5 Cara Mengungkapkan Rasa Terima Kasih pada Orang Tersayang

Terima kasih mungkin hanya dua kata, namun memiliki arti mendalam

15 November 2018

5 Cara Mengungkapkan Rasa Terima Kasih Orang Tersayang
Unsplash/Baylee Gramling

Sudah ada niatan mengucapkan terima kasih untuk orang yang sudah menolong atau menginspirasi Mama belum nih? 

Walau hanya dua kata, kekuatan dari ucapan terima kasih itu begitu besar artinya. Seseorang yang sudah memberikan bantuan akan bahagia karena pertolongannya merasa dihargai. 

Bahkan untuk beberapa orang merasa tidak cukup mengucapkan terima kasih hanya dengan kata-kata. Dirinya seolah ingin memberikan ucapan dalam bentuk lain yang lebih terkesan spesial dan berarti. 

Untuk membuktikan ketulusan rasa terima kasih dari Mama untuk orang terkasih, berikut beberapa cara dari Popmama.com yang bisa Mama lakukan untuk mengungkapkan perasaan ini.  

1. Memberikan sebuah pelukan

1. Memberikan sebuah pelukan
Unsplash/Abo Ngalonkulu

Pelukan bisa menjadi salah satu bentuk dari sebuah ucapan rasa terima kasih. 

Saat orang terkasih sedang memiliki masalah, sebuah pelukan yang Mama berikan tentu berdampak positif untuk dirinya. Stres, cemas dan rasa takut yang berasal dari pikiran negatifnya akan berkurang setelah mendapatkan pelukan. 

Sebuah pelukan dapat membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, hormon ini berfungsi membawa pesan positif ke bagian pusat emosional otak. Hal inilah yang akan mengurangi rasa cemas hingga stres. 

Selain itu, saat berpelukan dapat menghilangkan perasaan kesepian. Tubuh juga akan memproduksi hormon serotonin yang dapat menjaga keseimbangan suasana hati menjadi lebih bahagia. 

2. Meluangkan waktu luang

2. Meluangkan waktu luang
Unsplash/David Calderón

Sebagai ucapan terima kasih dari Mama kepada seseorang yang pernah memberikan bantuan yaitu bisa dengan meluangkan waktu luang. 

Bila dirinya sedang tertimpa masalah atau membutuhkan bantuan, ada baiknya berikan sedikit waktu luang untuk menemuinya. Biarkan dirinya bercerita mengenai setiap masalah yang sedang dihadapi. 

Usahakan untuk mendengarkan terlebih dahulu tanpa berkomentar, cara ini perlu diterapkan agar dirinya benar-benar bisa mencurahkan setiap masalah yang sedang terjadi. Berikan ruang dan kenyamanan untuk menuntaskan seluruh ceritanya. 

Setelah semua selesai, Mama bisa memberikan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan dirinya. Kritik dan solusi yang membangun tentu akan membuatnya lebih tenang dan merasa kalau Mama tempat terbaik untuk diajak bercerita. 

Meluangkan waktu untuk teman yang sudah membantu Mama, bisa menjadi cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih. 

Editors' Picks

3. Membuat makanan sendiri

3. Membuat makanan sendiri
Unsplash/Alyson McPhee

Untuk Mama yang hobi masak, mungkin keahlian ini bisa dimanfaatkan. Buatlah sebuah makanan spesial untuk teman yang sudah banyak menolong selama ini. 

Cari tahu makanan kesukaannya, lalu Mama bisa eksplor sendiri bila memang belum pernah memasak menu tersebut. Hitung-hitung ini juga dapat menambah kemampuan memasak Mama terhadap varian menu baru.  

Anggap saja makanan kesukaannya yang dibuat oleh Mama ini menjadi ungkapan rasa terima kasih. Mama bisa memberikan langsung ke rumah atau kantor sebagai bekal makan siangnya. 

Baca juga: 10 Quotes Persahabatan Dalam Bahasa Inggris untuk Teman Baik Kamu

Baca juga: Meisya Siregar Beberkan 3 Rahasia Persahabatan dalam Mom Sweet Mom

4. Membeli barang favoritnya

4. Membeli barang favoritnya
Unsplash/Jacek Dylag

Jika sebelumnya ucapan terima kasih bisa dilakukan Mama melalui cara-cara sederhana, mungkin yang ini perlu mengeluarkan sedikit uang.

Sebelum membelikan sesuatu barang, perlu sekali mencari tahu apa barang kesukaannya atau barang yang sedang dibutuhkan dirinya saat ini. Sebuah barang yang diberikan sebagai ucapan terima kasih pasti akan membuat dirinya senang dan merasa diperhatikan. 

Tetap harus diingat untuk mencari tahu terlebih dahulu barang yang diperlukan atau menjadi favoritnya sebelum membeli ya, Ma. 

5. Mengirim kartu ucapan

5. Mengirim kartu ucapan
Unsplash/Giulia Bertelli

Untuk yang masih bingung atau malu berbicara langsung saat ingin mengucapkan rasa terima kasih, kali akan terbantu dengan membuat sebuah kartu ucapan sendiri. Mama bisa mengikuti kampanye dari Womantalk.com bernama I Thank You. 

Bisa dibilang kartu ucapan bisa menjadi salah satu cara termudah dalam mengucapkan rasa terima kasih. 

Melalui I Thank You, Mama akan dibantu dalam menyampaikan ucapan rasa terima kasih ke orang terkasih melalui gambar-gambar menarik. Tiga ilustrator perempuan ternama, yaitu Diela Maharanie, Martcellia Liunic dan Yoelanda Sari telah menyediakan 15 desain gambar dengan berbagai tema, yaitu friendship, love, assistance, inspiring, dan encouragement.

Mama hanya cukup memilih salah satu desain kartu sesuai keinginan, lalu tuliskan nama orang terkasih dan pesan yang ingin disampaikan. Setelah itu, kirimkan e card I Thank You lewat e-mail, media sosial atau aplikasi pesan lainnya. 

Walau sederhana, ungkapan kecil melalui sebuah kartu ucapan ini bisa memberikan kesan tersendiri untuk orang yang dituju. Orang lain yang menerimanya pun akan tersenyum bahagia diberikan ucapan terima kasih karena sudah menolong atau menginspirasi Mama. 

Yuk Ma, desain kartu ucapan sendiri di sini womantalk.com/ithankyou dan kirimkan I Thank You Card ini ke orang-orang tersayang!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!