terima kasih, semua itu akan berubah drastis. Percayalah, Ma.

5. Jadi contoh kongkret ke anak

5. Jadi contoh kongkret ke anak
Freepik

Anak adalah peniru ulung. Saat ia melihat orangtuanya suka mengucapkan terima kasih, dengan cepat mereka akan menangkap hal itu. 

Mereka akan mulai mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukan orangtuanya padanya. Dengan begitu, tumbuhlah seorang anak yang peduli dan berhati lembut. Sekali mengayuh, dua tiga pulau terlampaui!

Dengan dua kata sederhana ini, kamu bisa mengubah dunia. Jadi, mulailah rutin berkata "terima kasih" sekarang.

Itulah alasan pentingnya mengucapkan terima kasih pada pasangan kamu demi membuat hubungan suami istri menjadi semakin hangat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;