Doa Meluluhkan Hati Orangtua untuk Mendapatkan Restu dan Rahmat

Ingat, rida dari Allah tergantung pada restu orangtua juga!

5 Agustus 2022

Doa Meluluhkan Hati Orangtua Mendapatkan Restu Rahmat
Unsplash/the dancing rain

Sejak dilahirkan hingga dewasa, setiap orang tentu memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitu juga dengan karakter yang dimiliki oleh orangtua dan anak, terkadang tidak selamanya bisa sejalan. 

Ada kalanya masing-masing, antara orangtua dan anak memiliki sikap berbeda dalam menyikapi sebuah permasalahan. Tak jarang, ada anak yang berusaha ingin meluluhkan hati kedua orangtuanya untuk mendapatkan sebuah izin. 

Jika kedua orangtuamu termasuk pribadi yang cukup keras, mudah tersulut emosi atau tersinggung, tentunya tidak mudah ketika ingin mendapatkan restu dari mereka. Namun, pastikan untuk tidak mudah menyerah dan tetaplah berusaha. 

Tak hanya perlu usaha pelan-pelan, namun harus diiringi dengan doa. Mintalah pertolongan dari Allah SWT, sekaligus membacakan doa untuk meluluhkan hati orangtua. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rangkuman terkait doa meluluhkan hati orangtua untuk mendapatkan izin dan rida, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak dengan baik yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Doa agar mendapatkan restu dari kedua orangtua

1. Doa agar mendapatkan restu dari kedua orangtua
Freepik/wayhomestudio

Robbi zidnii ilmma, wawassih liifii rizqii, wabariklii fiimaa rozaqtanii, waj'al ni mahbuunnaa fii qulubi ibaadika, wa'azizzaa fii uyuu nihim, waj'alnii wajihhaa fiddunyaa wallaa hiroti minal muqorrobiin, yaakasiironnawal, yaa hasanal fi'aal, yaa qoo immaa bilaa zawaal, yaa mubdian bila misaal, falakal hamdu, walminnat, wassarofu alakulli haal.

Artinya:

"Ya Allah berilah aku tambahan ilmu. Luaskanlah rezekiku. Dan berkahilah harta yang Engkau berikukan padaku. Jadikan aku disenangi di hati hamba-hambu-Mu. Dan mulia di mata mereka. Jadikan aku di dunia dan akhirat termasuk orang-orang yang dekat (kepada Allah)"

Pada kalimat "waj'al ni mahbuunnaa fii qulubi ibaadika" tambahkan setelah kata "ibaadika" dengan "wa qalbi ummi", sehingga menjadi "fi qulubi ibadika wa qalbi ummi". 

Ini artinya agar disenangi di hati hamba-hambamu dan di hati ibuku.

2. Doa agar bisa meluluhkan hati orangtua 

2. Doa agar bisa meluluhkan hati orangtua 
Pixabay/8499117

Ketika sedang meminta izin ke orangtua, anak sering sekali merasa sulit berkata-kata dengan lancar. Perasaan takut membuat mereka tidak bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga kurang mampu meluluhkan hati orangtuanya. 

Saat ingin meluluhkan hati orangtua, alangkah baiknya untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT dengan membacakan doa ini.  

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya:

"Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Percayalah bahwa doa dan segala usaha akan selalu dilancarkan, apalagi saat sudah meminta pertolongan kepada Allah. 

3. Ingat kalau rida Allah tergantung pada rida orangtua 

3. Ingat kalau rida Allah tergantung rida orangtua 
Freepik

Ketika kita sebagai anak mendapatkan rida dari orangtua, maka rida Allah pun akan didapatkan. 

Abdullah bin 'Amru radhiallahu 'anhuma ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Ridho robbi fii ridhoo walidi, wasihaturrobbi fii sahotil walidi

Artinya: 

"Rida Allah tergantung pada rida orangtua dan murka Allah tergantung pada murka orangtua." - (HR. Thabrani)

Usahakan tetap meminta restu kepada kedua orangtua agar setiap langkah kita pada akhirnya bisa mendapatkan rida Allah.

Nah, itulah beberapa kumpulan doa yang bisa dipanjatkan untuk meluluhkan hati orangtua agar lebih lembut dan memiliki karakter lebih baik lagi. 

Semoga informasi serta kumpulan doa meluluhkan hati orangtua ini bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk