5 Alasan Pentingnya Mengucapkan Terima Kasih dan Apresiatif

Membangun keharmonisan yang lebih baik dengan orang yang membantumu

12 Maret 2020

5 Alasan Penting Mengucapkan Terima Kasih Apresiatif
Freepik

Setelah menikah, seringkali banyak pasangan yang mengurangi kehidupan sosialnya dengan maksud untuk lebih bertanggung jawab pada rumah tangganya. Walaupun begitu, bukan berarti mengurangi rasa tolong menolong lingkungan sekitar seperti keluarga, sahabat, dan lainnya.

Rasa tolong menolong ini juga perlu dikaitkan dengan bagaimana mengapresiasi orang yang menolong kita. Walaupun terbilang hal sepele, memberikan apresiasi berdampak penting bagi hubungan sosial kita. Membiasakan diri untuk mengapresiasi juga bertujuab untuk membangun keharmonisan yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk memahami pentingnya apresiasi lebih dalam, kali ini Popmama.com akan memberikan informasinya dibawah ini:

1. Pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran menjadi lebih bermakna jika diapresiasi dengan positif

1. Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran menjadi lebih bermakna jika diapresiasi positif
Freepik/katemangostar

Memasuki kehidupan pernikahan, akan ada banyak perubahan yang tidak bisa kamu lakukan sendiri, dari pindah rumah, mengatur dekorasi, hingga mengurus hal-hal penting seperti finansial, dan sebagainya. Sehingga membuat kamu untuk meminta pertolongan orang lain. 

Saat membantumu, mungkin ada beberapa pengorbanan yang mereka lakukan untukmu, seperti waktu, tenaga, ataupun pikiran. Salah satu cara termudah adalah memberikan apresiasi dari apa yang mereka lakukan. Meskipun mereka tidak meminta, dengan mengucapkan terimakasih dan memberikan pujian akan membuat apa yang mereka lakukan menjadi terbayarkan. 

Kamu juga dapat memberikan hadiah-hadiah kecil untuk orang-orang yang membantumu agar mereka merasa bahwa pengobanannya menjadi tidak sia-sia.

2. Dengan diberikan apresiasi, mereka akan lebih merasa dihargai

2. diberikan apresiasi, mereka akan lebih merasa dihargai
Freepik

Pernahkah kamu dibuatkan makanan kesukaan oleh pasanganmu? Walaupun seringkali dilakukan, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih serta apresiasi lainnya, karena menghargai jerih payah seseorang itu adalah suatu keharusan. 

Tidak hanya dengan pasangan saja, menghargai siapapun perlu dilakukan agar hubungan yang baik menjadi tetap terjalin. Karena jika kamu ingin merasa dihargai oleh sekitarmu, maka kamu perlu menghargai mereka terlebih dahulu.

Karena semua hal yang ada di dunia ini pasti ada timbal baliknya. Jadi jangan pernah lupa untuk membalas kebaikan orang lain terhadapmu.

Editors' Picks

3. Membangun relasi lebih baik dengan mengatur kebijaksanaan untuk lebih apresiatif

3. Membangun relasi lebih baik mengatur kebijaksanaan lebih apresiatif
Freepik/Pressfoto

Semakin dewasa seseorang, akan semakin banyak relasi dengan orang lain. Sehingga, seharusnya semakin bisa untuk beradaptasi dan melatih diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, agar tidak terjadi kesalahpahaman saat bersosialisasi dengan orang lain.

Kebijaksanaan menjadi suatu hal yang diperlukan untuk menjauhi sifat kekanak-kanakan yang sudah harus dibuang. Salah satu cara yang efektif untuk membangun relasi dengan orang lain adalah menggunakan kebijaksanaan dari dalam diri untuk selalu bersikap apresiatif terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain untukmu.

4. Membuat orang lain menjadi tidak segan untuk menolong lagi di kemudian hari

4. Membuat orang lain menjadi tidak segan menolong lagi kemudian hari
Freepik

Hidup bagaikan roda yang berputar, tidak bisa selamanya kamu berada diatas, sehingga pasti pernah merasakan masa terburuk dalam hidupnya. Dalam hal ini, pasti bantuan dari orang lain seperti pasangan, keluarga, dan sahabat akan membantumu melewati masa-masa itu. 

Oleh karena itu, buatlah kesan yang menarik untuk orang lain yang pernah membantumu. Selain membuat keharmonisan terjaga, hal ini juga membuat orang lain tidak akan segan membantumu di lain waktu. Selalu mengucapkan terimakasih untuk membalas budi orang yang membantumu. 

Percayalah jika kamu membiasakan hal baik seperti itu, permasalahan hidup suatu saat nanti akan terlewati dengan mudah.

5. Sikap apresiatif membuat orang lain memiliki kesan yang baik terhadapmu

5. Sikap apresiatif membuat orang lain memiliki kesan baik terhadapmu
Freepik/tirachardz

Menjaga image dengan baik di depan orang lain sangat dibutuhkan dalam lingkungan sosial agar kamu lebih mudah beradaptasi dengan sekirar. Salah satunya asalab dengan selalh bersikap rendah hati dan apresiatif terhadap orang lain.

Mereka yang membantumu pasti memiliki kesan yang baik, dan mungkin akan menceritakannya kepada orang lain. Memiliki impresi yang baik harus dijaga agar tidak terjadi omongan-omongan negatif diluar sana.

Nah tadi merupakan lima alasan mengapa kamu harus bersikap apresiatif pada orang-orang sekelilingmu yang telah membantu. Walaupun sepele, dengan berterimakasih memiliki dampak yang penting bagi kehidupanmu.

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.